the siblings

mem-posting sambil nungguin donlotan file bahan kuliah.
ah ngeles aja lo ti, bilang aja pingin blogging dulu. 
ehm...

i was born as the older of the two sisters,
waktu gue masih SD, sih, ngga asik punya adik perempuan.
apalagi bedanya tujuh tahun.
pas temen temen cerita, mereka abis ngapain ngapain ngapain yang seru,
sama kakak kakak mereka.
ih, iriii dengkiii sirikkk akyuuu...
adik gue baru bisa jalan gitulohhh.
yang patut dibanggakan cuma karena dia gemuk dan lucu aja.

growing up under the same roof, yes we fight.
waktu kecil, bisa dibilang jarang berantem lah.
gue udah sibuk sekolah-les-ini itu,
dia baru bisa jalan.
dia sibuk sekolah-les-ini-itu,
gue udah SMA & udah mulai sering main diluar rumah.
berantemnya bisa hanya karena sensi sensi PMS ajasih.
terus nyolot nyolotan, abis itu sekitar 2-3 jam, udah biasa lagi.
alhamdulilah hampir ngga ada lah berantem tutur tinular gitu...
makin gede, berantem paling hot adalah tentang busana,
tanpa pojok.
having the same size of shoes is both a curse and a blessing.
along the way ya udah saling paham aja, banyak barang gue yang dia pake,
and vice versa.

today, having 2 kids of my own, with only 20 months of age difference,
cencu sajahhh... terjadi friksi friksi. alah apaan sih ti...
not necessarily sibling rivalry loh ya...
right now at the moment yang kelihatan jelas adalah ego nya arka,
dibanding ego nya kinan.
jadi bisa dibilang, sekarang gue baru bediri di karpet welcome-nya sibling rivalry.
ehekkk hekhekhekhekhek... *nyengir nyengir stres*

sejak kinan didalem perut,
gue mencoba jelasin ke arka bahwa we're expecting another family member.
waktu itu dia baru 1 tahun lebih ya, jadi gak bisa terlalu banyak kasih informasi juga.
misi gue waktu itu: dia harus ngerti bahwa akan ada mahluk lain yang lebih kecil dari dia.
period.
sekilas sekilas gue sempet bilang bahwa nantinya dia harus berbagi, harus sayang sama adiknya,
harus A, B, C, Dan lain lain.
his ego was not so obvious when she was born.

then, a year later...
diiringi backsound lagu pengantar sadako ngerangkak keluar dari tivi.

today, his ego was thick as a brick.
walapun situasi ini kondisional banget ya...
he was not behaving this way on daily basis.
poin penting yang ada kali ini adalah dia abis demam.
yang ternyata adalah flu singapur, atawa HMFD
dari kemarin, keliatan banget rewel nya.
dan hari ini berlipat lipat bak lapis legit ala wysman.

karena hari ini adiknya ikutan demam juga, ahirnya gue kekepin terus,
and there it was. the ego. sebesar jin tomang.
marah moarahhh mulukkk,
serba salah, kesel terus,
banting-pukul-ngeringik sepanjang hari.
maknya lap keringet.
ternyata selain badannya emang ngga enak, emang dia lagi mencari perhatian.
begitu adiknya udah rada adem, langsung gue pindah pasien.
gue deketin, gue ajak mainan truk, tawarin baca buku,
eh hepi loh dia!!!
sampe ahirnya udah ketawa ketawa banget, minta tidur sama gue,
terus gue diusir, disuruh belajar... dia tidur sama susternya.
ya allah... nak... maaf tangan mama cuma dua ya, kurus kurus pulak lengannya.
*peluk*

dari awal akan beranak dua,
gue dan erwin udah saling komit banget, walopun ngga sampe pake jempol darah.
in every occasion, kita harus pegang masing masing 1 anak.
jadi ngga ada yang being left out.
kalo kinan dapet sesuatu, gue selalu jelasin bahwa ini adalah jatahnya kinan,
arka ngga dapet dulu ya.
pun ketika arka kita beliin sesuatu, gue jelasin juga bahwa ini jatahnya arka,
kinan ngga dapet dulu.

diluar itu, kita pun masih dalam tahap pembiasaan membagi apa apa untuk 2 anak.
like, for instance, se-sepele acara baca buku,
setiap ada waktu, gue & erwin langsung ambil masing masing 1 anak,
kita main berdua so they know they have their both parents exist.
teteuppp musti exis dong ya bokkk...

ada juga kasus se-sepele minta gendong...
lucunya gue agak ngga sadar waktu itu, alhamdulilah bokap notice & langsung advise.
jadi, kalo erwin pulang kantor, kan dia mampir ke kantor gue dulu.
baru kita balik kerumah bareng.
nah, biasanya tu erwin langsung ambil si kinan. digendong, cium cium...
emang daddy's little girl yeee.
nah menurut bokap, arka felt something.
walopun anaknya terlihat cuek cuek aja... but he felt it.

wakkk!!! langsung gue coba analisa di 2 hari berikutnya.
dan bener loh!!! kalo erwin dateng, dia tu serasa ngga excited gitu.
mungkin dalem hatinya mikir: ah gak ada ngaruhnya sama gue.
langsunggg gue ubah SOP nya.
alhamdulilah skarang kalo bapaknya dateng, arka lari lari nyambut ke pintu.
thanks a lot to my dad. mejik ya papiku :))

keadilan kaya gini tuh sepele-tapi ngga sepele sama sekali,
i've heard about different kind of treatment from parents to their kids.
seakan ada anak emas dan dusta diatara kita.
wahhh, output jangka panjangnya lumayan ngeri.
ada yang bisa sebel gilakkk sampe udah ngga peduli lagi pas mereka udah dewasa.
sayang gue ngga bisa merunut cerita cerita itu terlalu panjang,
to know how exactly they were raised.
tapi yang pasti gue dengerin ceritanya aja sampe sedih banget.

dari cerita cerita itu dan kesotoyan, kebanyakan yang jarak umurnya 3-5 tahun.
dibawah itu, mereka akan main bareng,
diatas itu, mereka akan saling cuek, comme moi et ma soeur.
translate: like me and my sister
jenis kelamin yang sama atau beda menurut gue ngga ngaruh.
kalo emang didikannya bener,
the two siblings will know exactly how to treat the ones who share the same blood.

aside from @risfaneno, my precious blood sister.
dimana kata precious diucapkan dengan nada gollum.
i sure got another sister. erwin's.

kalo boleh jujur ya... gue tu selalu "ngeri" sama saudara perempuannya pacar gue.
kengerian pertama sih, karena takut kalah cantik.
ahakkk hak hakkk... logikanya gini,
kalo si pacar tiap hari ngeliat saudarinya yang:
a. rambut panjang
b. putih
c. tinggi semampai
d. rajin lulur
e. muka bersih halus sempurna tanpa jerawat
terus pacaran ama gue... yang f. none of the above.
ya gue rasanya kaya anak itik buruk rupa pungguk merindukan bulan dong ya...
kayanya jomplang amat gitu.
jangan jangan kalo jalan bedua gue disangka asisten... hadehhh.

gue juga ngeri kalo nanti diajak ke salon sama si calon ipar.
ADUH MAKKK... matideh...
gue gak bakattt ke salon.
jenis dan fungsi fungsi krimbat aja ngga pernah afal antara alpokat ama gingseng.
pfttt... yet i don't wanna fake myself,
sok sok an belajarin fungsi krimbat, just to be able to mingle with my bf's sister ye.
i surely wanna be just me. although having the luxury of point a to e above would be nice. 

tapi kengerian gue gak terbukti sih. hehehe.
it's like the best present from the universe,
erwin came with a set of a perfectly nice family *ciyummm*
when we first met, yang jelas adiknya tinggi semampai.
dan sepertinya lebih hobi ke bengkel daripada ke salon.
which mean: yeayyy, ngga usah hafalin fungsi krimbat!
tapi harus ngapain jenis dan fungsi fungsi kunci pas. pfffttt...

yang jauh lebih penting daripada itu,
sebenernya sih how they are connected to each other.
walopun mister hendradi waktu kecil menipu dirinya dengan bilang,
"kuning nya telur asin itu ngga enak, makanya dek ririn yang putihnya aja."
gilakkk, anak kecil culas minta ampun.
udah jelas putihnya cuma rasa asin doang, kuningnya kan yang gurih. 
tsk tsk...

look who called and ready to be here within 10 minutes,
when she read my twitter saying:

2 sick kids, no husband, tasks and quizzes prep for 3 school nights in a row. Kalo boleh aku menyerahkan diri ke kraken aja :(( 

she was so worried that she would have flashed here, if i ever need her.
*pelukkk yang kenceng*
@astaridiar ini pasti temennya paramitha rusady ya,
punya hati seluas samudra.
ngaaaahahahaha, gilak jokes nya 90s amat, mbakkk?!
and i DO, highly treasured this kind of gift.
some gifts that come within the package of the man you are married to.
what more can i ask?

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown