Introducing the kids to Puasa Ramadhan

menjelang akhir ramadhan ni pemirsaaah, Subhanallah ko gak kerasa amattt,
tau tau THR udah cair, terus udah mau liburan lebaran.
tapi haus sama nahan emosi nya masih suka kerasa sih, kerasa susah hahaha.

how are the kids doing, Puasanya?
happy to say, they're excited about it. mungkin karna boleh makan apa aja kalo malem,
termasuk beberapa jelly, es krim, cereal, any beverages, tersyerahhh dehhh yaaa...
alhamdulilah Ar masih konsisten, doing full day Puasa, while Kin is doing half day,
alhamdulilah belom putus dari hari pertama. YIAYYY! *mamarabid

So here are some worthy note on how to introduce Puasa Ramadhan to my kids.

satu: brace yourselves, mothers! 
kemaren ada buka puasa keluarga besar gitu, terus sempet lah ngobrol ngobrol,
sama seorang nanny nya sepupu gue sih... doi kaget banget pas tau Ar & Kin puasa.
"Ya ampun, kasian buuu..."

oh well... iyasi emang kasian kalo dipikir pikir, nahan laper, dari jam 4.30 subuh sampe jam 6 sore.
she's only 4 yo, masih bayikkk practically,
and he's barely 6, masih 5++ itungannya. dan belom wajib puasa juga sih sebenernya.


But i want them to start early on Puasa,
And so i had to brace myself.

ini diyaaa... terpentinggg.
karna lazimnya ibuk ibuk kan suka ngga tega kannn kalo anaknya kelaperannn,
padahal sebenernya anaknya sih gak kenapa napa, tapi ibuknya aja ngga tega hahaha.
i've been there bener, years ago hahaha.

terus bu mimut, kasian gak sih liat anaknya nahan laper gitu?
ya eyalahhh sempet, terutama waktu awal awal puasa, like 3 earliest days of Puasa,
Ar jadinya rada drama, karna pasti cukup kaget yaaa, puasa full. lama amattt ini bedugggnyaaa!
gue gak tega banget liat Ar jam 4 sore, perut udah cekung, terus lemesss, duduk aja nonton tv,
terus pegangin perut nya huhuhu. anak akuuu, kesian bangettt... dan gue gatau, ini beneran lemes,
atau drama ajasih, karna belum terbiasa puasa full... jadi gue juga bingung, aku kudu piye situation.

dia minta minum. dibujukin udah ngga mempan, dipeluk gakmau, malah goler goler mau rewel gitu,
oh no...
aku kudu piye bangettt, uhukkk, aku mixed feeling, antara kesian obviously,
tapi musti tega tegain, karna this is a part of our learning. menjalankan perintah agama.

lebih mix lagi, karna misi besarnya adalah i want him to experience that Ramadhan time is great time,
gue pingin dia puasa tanpa terpaksa. kalo dia ngga hepi gini, gue agak khawatir juga,
kedepanya gimana kalo dia tidak mengasosiasikan puasa time IS happy time.

ahirnya gue kasih deh, minum... he drank. and he regretted it hahaha.
karna pas buka jam 6, jadi ngga seru lagi. udah ilang cyinnn hausnyaaa, udah gak haus lagi,
so i think it works for now. he never asked for any meal/drink before maghrib,
kalopun minta, he knows exactly, that he's going to consume it later after maghrib.

dua: those little human will adapt, they will be fine
dan bener aja, lama lama he adapts, lama lama gue liat dia makin bugar, dan malah makin aktif,
emang berat badan jadi agak turun, tapi masih bisa diakalin sama asupan nutrisi yang lebih banyak,
dan lebih banyak ngemil lagi pas malem malem.

sepanjang hari, walopun libur gini, gue perhatiin, dia makin terbiasa beraktifitas sambil puasa,
tetep hepi hepi, main sepeda nya makin jago, bikin rumah rumahan tenda, mainan lego,
terus masih lari larian juga keliling kebon jam 3 sore, so i thought, he must be feeling fine.
karna pola makan nya kan juga mulai terbentuk, sahur-buka puasa-late night meal.

jadi gue makin yakin juga, bahwa berpuasa satu hari penuh is not hurting him. at all.
malah dia hepi, karna ada legalisasi makan makanan apapun yang dia pingin setelah buka.

tiga: what's your main reason
the main reason to ask Ar puasa at this age was actually, bukan karna aku ambisiyus hahaha.
gue & erw sepakat, untuk perkenalkan Rukun Islam sedini mungkin sama anak anak.
the earlier, the better, has always been our motto.
the younger the kids recognize any good habit - and actually living it, 
the easier it will be for us to maintain it,
karna ground nya udah solid terbangun dari awal.
we realise this is not something we can build overnight, that's why we decided to start early.

gue sendiri mulai puasa full di umur 6 tahun, and i actually liked it a lot.
karnaaa, pada dasarnya aku anak GTM, ngga suka makan. meal time is excruciating for me,
makanya seneng banget pas puasa, kaga disuruh makan cing!!! hahaha.
but my kids are different, they're regular eater, ngga picky & jarang banget GTM.

tahun lalu, pas Ar mulai puasa setengah hari, kita sempet ceritain, kenapa harus puasa,
kita ceritain dari hal yang logis, Puasa is like detox to your body, it's like cleaning up your system,
badan itu sama kaya mesin. perlu di servis, istirahat, supaya tetep bagus dan ngga gampang rusak.
dari situ baru kita ceritain, bahwa kita harus selalu bersyukur, karna alhamdulilah punya rejeki,
bisa makan 3 kali sehari, bisa punya ini itu, bisa hidup enak. ada loh orang yang ngga gitu.

i do not recall any rejection from the kids, padahal tadinya gue udah siap kalo Ar nanya aneh aneh,
but he didn't.
setelah ceritain gitu, dia voluntarily puasa aja gitu setengah hari, and this year, puasa the whole day.

empat: leading by example
this always works best for my kids, sepertinya karna dia liat kita serumah puasa,
dia pun jadi excited & actually enjoys the festivity,
to me personally, i'm having so much fun watching 2 kids chewing with both eyes half open,
hahaha, uber cuteness! *ciyum ciyummmm*

while on Kince, easier, karna dia liat Ar is fasting... otomatis dia tau, dia juga harus puasa,
the perks of parenting the second-born hahaha, udah ada cetakan contohnyaaa, tinggal replicate ajah.
dan dia juga buka puasa pas zuhur, so no problem arise, cuma paling dia suka iseng aja
"boleh makan es krim ngga?" jam 8 pagi hahaha, teteppp usaha hahaha.

lima: puasa time IS puasa time
lastly, we intentionally do not open any option towards fasting on Ramadhan,
hahaha... aku ibu kezammm!
jadi gini... bulan puasa, ya harus puasa. doing puasa, is not an option for them,
gue gak pernah bilang "Mas Ar, mau puasa ngga? puasa ya, setengah hari aja dulu"
no.
i said " Mas Ar, puasa ya. dan karna mas udah mau 6 tahun, Mas puasa penuh kaya mama papa."

i don't know if any of my kids realise that there is option, bahwa lo tu sebenernya bisa ngga puasa,
hahaha... iyadoong... sebenernya bisa aja dia menolak puasa kan?
dan gue bisa aja memberikan option untuk ngga puasa dong, kan kesiannn, gak tega, balik ke poin 1.

but it didn't happen (YET).
maybe 10 years later kali, kalo udah SMP, terus tiba tiba ada temennya ngajakin ke KFC jam 1 siang,
terus mau bayarin makan, supaya nemenin dia batal puasa.
curhat much bu mimut??? iyaaahhh, pengalaman pribadi benerrr.

10 years from now, beda cerita, beda parenting style dan beda solusi juga pastinya yahhh,
but for now, aku cukup hepi karna anak anak ngga susah disuruh puasa, and actually enjoying it.
Ramadhan Penuh Berkah IS REALLY Ramadhan Penuh Berkah.

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Eurotrip 2016 AMS PAR