From china to france

i'm bringing up my old self, the geeky bookworm!
menjelang bepergian agak jauh dimana ada waktu jeda untuk baca buku,
langsung brosing yes, buku apa dong dong dong yang mau dibawa.
hihiwww!
last one, beli buku judulnya 9 summer 10 autumn.
altho the reviews are pretty good, i don't really like it, huhu. maaf ya.
lalu beli juga marriageable, yaaa... okelah. lumayan menghibur dengan sarkas sarkasnya,
eventho i feel like there's too many female voices yang ngga perlu disitu.
but i enjoyed it to the last page.

today i'm browsing for some more books, oh candu bangettt.
menilik buku buku pengasuhan anak ajadeh yuk!
terpakulah aku kepada miss amy & pamela, si tiger mom & si parisian mom.
terus bca baca review, yaaa, menarik sih. but somehow ya...
i lost interest pada akhirnya, pusing ah... mendingan beli harlequin ajadeh skalian!

i HONESTLY don't know why i write this! 
hahaha guilty pleasure gaksi baca buku cinta semi semi gitu.
HUS!

gue sempet bingung juga, biasanya gue sangat in to sama buku buku kaya ginian.
setelah gue pikir pikir, oh, mungkin karna gue udah tau inti dari kedua kubu itu,
hasil baca baca dimana mana, dan dari hasil baca baca inti dari buku buku itu,
4 years being a mother is enough for me to pick some things from other people,
and define my own way, how should i raise my kids. gue udah menyimpulkan bahwa:
satu.
i don't fit to any of those parenting style.

dua
yes i want my kid to be best at everything, tapi kalo disuru nomor 1 terus secara akademik,
padahal (misalnya) bakat mereka adalah streetstyle wisdom, kan ksian dong kita berdua.
i would push my kids mati matian untuk achieve academic score,
padahal pikiran mereka lebih cepet tanggap dengan 'ilmu' kehidupan diluar sana.
lagian ya, horor sekali kalo misalnya anak gue sampe nanya:
"emang mamah dulu dapet nilai berapa sih? kok ambisius banget sama nilai aku?"
terus ternyata anak anak nemuin raport gue yang merahnya 5 butir.
mau ditaro dimanaaa muka akuuu. uhuuu...
terus kalo "emang mamah ngga pernah pergi pergi sama temen temen?"
terus mereka tau kalo dulu gue tiap hari nongkrong dari siang sampe jam 7 malem.

tiga
french style is good, in terms of disiplin  & kemandirian ya...
i also read some review, cara cara terlalu disiplin gini, ahirnya jadi monoton,
bisa bikin anak ngga kreatif, karena mereka hanya akan follow the rule, that's it.
semuanya seragam dan tertata baik, less room for creativity.
terus gue rasa, ahir ahir ini banyakan hal hal baru datengnya dari kultur budaya yang bebas,
say: budaya amerika gitu... yang kreatif aja in any ways.
yang hawa nya liberal... yang encourage people to be different.

empat
terus standpoint gua apaan dong?
nah ini sih yang masih gue bingungin, gimana caranya balancing kediktatoran sebuah sistem,
supaya anak anak tahu jadwal, tahu aturan, tahu bagaimana cara bersikap.
sekaligus encouraging creativity,
supaya anak anak ngga malu kemukakan ide gila apapun yang ada di kepala mereka.

ih, parenting masa kini sulit amat sih ya!
tapi mostly sih karna gue suka terlalu dalem mikirin kaya gini ginian... hahaha.
i guess this is a part of my self-defence mechanism towards the changing culture we're living in.
karna jujur, gue takut. my biggest fear ya, at the moment... 2013 edition nih ya.
takut kalo gue mencetak anak yang ignorant.

awalnya gini. gue yakin, akan makin banyak anak manjaaa. huhuhu.
ahir ahir ini makin banyak orang kaya, makin banyak nanny.
makin banyak orangtua yang taken for granted sama anaknya, terus berenti peduli.
ignorant.
because let's face it! makin canggih si nanny, makin lepas tangan yaaa kita ama anak-anak.

confession: aku udah seminggu ini ngga nganterin arka ke sekolah,
karna ada supir ojek & mbak mi yang nganter.
pas dia mandi, makan, berangkat, gue tinggal nonton aja duduk manis,
malah kadang kadang masi tidur, tiba tiba dibangunin arka mau pamitan.
see!!! how easy it is to abandon our kids?! giling. giling kamu risti!!! *ngaca*

untuuung, seminggu penuh itu juga, tiap hari gue yang jemput arka, dengerin dia cerita,
tadi disekolah ngapain aja, baca doa apa, terus siangnya bacain buku sebelum dia bobo siang,
sore nya kita ngaji surat pendek, terus malem temenin dia minum susu sebelum bobo.
my point is... see how easy it is to abandon our kids in the hands of great nanny?!

oh! crita dulu bentar. the other day, i took kinan to that kids' haircut place at the mall.
mahal ah!!! hahaha ini tumben tumbenan, biasanya di salon depan rumah udah cukup.
there was this kid, duduk di motor motoran, about 6-7 yo, karna udah rada tinggi,
kalopun TK, TK besar lah... dia lagi disuapin nanny nya sambil gunting rambut.
pas gue dateng, dia lagi ngamux karna minta certain video games to be inserted to the tv set.
mba mba mas mas nya sibukkk nyariin itu kaset oh tampaknya langganan kaliya.
ibunya ikutan sibuk, terus pas video game nya udah disetel, ibunya ngacir.
i thought... waw... enak ya anak ini, minta sesuatu, langsung dilayani, dapet deh!

sepanjang proses, his eyes were glued to the video games, tangannya gerak sendiri otomatis,
mulutnya, buka tutup otomatis, kunyah kunyah, terbuka lagi ketika makanan habis.
nanny, sigap nyuapin, lap lapin mulutnya, ambil serpihan nasi di bajunya.
he didn't even care ada mahluk lain di sekitarnya. he's just... glued.

aku takut ngeliatnya. takuuut deh. ini anak kok kaya robot sih ya?
dia tau gak si makanan apa yang lagi dimakan?
ko makan nya kaya ngga dinikmati gituya, tinggal mangap, kunyah, telen, mangap lagi.
aku ngarep, mudah mudahan anak ini kalo dirumah makan bareng ya sama keluarganya,
jadi sambil makan ngobrol santai, terus berbagi makanan, bantuin siap siapin sendok garpu.
aduh, sedih. scary how anyone that young lost interest on the surrounding. again, ignorant.

deep in my heart, gue janji akan selalu ngenalin semua makna yang ada di dunia ini,
supaya mereka tahu, mereka pakai panca indera untuk exploring semua hal.
biar sampe bibir gue dower, biar gue ngomong belepotan karna sambil sariawan,
i'm gonna do it. karna that's the only easiest way that i can think of.
my motherhood censors told me to start small, hopefully closed with small achievements juga...
contohnya kaya:
gimana caranya bikin anak gue nyadar untuk selalu buang sampah di tempatnya,
ketika semua orang di sekitarnya pada buang sampah sembarangan.
gimana arka tiba tiba ngoceh ngoceh sendiri ketika liat orang buang puntung rokok sembaranga,
he knows it's the wrong thing to do.
sambil ngomong, terus tiba tiba dia jongkok,
ambil slip ATM yang tercecer di lantai, dia masukin ke keranjang sampah.

still, thank you amy and pamela, for sharing gimana parenthood dari cina ke perancis,
it helps me recognise my fear, dan ngebantu gimana caranya conquering those fear.
siapa yang takut juga? ngacunggg! yuk kita pelukan hahaha.

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA