Thursday, April 26, 2012

myself and a thousand battles

konon katanya:
it is better to conquer yourself than to win a thousand battles.

finally i have some time to blab about how i did in the past week.
how i dragged my lazy ass to face the books, how i stayed away from facebook.
and literally dealt with one of my least favorite thing: numbers.

ujiannya ada 3: statistik, ekonomi, akuntansi.
yassalammm... can not escape the numbers yatohhh.
seminggu kemarin gilak lah pokoknya, sutris akyu sampe bawel banget di twitter.
selain ngga ikrib sama angka, kelemahan gue ditambah tambahin sama gugup.
bak ketemu gebetan di pondok indah mall,
kalo liat soal ujian yang ada angka nya, i got major nervous breakdown.
and brain freeze. henky pengky otak gue, harus ctrl+alt+del kalo PC.
abis baca soal, biasanya gue akan lamaaa ngeliatin soal itu, sambil setengah bengong.
sampe ahirnya dapet hidayah, atau bisikan setan, kira kira jawabannya apa. phew...

ujian hari pertama, statistik dong.
iya emang, waktu kuliah dulu udah dapet sih pelajaran ini...
ya harusnya lo bisa dong ti? no problemo.
YA ENGGAKKK JUGAKKK... bahhh.
dulu lulus C juga rasanya udah pingin sujud dua hari dua malem,
gelar tabligh akbar, nutupin jalan buncit. g-aaahhh.

ada ekonomi, yang kuliahnya banyak cerita dan sharing berbobot,
sehingga catetan gue bentuknya kayak anak lagi makan terus bersin.
nah sisa sisa makanan yang ikut keluar sama bersin itu...
begitulah catetan gue. sporadis dan tidak teratur.
grrrk, despise it.

lalu ada akuntansi, THE SCARIEST.
this is coming from a person, yang selalu merasa loser kalo berhadapan sama journal & ledger.
apalagi jaman SMAkalo ujian akun, itu buku folio pasti ada di laci.
buat nyontek. tapi kan malu ya, masa udah setua ini masih main contekan.

on the exams preparation, i chanted a mantra to myself, literally every 2 minutes.
yes i can do this. yes i can do this. numbers are friends, not beasts!
my eyes swallowed 3 books, each with more than 600 pages,
dozens of slide print outs, friend's note, my own note,
i wrote everything down on the paper karena ujiannya semua open note, dan open book.
tapi gue udah mengira, kondisi ujian open book adalah petunjuk untuk soal yang sangat tricky.
and it was right. uhukkk...

dan diiringi sama kejadian arka yang tiba tiba anget kemarin malem,
today, i gladly shout:
UJIYAN MATRIKULASI SUDAH SELESAI!!!
yes, ini bukanya kepencet capslock, tapi sangking gumbiranya aja.
my first ever-ujian akuntansi-tanpa nyontek. so proud!
and last night, it's officially over.

ternyata bisa aja kok ngerti hal hal mustahal yang berkaitan dengan angka.
kalo emang niat, ternyata bisa kok gue ngerti analisa multiple regression sampe itung ROI.
sampe ahirnya ngga sabar untuk aplikasiin itungan itu untuk usaha gue,
can't to see if we can make better decisions on our financial management.

it was a mega great progress for myself,
that i actually have some idea of what i am writing on the exam papers.
tinggal hasil ujiannya aja deh yang masih tak pasti.
tapi nggak apa apa, i won't be worry.
yang penting udah usaha to the max. biar Allah dan faculty member ybs yang menetukan.
yet if i don't pass, GOD forbid ya Allah aminnn.
i'll enroll the re-exam immediately, and it will be totally worth it.
they call it process, series of trial and error.
i have won the thousand battles, though.
i shall win thousands more.

Friday, April 20, 2012

arka: "aka ngga mau syekola"

separation anxiety.
ahirnya dapet giliran jugak ngalamin anak anak gue kena.
pertama pertama sih lucu ya, anak anak pada nempel kaya di aibon,
ngga mau ditemenin siapa siapa kecuali ibunya.
lama lama jadi bingung...
ya masa gue mau kemana mana kakinya digandolin kinan,
gue mau ngapain ngapain ngga boleh sama arka, disuruh bacain buku.

lalu tempo hari, pagi pagi,
agak shock campursari juga gue denger arka bilang dia ngga mau sekolah.
wadawww...
pas gue tanya tanya, kenapa ngga mau sekolah,
dia bilang maunya ke rumah iji (my mom) aja,
main truk, sama baca buku sama mamah.
duwenggg...
sepertinya efek semingguan HMFD, ngga kemana mana,
dia jadi nyaman banget dirumah, ngga pingin sekolah.
plus emang ikut gue mulu pas jam kerja. duet mauttt.

kejadian kaya gini sering gue baca dimana mana.
yang anaknya nangis ngga bolehin ibunya ngantor,
yang anaknya ngga mau pisah sama bapaknya,
yang anaknya ngga mau sekolah, de el el yang gitu gitu lah.

ngadepin arka dengan masalah ini, gue juga sempet ciyuttt...
antara ksian, ngga pingin maksa dia sekolah,
terus worried juga, takutnya dia bosen sekolah.
tapi udah terlanjur komit mau ngajarin arka untuk konsisten,
plus in capitals SAYANG DONG AH BAYARAN SEKOLAHNYA.

karena gue pun adalah anak orang, yaabeeesss...
gue bisa relate dan nebak nebak apa yang kira kira ada di kepalanya.
gue coba ngertiin dia dan keinginannya untuk bolos hari itu.
caritau kalau kalau ada yang menyakiti dia di sekolah,
bagus si bocah ngomongnya udah lancar ke-tua-tua-an,
jadi bisa lugas kasih tau apa yang dia rasa.
dia ngga sakit, ngga yang nakalin di sekolah,
ternyata ngga pingin sekolah karena purely ngga pingin ajah.
hadehhh, ini anak masih PAUD tapi kok niat mbolosnya udah gede...
setelah tau itu, i know exactly what to do.

hari itu ahirnya gue ikut ke dalam kelas,
alhamdulilah guru gurunya ngertiin banget psikologis anak.
ngertiin kondisi arka yang lagi aibon-an sama gue,
dan kasih arka waktu untuk adaptasi,
karena lagi masa peralihan,
dimana kelasnya arka digabung sama kelas lain untuk persiapan kelas baru.

abis sukses ninggalin mas arka di sekolah,
dan ninggalin nanny nya, just in case dia rewel.
gue ke kantor dan termenung menung sambil sarapan.

hati gue kaya kebelah gitu gara gara ngadepin separation anxiety.
padahal dari awal banget gue udah biasain anak anak untuk ngga ketergantungan.
ngga ke gue, ngga ke bapaknya, ngga ke kakek neneknya, atau ke nanny,
tapi tetep aja ya, bukan parenting namanya kalo ngga penuh kejutan.
dan ahirnya ada momen momen kaya gini, yang bikin gue ahirnya rada sendu,
despite of any preparation i had, coping with separation anxiety.
padahal udah sering denger cerita, udah tau teori teori nya...
still, when i happened, it's surprising.

at this moment, with arka, ahirnya gue cuma bisa bismillah.
gue bujukin main di sekolah, dengan tetep jaga moodnya,
dan at then end tetep mengusahakan untuk komit sama rencana yang udah kita bikin.
in this case, sending arka to school.
and even if it might seems hurtful at this moment,
niat gue sih 'nanem' persistency di kepribadiannya si arka.
mudah mudahan, amin ya Allah, 
nantinya bisa 'panen' anak laki laki yang selalu konsisten sama pilihannya.

Monday, April 16, 2012

random happiness #13

felt so good ya kalo anak anak pada nempel :))
wiken kemarin, dua duanya mau tidur bareng gue.
although it was not ideal at all.
karena kakak beradik ini maunya main bareng terusss,
apalagi kalo udah ngumpul di satu kamar,
terusss aja cekikikan, ketuwilan, jawil jawilan,
ngga peduli mata udah pada lemes, atau hari udah malem.
terusss aja... sampe salah satu nyerah karena ngantuk.
baru deh berenti.

jadi kemarin, pas dia pada ketuwilan, gue pura pura tidur aja.
gue telentang, tangan di dada, terus merem kaya aurora.
eh si kinan dong, dudukin perut gue.
*halo c-sect scar... nyuttt nyuttt nyuttt*
terus arka malah ikutan duduk dibelakang adiknya,

"aka naik motor. hahahaha"
"mas, berat dong mas..."

terus arka pindah ke samping badan gue.
kinan sibuk buka buka kaos gue, nepuk nepuk perut.
arka ikutan, sambil ngomong:

"ini peyut mamah"
"nah, aka sama deknan kalo ngga mau tidur mama masukin ke perut lagi deh ya."

dia taro muka nya di perut gue.
terus kepala adiknya dia tarik nempel ke perut juga.

arka bengong bentar, terus nyengir, bilang:

"ngga bisa tuh..."

terus lari lari lagi.
adiknya cekikikan ngikutin.
*uyel uyelll*

Thursday, April 12, 2012

two weeks in a row

kalo gajian two weeks in a row sih enak ye...
iniloh, anggota keluarga ngga lengkapnya gantian,
within 2 weeks in a row.

minggu lalu, si erwin mabur ke yurop.
pas dia dateng, emang suster mar, susternya kinan minta ijin pulkam.
udah baik banget doi nge-iya-in permintaan gue supaya pulkamnya pas bapak udah dateng.
jadi begitu erwin dateng, cabcus lah doi.

gue?
MUMETTT... tenan. aslikkk...
kalo minggu lalu diiringi flu berat & ada mami papi mertoku ijk,
minggu ini flu nya udah mereda, dan ditemani segabrukkk kerjaan.
heeebbbooohhh *dengan suara embek di iklan sepeda*

tapi ya, mau gimana lagi...
mendingan kalo lagi nggak nyaman, dibawa sok asik aja.
nanti juga lewat kok.
alhamdulilah, suster mar udah confirm lagi mau balik.
katanya betah kerja ikut gue *pelukkk*
so by this time next week, mustinya keadaan udah ngga terlalu ribet lagi.
WALOUPUUUNNN... pastinya ada peribetan ujian perdana.
abis itu? jangan sedih cyinnn... masih ada ujian kehidupan.

udah gitu, mister hendradi kantor nya juga lagi padat.
jadi pulang malem terus,
tadi malem agak kasian sih, musti biarin dia tidur di kasur tipis,
sementara gue & anak anak tidur di kasur kita.
maaf yah beb...

udah gitu, arka terlalu semangat ketawa ketiwi pas magrib,
jadi tidurnya ngelindur.
bujubuneeeng... mateeeng deh gueee...
mana pagi pagi erwin telat bangun, pun!
dung dung dung trek trek trek...
sementara today's school day.
gue udah ngga bisa anterin dia sampe pool taksi,
karena kita harus berangkat jam 7 ke sekolah arka.

sebenernya ribetnya minggu ini, ditambah juga karena kerjaan gue yang lagi padat,
jadi ngga banyak waktu untuk nemenin anak anak di working hours.
plus, di rumah nyokap lagi ngga ada asisten.
jadi susternya arka bener bener diberdayakan pegang 2 anak.
nyokap gue udah ngebantu banget dengan ajak arka pergi keluar kota 2 hari kemarin.
sampe orang kantor juga udah ngebantu banget ngajakin anak anak gue main kalo sore.

sisanya, ya begini ini... pontang panting,
antara bikin invoice sama ngeliatin kinan yang wira wiri di ruangan gue,
narik narik kabel, dorong dorong kursi,
sambil bentar bentar narik rok gue, terus ngerangkak ke bawah meja, mainan sendal.
*lap keringettt*

supaya arka ngga jealous dengan fakta dia harus berbagi pengasuh.
beberapa hari ini gue bener bener ngantor sana-sini.
ya emang jaraknya cuma 7 langkah,
dari pintu kantor ke pintu rumah nyokap.
still... gue sebenernya ngga seneng banget kalo kerjaan ngga tuntas.
tapi yasudahhh... toh setelah anak anak tenang & bisa ditinggal,
bisa selesein kerjaan dan posting di blog segala. ehe ehe ehe ehehehe...

well the only silver lining if i must say,
is that i should be thankful.
this madness will end on monday.
ahir kata, yak!!! saya dan sony tulung mengucapkan: tetap semangat!

Thursday, April 5, 2012

while you are away

sejak kawin, bisa dibilang gue jarang ditinggalin erwin.
dan sejak kinan lahir, baru kali ini sih ditinggalin 8 hari full.
tadinya di kepala gue ada macem macem acara,
mulai dari nongkrong bareng sohib, nonton, sampe ke thamrin city.
mumpung nda ada pakbos. hahaha...
eh tapi kenyataan emang tak seindah mimpi.
gue emang ngga boleh durhaka sama suami.
dikasih lah anak gua kena HMFD.
duwa-duwanya.
plus sekolah makin bengisss, karena ahir bulan ini mau ujian.

hari pertama ditinggal, gue masih hepi hepi aja.
bisa begadang baca bacain buku sekolah,
terus ngga harus bangun jam 5 untuk nganterin dia.
pulang malem juga gak ada yang bawel nyuruh nyuruh mandi,
mwahahaha... bahagi-yaaa...

tapi lama lama menurun derajat bahagia nya.
iyeee, cemennn, emanggg...
apalagi terus gue kena flu berattt, badan meriang,
karena ngga ada dia, kalo perlu apa apa sebelum tidur terpaksa kerjain sendiri.
hiks.

lucunya lagi,
ketika ybs pergi, kok banyak kebiasaan kebiasaan jelek dia yang malah gue kangenin.
kebiasaan kebiasaan yang biasa nya gue judesin & berahir dengan tatapan ibu subangun.
seperti misalnya shuffling LMFAO sebelum mandi,
atau gantungin celana tidur yang kotor tanpa sadar itu celana udah 7 minggu ngga dicuci,
atau minta garukin punggung,
atau rebutan remote tv.

and all i want now is for him to hurry home to us.

hhh... emang bener kata miss janet. 
you never know what you got till it's gone

Sunday, April 1, 2012

the siblings

mem-posting sambil nungguin donlotan file bahan kuliah.
ah ngeles aja lo ti, bilang aja pingin blogging dulu. 
ehm...

i was born as the older of the two sisters,
waktu gue masih SD, sih, ngga asik punya adik perempuan.
apalagi bedanya tujuh tahun.
pas temen temen cerita, mereka abis ngapain ngapain ngapain yang seru,
sama kakak kakak mereka.
ih, iriii dengkiii sirikkk akyuuu...
adik gue baru bisa jalan gitulohhh.
yang patut dibanggakan cuma karena dia gemuk dan lucu aja.

growing up under the same roof, yes we fight.
waktu kecil, bisa dibilang jarang berantem lah.
gue udah sibuk sekolah-les-ini itu,
dia baru bisa jalan.
dia sibuk sekolah-les-ini-itu,
gue udah SMA & udah mulai sering main diluar rumah.
berantemnya bisa hanya karena sensi sensi PMS ajasih.
terus nyolot nyolotan, abis itu sekitar 2-3 jam, udah biasa lagi.
alhamdulilah hampir ngga ada lah berantem tutur tinular gitu...
makin gede, berantem paling hot adalah tentang busana,
tanpa pojok.
having the same size of shoes is both a curse and a blessing.
along the way ya udah saling paham aja, banyak barang gue yang dia pake,
and vice versa.

today, having 2 kids of my own, with only 20 months of age difference,
cencu sajahhh... terjadi friksi friksi. alah apaan sih ti...
not necessarily sibling rivalry loh ya...
right now at the moment yang kelihatan jelas adalah ego nya arka,
dibanding ego nya kinan.
jadi bisa dibilang, sekarang gue baru bediri di karpet welcome-nya sibling rivalry.
ehekkk hekhekhekhekhek... *nyengir nyengir stres*

sejak kinan didalem perut,
gue mencoba jelasin ke arka bahwa we're expecting another family member.
waktu itu dia baru 1 tahun lebih ya, jadi gak bisa terlalu banyak kasih informasi juga.
misi gue waktu itu: dia harus ngerti bahwa akan ada mahluk lain yang lebih kecil dari dia.
period.
sekilas sekilas gue sempet bilang bahwa nantinya dia harus berbagi, harus sayang sama adiknya,
harus A, B, C, Dan lain lain.
his ego was not so obvious when she was born.

then, a year later...
diiringi backsound lagu pengantar sadako ngerangkak keluar dari tivi.

today, his ego was thick as a brick.
walapun situasi ini kondisional banget ya...
he was not behaving this way on daily basis.
poin penting yang ada kali ini adalah dia abis demam.
yang ternyata adalah flu singapur, atawa HMFD
dari kemarin, keliatan banget rewel nya.
dan hari ini berlipat lipat bak lapis legit ala wysman.

karena hari ini adiknya ikutan demam juga, ahirnya gue kekepin terus,
and there it was. the ego. sebesar jin tomang.
marah moarahhh mulukkk,
serba salah, kesel terus,
banting-pukul-ngeringik sepanjang hari.
maknya lap keringet.
ternyata selain badannya emang ngga enak, emang dia lagi mencari perhatian.
begitu adiknya udah rada adem, langsung gue pindah pasien.
gue deketin, gue ajak mainan truk, tawarin baca buku,
eh hepi loh dia!!!
sampe ahirnya udah ketawa ketawa banget, minta tidur sama gue,
terus gue diusir, disuruh belajar... dia tidur sama susternya.
ya allah... nak... maaf tangan mama cuma dua ya, kurus kurus pulak lengannya.
*peluk*

dari awal akan beranak dua,
gue dan erwin udah saling komit banget, walopun ngga sampe pake jempol darah.
in every occasion, kita harus pegang masing masing 1 anak.
jadi ngga ada yang being left out.
kalo kinan dapet sesuatu, gue selalu jelasin bahwa ini adalah jatahnya kinan,
arka ngga dapet dulu ya.
pun ketika arka kita beliin sesuatu, gue jelasin juga bahwa ini jatahnya arka,
kinan ngga dapet dulu.

diluar itu, kita pun masih dalam tahap pembiasaan membagi apa apa untuk 2 anak.
like, for instance, se-sepele acara baca buku,
setiap ada waktu, gue & erwin langsung ambil masing masing 1 anak,
kita main berdua so they know they have their both parents exist.
teteuppp musti exis dong ya bokkk...

ada juga kasus se-sepele minta gendong...
lucunya gue agak ngga sadar waktu itu, alhamdulilah bokap notice & langsung advise.
jadi, kalo erwin pulang kantor, kan dia mampir ke kantor gue dulu.
baru kita balik kerumah bareng.
nah, biasanya tu erwin langsung ambil si kinan. digendong, cium cium...
emang daddy's little girl yeee.
nah menurut bokap, arka felt something.
walopun anaknya terlihat cuek cuek aja... but he felt it.

wakkk!!! langsung gue coba analisa di 2 hari berikutnya.
dan bener loh!!! kalo erwin dateng, dia tu serasa ngga excited gitu.
mungkin dalem hatinya mikir: ah gak ada ngaruhnya sama gue.
langsunggg gue ubah SOP nya.
alhamdulilah skarang kalo bapaknya dateng, arka lari lari nyambut ke pintu.
thanks a lot to my dad. mejik ya papiku :))

keadilan kaya gini tuh sepele-tapi ngga sepele sama sekali,
i've heard about different kind of treatment from parents to their kids.
seakan ada anak emas dan dusta diatara kita.
wahhh, output jangka panjangnya lumayan ngeri.
ada yang bisa sebel gilakkk sampe udah ngga peduli lagi pas mereka udah dewasa.
sayang gue ngga bisa merunut cerita cerita itu terlalu panjang,
to know how exactly they were raised.
tapi yang pasti gue dengerin ceritanya aja sampe sedih banget.

dari cerita cerita itu dan kesotoyan, kebanyakan yang jarak umurnya 3-5 tahun.
dibawah itu, mereka akan main bareng,
diatas itu, mereka akan saling cuek, comme moi et ma soeur.
translate: like me and my sister
jenis kelamin yang sama atau beda menurut gue ngga ngaruh.
kalo emang didikannya bener,
the two siblings will know exactly how to treat the ones who share the same blood.

aside from @risfaneno, my precious blood sister.
dimana kata precious diucapkan dengan nada gollum.
i sure got another sister. erwin's.

kalo boleh jujur ya... gue tu selalu "ngeri" sama saudara perempuannya pacar gue.
kengerian pertama sih, karena takut kalah cantik.
ahakkk hak hakkk... logikanya gini,
kalo si pacar tiap hari ngeliat saudarinya yang:
a. rambut panjang
b. putih
c. tinggi semampai
d. rajin lulur
e. muka bersih halus sempurna tanpa jerawat
terus pacaran ama gue... yang f. none of the above.
ya gue rasanya kaya anak itik buruk rupa pungguk merindukan bulan dong ya...
kayanya jomplang amat gitu.
jangan jangan kalo jalan bedua gue disangka asisten... hadehhh.

gue juga ngeri kalo nanti diajak ke salon sama si calon ipar.
ADUH MAKKK... matideh...
gue gak bakattt ke salon.
jenis dan fungsi fungsi krimbat aja ngga pernah afal antara alpokat ama gingseng.
pfttt... yet i don't wanna fake myself,
sok sok an belajarin fungsi krimbat, just to be able to mingle with my bf's sister ye.
i surely wanna be just me. although having the luxury of point a to e above would be nice. 

tapi kengerian gue gak terbukti sih. hehehe.
it's like the best present from the universe,
erwin came with a set of a perfectly nice family *ciyummm*
when we first met, yang jelas adiknya tinggi semampai.
dan sepertinya lebih hobi ke bengkel daripada ke salon.
which mean: yeayyy, ngga usah hafalin fungsi krimbat!
tapi harus ngapain jenis dan fungsi fungsi kunci pas. pfffttt...

yang jauh lebih penting daripada itu,
sebenernya sih how they are connected to each other.
walopun mister hendradi waktu kecil menipu dirinya dengan bilang,
"kuning nya telur asin itu ngga enak, makanya dek ririn yang putihnya aja."
gilakkk, anak kecil culas minta ampun.
udah jelas putihnya cuma rasa asin doang, kuningnya kan yang gurih. 
tsk tsk...

look who called and ready to be here within 10 minutes,
when she read my twitter saying:

2 sick kids, no husband, tasks and quizzes prep for 3 school nights in a row. Kalo boleh aku menyerahkan diri ke kraken aja :(( 

she was so worried that she would have flashed here, if i ever need her.
*pelukkk yang kenceng*
@astaridiar ini pasti temennya paramitha rusady ya,
punya hati seluas samudra.
ngaaaahahahaha, gilak jokes nya 90s amat, mbakkk?!
and i DO, highly treasured this kind of gift.
some gifts that come within the package of the man you are married to.
what more can i ask?