Friday, August 19, 2016

Being consistent on: no gadget for kids

zumba lagiiihhh!!! maksudnya jumpa lagi ya hahaha, sibuk akik neik! maaf ya gak posting posting,
udah gitu pas ngumpul niat, eh laptop ketetesan air, rusak doi. hih!!!

postingan ini ter istimevvvaaa untuk sohibku yang lucukkk, gemettt, si memtyk hihihi,
idung kembang kempisss deh pas memtyk minta dipostingin soal gadget-gadget an ini,
dan karna bingung dimasukin di seri apa, karna this is not an introductory level for us,
biasanya kan ada postingan berjudul: introducing blablabla...
jadi yaudah, kita bikin chapter baru: being consistent on blablabla... gituyah,
and hopefully, ada beberapa "introductory" posts juga yang bisa gue lanjutin ceritanya!
skarang tentang ini dulu ya...
lucunya, beberapa minggu lalu, sempet sih, ngobrol sama beberapa orang,
terus ada yang ngga percaya, we have really less virtual life, dan anak gue gak maenan gadget.

"ah masa? tab pun ngga?"
"nggak punya tab kak..."
"henfon lo?"
"dulu sempet sih, install in games games gitu, terus memori henfon penuh, gue hapus."
"terus mereka gimana?"
"ya gapapa, gue bilang aja, udah mama hapus, nak. karna hp itu untuk kerja bukan untuk main."

padahal mami chatting muluk bagosip sama temen temennya hahaha.

tapi ya gitu, gue juga agak heran awalnya, kok orangorang pada heran sih sama gue?
wait, what??? eh, bingung gak? errr... mmmh...
intinya kedua pihak sama sama herman tanpa ngantuk... di 2016 ini ada anak kecil gak main gadget.
ada... keluarga akuk *ngacung*
so what i'm about to share is actually our past days sih, how we managed to have non gadged days.

awalnya...
ya karna ngga punya gadget untuk leisure sih hahaha... gitu aja, simpel.
sempet kepikiran banget beberapa kali, beli ipad, ipad mini, galaxy tab 1-2-3-4-5-dst,
but no. pada akhirnya decision selalu jatuh pada ndak jadi beli hahaha.
terakhir tergoda, kita ahirnya beli laptop buat gue kerja. so yeah... we dont have those things.

so much easier sih memang, kalo di sekitar anak ngga ada yang excessively using gadget. 
there, digaris bawahi.
the best way to taught our kids is by giving them example kok, it never goes wrong,
even sampe gue segede setua ini... masih liat contoh contoh yang dilakuin nyokap gue,
in so many ways... misalnya dalam merawat orangtua deh, paling gampang.
i took it from everything she does to her parents. nyontek aja...
the same pattern goes with me and the kids dong pasti...

dan karena dari dulu gue gak pengen anak-anak terlalu lekat sama gadget,
makanya gue pun main hp nya jarang di depan mereka... erw apalagi, sampe rumah hp ditaro,
kalo gue masih di tangan kadang kadang kan catch up grup wa gegosipan kannn hahaha,
but still, kalo mereka ngomong atau nanya, i put it down without hesitation.
jadi kalo udah mulai "mama mama" dia mau ngomong atau mau nanya,
i only ask them to wait kalo gue lagi ngomong sama orang lain, erw atau si mamah gitu,

circa 2012-2013 sempet juga kok, install-install mainan anak, yang coloring, tracing, dll.
kepingin nya sih supaya anak anak denger dikit dikit basa inggris hehehe, dan melatih motorik halus,
mengenal kosakata inggris, mengenal warna, etc etc so they say...
TAPI pada kenyataan nya, gue yang ngerasa ngga nyaman duluan, karna anak anak duduk diem,
pegang hp, mata melotot. i really don't like it, so robotic gitu kayanya ya.
pun mereka gak berebut sih, main nya pasti gantian, 2 minutes each, atau ngga ada yang main samasekali,
but still... hati gue rada gimanaaa gitu...
to be honest saat itu, gue lebih seneng liat mereka main-main biasa aja.
and then memori hp gue lama lama boncos, karna kepenuhan. well, bye games!

ketika anak anak ngga lagi nemuin games nya di hp, mereka nanya: kemana games nya?
aku jawab: aku hapus. karena hp ini untuk aku kerja, bukan untuk mainan anak anak.
anak anak ya mainnya mainan yang memang buat mainan anak...
alhamdulilah mereka nurut aja hahaha.

di satu sisi, pernah juga sih agak khawatir, duh jangan jangan nanti anak gue gaptek,
dan ketinggalan sama temen temennya... terus gak jadi ngerti bahasa inggris deh...
but you know what, kids are brilliant.
si Ar langsung lancar aja tuh pas ada pelajaran komputer di sekolah, langsung fasih.
and then the english? we put them into proper english course ahirnya...
daripada belajar lewat gadget, secara game boy aja cuma bisa bilang: boleh juga lo, beg*k lo...
gitu gitu doang kan kosakata nya? jangan jangan ntar anak gua cuma tau kosakata itu doang hehehe.

i know i know, memang anak cenderung diem & happy ya kalo dikasih gadget, kita jadi gak ribet,
bisa ngapa ngapain dengan tenang.
i might be unfair, karna gue jugak gak berjibaku banget dengan pekerjaan yang begitu menyita waktu,
my office is manage-able, so is my household. i got help... so i can still save some energy,
untuk mikirin: kira kira anak anak disuruh main apa lagi ya?
i believe with so many chores in your hands, boro boro lahhh suru mikirin mainan kreatif,
mandi aja belum iniiihhh sisss hahaha...
but you know what, that's why you're an amazing parent, you squeeze time to get things done,
instead of just giving some flashy tech into your child's hands, letting them staring to the LED screen.

and then when they grow older...
kita tetep tak ber gadget hahaha, hanya dengerin lagu aja paling, sama nonton youtube kalo weekend,
tapi kalopun aku lagi agak ribet dan mereka minta nonton, they took it juga kok.
ngga terus gulang guling ngga karuan ngambeggg.

however ya, namanya juga anak anak, begitu mereka liat anak lain ber gadget, mereka nanya juga,
"ko aku ngga boleh main?"
and the i replied:
"mama mama punya aturan yang berbeda-beda. our house rule happens to be this."
alhamdulilah mereka ngga merasa gimana gimana sih... or not yet ya? mudah mudahan nggak ya

terus pada mainan apaaa?
my kids love to play pretend...
and over the times, i'm feeling so lucky, to be surrounded by ultra creative people,
they help me create stuff for kids' toys...

this one is topi bajak laut. simpel, elementary deh yaaa, dari kertas koran.
years after this, ayah temen nya Ar ada yang bisa bikin senjata senjata-an ninja, dari kertas HVS,
edannn!!! terus dijual jualin sama anaknya, si Ar langganan hahaha...


yang ini topi prajurit, dibikinin sama anak anak kantor, terus pake sarung kaya superman yekannn,
si Kin gak ngerti lagi gaya apa, kok kaya hanoman hahaha!


this one is when they stuffed cushion into the t shirt, and be BAYMAX!
hello, my name is baymax, and then they would do this falala fist bump with us,
over and over and over and over and over again hahaha!


this one is then they are mountain lion... hahaha, akibat kebanyakan nonton NatGeo,
as always, Kin lagi gaya apa aku ngga ngertiii hahaha, cubittt gemessshhh!!!


bicycle and scooter. we love em!
we tend to encourage so much physical activities, let it be lari larian keliling meja makan,
mandi di bath tub, petak umpet, terserah deh... pokoknya lari lari gih, get sweaty and asyem.
abis itu mereka cepet capek, jadi cepet tidur, mami bisa nonton law & order hahaha!


we particularly love rainy days. abaikan penampakan mbak mbak kegirangan kena ujan,
karna di gurun ujan cuma setaun sekali hahaha



on Kin's bday, somebody gave us this pencet pencet thingy for alphabet,
she used it as a laptop and then she would join papa working on stuff.


as they grow even older, we tried to offer them some fun facts on the real life,
try talking to them about the world, how things happen, just to give them a glimpse of sense,
you are living in this whole wide world, and you should go places later on.
we bought a globe, yang tenyata hits bangettt... apalagi sekarang lagi musim olimpiade,
we talk about it on dinner time, terus cari cari an lokasi negara di globe nya.


another of our huge thing selain lego are books. we can't get enough of them,
ya emang gue nya juga obses sih sama buku, glad i pass it on to them.

intinya sih, setelah beliin apapun, mainan, buku, makanan, jajanan...
DO SPEND SOME GOOD TIME TOGETHER. that. penting.
try to embed some very happy memories on their mind,
karna umur umur 4-10 ini menurut gue, pas anak anak udah akan inget selamanya,
dan it is considered as pure childhood, pelajaran belum terlalu susah... pokonya golden times lah!!!

makanya saat saat ini gue suka bela belain banget, between work and stuff,
when i can, i took longer lunch time to pick them up, terus kita makan siang diluar on school days.
karnaaa, dulu gue happyyyy banget kalo pulang sekolah dijemput si mamah, terus diajak ke melawai.
sayang kan kalo memori anak anak kita isi sama screen time dan bukan facetime sama kita...

so go ahead, good luck with the less gadget time, emang ribet, i know... but hang in there...
detoxing from gadget will be painful  so i've heard but hang in there,
mungkin bisa dimulai dari detoxing gadget saat lagi kegiatan makan misalnya,
you know better how to start lah...

lastly, lets embrace less screen time, more facetime. here's more tips i wrote a long time ago,
clik here y'all
mangattt!!! *kepalkan tangan


4 comments:

-n- said...

Saat ini anakku (si bayik ini lho) masih sering Facetime sama bapaknya. Facetime yg di iPhone ituloh, wkwkwkwk.... #maklumLDR Kedepannya jg ga ada plan buat kasih mereka eh (kok MEREKA?) maksudnya Baby B mainan gadget krn aku cedih dong klo ntar dicuekin anak akyu krn doski sibuk henponan. Tp kudu dimulai dr diri sendiri ya? Hmmm brati aku kudu belajar membatasi diri bergadget (at least klo dia lg bangun) krn monkeys see monkeys do....

risti said...

bayikkk!!! gemesshhh. LDR is totally fine lah, yakali... mengko lali rupane bapake ya repot juga hahaha. monkeys see monkeys do bangettt. mangattt!

Dani Rachmat Kurniawan said...

Betapa kangennyaaa lama gak mampir sinih. Masih pe er buat emak bapaknya gak gadgetan selalu sepanjang hari euy. Maturnuwun Mbak Risti... :D

Etty Mulyanti said...

PR gue mah dibagian nagsih contoh nih bumimuut, doaken aku dong plis *yetapi lu usaha juga dong, demikian batin bumimut*