Introducing days of temper-tantrum-free

azek yaaa judulnya hahaha, impian dan dambaan orangtua nihhh...
nyambung posting kemarin ya, tentang arka yang mau 5 taun,
serta urusan ego & emosinya.

ih, marain anak aja pake diatur atur sih? timbang tinggal marah doang.
NAHHH INI SALAH hahaha... selain akikes adalah bantji atur, mihihi!
menurut gue, marah juga harus dipikirin, supaya marahnya gak mubazir,
supaya ada manafaat nya: anak tahu dia bikin salah, ibu kasitau yang bener gimana.
yaudah, kerjasama deh, lain kali jangan diulangin.

crita dikit ya, waktu itu lagi jalan ke warteg belakang, liat anak-anak lagi main ketuwilan,
ada 4-5 anak usianya yaaa kira kira balita-an lah, sama ada 1 agak kecilan dikit 2 taun kali.
tiba tiba si balita ini nangis, gue juga gaktau kenapa, mungkin keinjek kali,
tiba tiba juga ada mpok mpok muda keluar dari rumah, langsung njewerrr salah satu anak,
sambil teriak gemes "DIAPAIN LAGI SIH ADEKNYA???",

oh no. dada gue sampe sesekkk, perasaan gue si korban penjeweran ini tadi lagi ketawa,
dan posisinya aga jauh sama si korban nangis.
lha knapa si mpok njewer dia ya? padahal belom tentu dia salah.
oh no...
dan si korban dijewer keliatan banget syok. asli SIYOKKK, ya lagi ketawa terus dijewer gitu,
ingin aku peluk.

nah kalo gitu kan ngga bener, marah tak beralasan, korban nangis ga jelas kenapa,
korban dijewer apalagi, bisa jadi trauma loh... God knows how much damage that thing causes,
baca aja di jurnal jurnal, yang kaya gini gini tu asal muasalnya orang jadi violent. ugh!
atau bisa jadi malah cuma karna ibuknya emang lagi bete, makanya marah marah.
see... i wish such thing never happens to me, i wish i don't grow old being that mpok.

nah, makanya gue coba coba melempar manggis, to note down beberapa cara menjinakkan tantrum,
mungkin bukan yang paling tepat untuk seluruh anak di bumi ini,
tapi paling tepat untuk anak gue, yang pertama. bahkan untuk yang kedua belum tentu.
dan gue coba cari cari cara ini, bukan cuma buat arka & his future,
tapi buat gue.
gue kan anaknya kaga sabaran ya... belanja online telat sehari aja aku bisa ngomels hihihi.
makanya, penting buat gue untuk selalu punya tujuan pengasuhan,
supaya gue terus terusan termotivasi sama cita cita luhur itu...
jadi gampang kalo mau ngatur reaksi kita terhadap apapun aksi anak kita,
moreover, jadi gampang ngatur sabarnya di dalam hati.
karna to be honest, udah pada ketemu tukang sabar belom sih? belom ada jugak ye?

Menurut gue, marah tu harus pake sistem see-saw.
terus kayak mana tu yang namanya see-saw?
tau gak? njot njotan itulohhh hahaha... jadi intinya, gantian.
diantara kita berdua, marahnya gantian, kalo emosi dia lagi meluap, kita turunin emosi kita.
kalo dia lagi tantrum hebattt, menguasai arena, kita diem dulu. ngalah, tenang.
laluuu... disclaimer dulu: i don't if this is the right way, but it works for us.

kalo emosi dia udah turun dikit, langsung gantian kita yang menguasai arena,
kalo gue, intinya adalah to let them know: mommy rules ya, nak.
you can do whatever, feel whatever, but this time, mommy's rule is THE RULE.
buat gue & arka yang udah dipraktekin, cara ini berhasil.
karna kita sama sama mood swinger, gampang naik, tapi gampang turun.

beberapa kali ngadepin arka marah, ahirnya gue ketemu cara ini,
baik buat gue, karna i learn how to go low when he's throwing tantrum,
dan baik buat dia, karna at the end of the day, he knows he was doing wrong,
dia tau permasalahannya & dia tau solusinya dan dia tau mamah udah ngga marah lagi,
karena we've talked it thru.

TADAAA!!! selesailah skema anti tantrum untuk anak pertama,
tapi anaknya dua yah hahaha wakwawww...
sekarang sih kalo kinan tantrum, cukup gampang bujukinnya,
karna gampang terdistract, gampang dihibur pake peluk, cium cium, terus ajakin nyanyi frozen!
abis itu tetep ibu mimut ceramahin, to let her know, such behavior is unacceptable.
diahiri dengan "ngerti, kin." dan dia angguk angguk "ngerti." sambil minta peluk (lagi).
later on, ketika kinan masuk masa ahir balita gue gaktau deh, apakah pola ini bisa tetep di maintain,
mari kita saksikan di hari H nya!

Comments

Anonymous said…
Edododee itu Mpook. Yampun emang benern gemes lihat yang begini-begini mba. Pernah juga lihat Ibu-Ibu yang dandanannya cantik, kalah deh artis. Dorong stroller mobil di giant. Anaknya anteng loh. Cuman keluarin tangan doang mau lihat sesuatu, dibentak-bentak abis sampe se alley bisa denger. Hueeee. Makasihd ah dis hare see sawnya mba.
risti said…
nyaaahahaha, pingin gua jewer balik dah tu empok :p

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA