Ar is a senior kindergartener

lupa mau cerita iniii... drama antara sekolah dan ibu mimut fufufu,
awalnya kan dari sini waktu dia lulus taman bermain, dimana lulusnya pake acara drama,
karna dia anak agustus yang 'katanya' emosinya agak ketinggalan matengnya.

jr kindergarten was surprisingly ok for me, for me ya hahaha, and super fast too!
ga kerasa taunya udah tengah semester,
for arka, i hope he enjoys every bit. i see he's happy with his new friends sih...
laporan tengah semester juga cukup bagus, so it was a sail on a summer breeze, santeiii.
the wind blowed harder on may, ketika masa ahir ahir tahun ajaran.
bu guru beberapa kali panggil gue & erw, untuk diskusi masalah arka.
which reminds me a lot of mamah dipanggil wakepsek sampe SMA,
karna apa???
bukan karna ketauan ngeroko bahkan, cuma karna gue main bola sama anak cowo,
duileee, idih, plis deh buk... boleh kali anak cewe main bola. ih, kezel aku, kzl zbl.
untung si mamah ketawa ketawa doang pas abis dipanggil. bwekkk!

not that he's in trouble, tapi karna kecerdasan emosinya dia masih muda, ini jadi perhatian.
hadeuhhh, the first meeting, i was calm. gue dengerin kata bu guru, gini gitu,
terus kita pulang, berembug, coba lakukan beberapa tips yang bisa mengasah kecerdasan emosi.
then they called us again... gitu deh.
ditengah tengah semua perintilan hidup gue, this is obviously the huge pink elephant in the room,
i got so worried. so so so worried.

both of us (the school and us) agreed that, we won't push kids to grow 'older' faster.
we want kids to grow as is, naturally. makanya...
ada option arka mungkin tinggal di kelas jr kindergarten, alias mendok di TK A.
oh alrite (i said to the the teachers).
but then there it was, my own monster, gue personally ngga pengen dia stay,
kesiaaan, gue cuma khawatir dia bosen aja mengulang hal yang sama di kelas itu,
tapiii kalo sekarang ngga mendok, mungkin perkembangan emosi nya dia ngga maksimal,
gue gak pengen banget dia terseok-seok di SD, per say. karna katanya begitu uhuhuhu.
gue pingin dia tumbuh jadi orang yang cinta ilmu, yang selalu ngejar ilmu & hepi kalo belajar.
kan, dilema kan...

ahirnya gue iklasin. oh come on, ris... what are you fighting for sih?
duit yang ilang untuk tuition fee 1 taun? duit bisa dicari!
nanti orang orang bilang apa? arka knapa ngga naik ke TK B? alah orang ngemeng diemin aja.
yang penting tu bukan ego gue, yang penting arka.
it's gonna be his battle, ketika dia berhadapan dengan dunia nantinya,
i might be dead by then, tapi gue pengen persiapkan dia sebaik mungkin. gitukan visi misi nya?
kalo mau persiapin dia sebaik mungkin, ya ikutin aja ritme sesuai usianya, gausah dipaksa paksa,
let him grow seperti usianya, seperti apa adanya, gausah dipaksa paksa.
so i stick to it. i stick to the terms i agreed upon. terms GBHN mendidik anak yang gue ciptakan.
yaudah bismilah. setuju aja sama option nya bu guru, bahwa dia mungkin mendok di TK A.

terus kan di bulan mei tu ada pentas ahir taun ya, he was performing brilliantly!!!
gue sih hepi liatnya, ngga demam panggung, hafal semua adegan & dialog, i was so proud!
menjelang pembagian laporan ahir taun, gue dipanggil lagi. JENG JENG JEEENG...
waktu itu hati gue udah iklas, yaudah, mendok ya mendok. whatever's best for him aja.
soalnya bu guru yang lebih sering liat dia berkehidupan sosial ya, interaksi sama temen, dll dsb,
kalo kita dirumah, paling interaksi sama adiknya aja, yang emang udah gue seting dikit juga,
mas musti gimana sama adiknya, adik musti gimana sama masnya. gitu gitu...
tapi kalo di sekolah, he's on his own ya, dan ngga ada seting-setingan ala cinta pitri,
ini postingan bak cinta fitri, kelamaan banget acara tele tele nyahhh! maap ya pemirsah.

gue si cukup percaya sama judgement bu guru, and i believe she's going to be fair.
patut naik ya akan naik, belum siap ya mendok.
dan gue? siapin hati aja yang lebar sama dompet mihihi.
none of my concerns happened. ternyata 180 derajat!
kata bu guru, ar was showing significant progress on the past month, alhamdulilah,
ya allah anakku... surprise bangettt! gue gak nyangka sama sekali dia mampu kaya gitu,
dia kaya tau ibunya worried sick! dan bingunggg pusing tujuh keliling.
padahal gue gak pernah tunjukin di depan dia, not even once gue ngebahas hal ini sama ar,
tapi apa dia tu tau ya kalo gue suka liatin dia tidur, sambil berdoa semoga supaya hidupnya selalu berkah.
apa dia tau ya gue tu lagi sedih & worried banget mikirin dia? uhuhu*peluk peluk anakku lanang

jadi gimana ahirnya drama ini, gimana ahirnya pitri dan parel??? tanya pemirsa dengan gemasss.

alhamdulilah naik kelas, pembaca yang budiman!
progress nya ar keliatan di hampir semua segmen yang jadi perhatian di sekolah,
terutama sosial emosinya dia, yang berkembang banget dan keliatan banget menjelang pentas,
dan bu guru confident ar akan bisa mengikuti pelajaran di TK B. YAY!!!
i could't be happier.

kelas ar diasuh sama ibu ibu guru yang luar biasa perhatian sama anak anak,
luar biasa dedikasinya, yang ngga cuma ngajar karna dia bekerja sebagai pengajar,
tapi hatinya emang disitu, di pendidikan anak. subhanallah.
sampe bisa ceritain semua celetukan-celetukan lucu nya ar,
yang menurut gue emang ar banget & ngga mungkin bisa cerita kan kalo ngga segitu perhatiannya.
i couldn't be happier udah ditemuin sama manusia penuh cinta seperti guru gurunya ar,
yang udah ngajarin gue banyakkk banget tentang child education.

dan emang it took a village to raise a child kan, berasaaa banget di kelas ini.
gue bener bener terbantu bangettt, dalam menyempurnakan GBHN pendidikan anak gue,
karna direction nya dari bu guru jelas banget, mana mana yang harus di improve,
dan mana yang udah bagus. jadi gue terapin di rumahnya gampang,
ibarat kata, blue print nya udah ada gitu, tinggal "siap grak-maju jalan"
we're so blessed, alhadulilah ngga salah pilih sekolah *kecup!*

terus drama nya udahan?
ya tetep hahaha... cinta pitri episod berapa ribu berapa ratus berapa puluh berapa.
di TK B dan mostly seterusnya, most likely gue akan terus intensif sama guru gurunya ar,
i don't mind actually. walopun musti bolak balik ke sekolah, tapi gapapa sih,
justru gue merasa safe, karena gue bisa tau perkembangannya first-hand,
dan langsung bisa react on it, to improve it.
dengan demikian, drama sr kindergarten nya selesaiii. apakah akan drama lagi, siti?
kita tunggu kelanjutan kisahnya, samsul.
ganti ah! bosen fitri terus, samsul bahri siti nurbaya aja, lebih classy,
tele tele nya kaga sebanyak macem si pitri. hihihi.

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown