Arkong: puasa!

tahun ini ngga ada yang lebih membanggakan, selain mas ar udah bisa puasa.
memang ngga dari subuh sampai magrib kok, dia makan siang di waktu zuhur,
tapi itu aja udah bikin gue bangga banget.
dada rasanya angettt banget kalo dia buka puasa,
bibir rasanya pingin senyum terus kalo dia nanya udah jam berapa sekarang.
hampir genap sebulan ini, setiap jam 4 pagi dia bangun, makan, minum,
alhamdulilahhh ngga pake rewel, ngga pake drama.
kita setelin aja disney junior, lama lama dia kriyep kriyep terus melek, makan.

lucu bangettt, kalo dia agak sedih karna pingin makan atau minum sesuatu,
tapi belum jam nya buka puasa.
biasanya matanya berkaca kaca dikit, aduhhh ngga tegaaa...
tapi gimana ya, namanya puasa emang laper & haus sih hahaha,
i think it's a good learning & i want him to learn early.
jadi gue peluk peluk aja, gue jelasin tentang pahala orang berpuasa,
tentang orang yang terpaksa harus puasa karena emang ngga punya makanan,
tentang Allah yang senang dengan anak yang puasa,
gue kasitau juga, berapa jam lagi dia bisa makan & minum.
abis itu biasanya dia minta disiapkan aja perngidamannya, untuk dimakan ketika sudah waktunya makan & minum.
subhanallah... bisa gitu ya anak kecil.

to be honest, tadinya gue gak tau mau ngajarin puasa taun depan, atau sekarang,
orang puasa hari pertama juga anaknya lagi dibawa liburan huhu,
jadi ngga ada preambule bahwa kita akan puasa, blablabla.
tapi ahirnya gue titip si mamah, ar tolong bangunin aja pas sahur, ajak makan,
terus bilangin bahwa dia akan ikut puasa. baru boleh makan lagi nanti siang.
and it worked like magic hehehe.

anaknya ngga nolak, ngga banyak protes, all he knew was: saya harus puasa. that's it.
gue sengaja bikin dia ngga punya pilihan tentang puasa ini,
jadi instead of: mau puasa atau engga hari ini?
gue jalanin: kamu harus puasa, sekuatnya ya nak. titik.
sadis ya?
ah biarin aja... untuk agama gue berencana strict.
tapi kan gue liat juga kondisi anaknya, jangan sampe dia kurang gizi kelaperan juga,
pastinya in moderation lahhh, kalo dia keliatan udah ga kuat banget, yaudah buka aja.

paling kasian, selama sebulan ini, adalah waktu hari hari pertama sekolah hihihi.
gue udah titipin ke bu guru, kalau bisa banyakin main indoor, karena ar sedang puasa.
tapi kan temen temennya engga ya hahaha, dan mereka kan kangennn udah lama gak ketemuuu,
jadi ya pada lari larian seru gitu, boys will be boys.
pas pulang sekolah gue liat dia lemes, bibirnya kering banget, terus dia bilang mau makan,
aduuu, ksiannn... ahirnya jam 11 gue bolehin makan. gapapaaa, namanya juga latihan.
kali lain, tiba tiba dia duduk udah makan pisang aja hahaha "ar laper mah".

udah ngga bisa ditahan kayanya. yaudah lah ya, namanya juga first timer,
udah bagus dia mau happily puasa.
dia juga lihat orang dewasa di sekitarnya pada puasa, dan he likes to be perceived as 'udah gede',
dan pas juga kan kemarin baru naik ke TK B, yakyukkk! cesplenggg banget timing nya.

ganjelannya cuma 1: adiknya hahaha.
si poni yang lucu tapi suka nyebelin kadang kadang suka makan seenaknya di depan ar,
yaaa, karena masih kecil ya. kalo gue suruh ikutan nahan makan, atau mundurin jam makannya,
dia suka lebai dengan drama,
"mamiii laper mami... mamiii, kin laper mami. mamiii..." diulang ulang ulang ulang ulang...

hal hal kaya gini kadang kadang suka bikin ar tergoda juga untuk ngeluh lapar & haus,
walopun sebenernya gue yakin dia masih bisa nahan.
jadi ya gitu, solusinya, gue agak tegas ke kin, bahwa dia harus hormati orang yang sedang puasa,
dengan cara ngga makan minum seenaknya di depan yang sedang puasa,
sambil gue kasitau gitu, dianya pegang toples sukro ya, itu tangan bolak balik ke mulut-toples-mulut,
ngunyahhh... haishhh... luar biasa non poni ini *garuk garuk pala*

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA