Sunday, August 28, 2011

mudik 2011. day 1

tujuannya hanya bandung sih hehehe
simply because everyone we'd visit live here
maternal grandma is here
most of my paternal families are here
my parent in law lives here too!
dan kita memang ada rumah disini

ditutup dengan cuti hari jumat untuk bebenah rumah
packing untuk 4 orang
dan make sure i didn't left any of bu RT's mandatory behind

libur lebaran 2011 dibuka dengan jalan-jalan ke PIM
doing banking with the whole entire jakartan
lalu kencan nonton bioskop & makan enak

the next morning, kita sengaja bangun sahur lebih pagi
sembari makan, sembari list down to-do list packing nya
both babies were awaken dan ikut makan sahur dipangkuan gue

5,15 am
berangkat dari rumah
mampir dulu ke rumah nyokap karena ada beberapa titipan barang
yang gue kira adalah cuma 1-2 tas
ternyata berupa 1 dandang segede gaban dimana kinan bisa duduk di dalamnya

3 kantong besar opak
dan beberapa kontainer isi makanan
terpaksa re-pack mobil

6,00 am
baru masuk tol
yang sudah rameyyy
tol nya macettt sepanjang cikampek
masuk cipularang
dan baru agak lega selepas pintu tol sadang
kinan ngamukkk karena badannya pegel
dia belum terbiasa juga jalan jauh lebih dari 1 jam
kuping agak budek karna dengerin album tasya: ketupat lebaran
over and over and over again

10,30 am
sampe rumah bandung
beres-beres tas
lalu ke rumah sahabatnya erwin yang baru punya newborn

14,00 ish pm
the long awaited moment: tidur siang
mwahahahaha (ketawa raksasa)

18,00 pm
this is what i definitely miss about ramadhan
acara buka bersama dirumah, sama keluarga
yang mana hampir selalu pasti, nafsu makan jadi berkali kali lipat
bukan karena lapernya, tapi karena takut keabisan dududu

20,30 pm
acara makan nya dilanjut ke gardujati
tepatnya di seberang hotel trio
ada gerobak gerobak di trotoar
bola ubi, cakwe & odading, mpek-mpek, nasi goreng, wedang ronde, somay, es jeruk kelapa
dan perngidaman gue: lomie kangkung

22,30 pm
tidur dengan tenang setelah arka tantrum
karna tiba-tiba kebangun & ngga ngenalin kamarnya
gue tinggal mandi nangis-nangis sampe bapaknya diusir keluar dari kamar
auwooo ooo ooo ooo

bandung is lovely, as always
se-lovely aku yang lahir disini *sibak kerudung*

my wingman

kalo di film action, wingman sangat ketebak pas tokoh utama udah mpot-mpotan ngelawan musuhnya
terus hadir pada situasi di-corner-kan oleh musuh, helpless
dan taunya ada si wingman guy ini yang saving the day
persis mas dom toretto & brian o'conner (mentang-mentang baru nonton)

bisa dibilang, from the day 1 i settled my heart untuk erwin (jiyehhh)
gue sudah melakukan kalkulasi super fantastis mengenai dia dan segala seseuatunya
yang menghasilkan statement:
he's going to be a good wingman for me

in reality?
being the bread winner dan lokomotif buat gue, arka & kinan. he's best
being a best friend for me. he's excellent
being a proud member of the extended family. he's great
being a helpful hand for me dealing with kids. he sucked

makanya gue salut banget sama bapak-bapak yang bisa dengan tenang ditinggal berdua sama batita nya
as for us: it might only happen 5 years from today
right now? here's what happen

task 01
ditinggal mandi sama arka berdua di kamar tidur
5 minutes later, mereka berdua ngendon di dalem kamar mandi
nungguin gue selesai mandi

task 02
menjadi bapak asi untuk kinan
after midnite, the big guy was sleep-fainted (tidur seperti pingsan-if such word exist)

task 03
diminta tolong bersihin arka abis pup
"aku ngga bisa"
then he walked out of the room

suckerrr
meskipun kedengeran klise, but i'm really okay with that
dari perobrolan, it's so obvious that he's not a ronald mcDonald kind of father
dan gue yang dominant freak pun akhirnya mengambil seluruh porsi printal printil yang berhubungan dengan anak

for the bigger stuff kaya: milih sekolah, pola asuh, disiplin, of course he's there and make the call
tapi bangsanya: puk-puk sebelum tidur, making funny faces with kinan, suapin arka makan
he's there beside us, watching.

as i'd never want anyone to push me, i don't want to push him into something he opposes
why hoping a ronald mcdonald if he doesnt even like red-white stripes and yellow?

ke-makluman gue sama hal ini dibayar kontan sih
seperti halnya dia yang selalu maklum dengan sajian tumis-tumisan for dinner (karena gue cuma bisa masak itu)

i'm fine with his habit yang kalo udah suka suatu barang, bisa punya 2-3 biji sekaligus
seperti halnya dia yang nunggu dengan diam (diam dengan tulus)
if i took some 3,5 hours (in dog years) just to match my outfit and the hijab before we go out

marriage and building a family, adalah ngga beda sama main olahraga ganda campuran
dua-dua musti saling bisa baca pasangannya dan pinter-pinter menempatkan posisi
it took a lot of practise, tapi ngga mustahil
dua-duanya put all their best quality, kerahkan seluruh effort and fight for the same objective

sepanjang idup gue nonton bulutangkis ganda campuran,
ngga ada kan yang ngomong mulu:
"oy, lo maju! gue yang ambil di belakang" atau
"yang ini gue yang smes, lo di pojok kanan in case lawan smes balik"
nop

they just do it, covering up for the wingman(woman)
put all the best effort on the table
and win

Thursday, August 25, 2011

arka's (basian) birthday bash

nyiapin ulang taun arka kemarin bener-bener challenging buat gue
pertama karna this is my first time siap-siapin birthday party
secondly karena tandemannya kerjaan yang lagi deg-deg-ser ++

jadi untuk goodybag, emang gue dan ririen udah rame siap-siapin konsep nya
lalu beliau bantu produce the lovely goodybag
lalu gue cari-cari harga printing untuk block note giveaways nya
yang mana ahirnya gue produce sendiri dengan ngeteng bahan-bahan
beli kertas kiloan, nge print cover, lalu jilid
*lap keringet*

lalu ke supermarket, beli susu & coco crunch
lalu lagi pergi ke toko buku cari isian bags nya, pinsil warna, kertas lipat, play doh
yang mana setelah hunting, pala gua kliyeng-kliyeng pusing pengen pengsan
*gasp*

ahirnya, setelah semua 80% siap
gue baru mikir: mana seru kalo anak-anak suru ngobrol & makan doang?
lalu hunting lah mainan playground
yang hasilnya adalah udah fully booked *mangappp pingin nangis*

lalu ingat sepupu ku yang beranak triplet dan punya 1 set perosotan di rumahnya
langsuuung gue pinjem, atur-atur supir untuk pick up
dan nyengir lebar banget pas barang nya udah sampe di TKP
dan arka yang bersinglet udah main-mainin perosotan dari siang

the party went well, walopun beberapa tamu cilik batal hadir
dan terpaksa leaving early karena ada acara bukber di tempat lain
tapi arka keliatan seneng banyak temen mainnya
agak salah gue yang cuma ngajarin dia nyanyi tanpa ngajarin dia tiup lilin
jadi pas tiup lilin, dia melongo dan ahirnya lilinnya diserobot sepupu-sepupunya

happy birthday baby
next time around, try to blow the candle ya dear :*

Saturday, August 20, 2011

kinantya: almost 5 months old

at such early age she has shown a distinct character.
galak
kalaulah buah takkan jatuh jauh dari pohonnya
yang demikian itu benar adanya

we were playdating ke rumah adik iparku terkasih
disana ada gadis cilik manis, raia
yang gembira ria bukan main disambangi arka
alhasil kedua bocah seru-seruan, lari-larian, teriak-teriakan

nah si kinan lagi anteng digendongan sicus
tiba-tiba ngeluarin suara kaya teriak ngebentak
"AHH!"
pertama nya gue ngga ngeh
tau-tau waktu raia mau peluk, dia ulang lagi suara itu
such a sharp tone, then i noticed she has this unpleasant look

anakku perempuan ini rupanya ngga seneng karena mas nya & sepupunya teriak-teriak
karena begitu dibawa ke teras, dia anteng lagi

this is new for me,
(1) to raise a girl, with whole different attitude from the first born son
(2) to spotted such attitude at a very early age
was it just a coincidence?
atau emang dia udah bisa berkomunikasi?

kalo emang kinan sudah bisa 'ngobrol' with gestures and mime
ya alhamdulilah yaaa
tapi mudah-mudahan kesenengan ngobrol nya ini ngga kebawa-bawa sampe sekolah nanti ya
otherwise gue akan super kuwalat sama mamak ku
dimana dia sungguh sering dapet laporan dari guru pas ambil rapot:
"risti nih ya bu... ngobroool terus kalo di kelas"

eh tapikan buah tak jatuh jauh dari pohonnya ya
berarti mamah ku pun most likely dulunya tukang ngobrol loh...
ampun mah *salim*

dear arka: you're turning 2!

tadi sih niatnya mau wishing my first born a happy birthday
tapi speechless...
udah jelas banget banyaknya rahmat Allah yang udah diterima keluarga gue
karunia yang cuma bisa gue bales dengan berusaha sekeras mungkin menjaga titipanMu
anter mereka jadi orang yang bener


this posting was one and a half year ago on facebook page.
pas gue dititik paling amaze, that Allah lets us to keep this wonderful wonderful child
so here it is, the feeling hasn't changed a bit
terharu juga masih aja... norak ya *lap ingus*


"Today is your official 6th months. Alhamdulilah
Congratulation baby, I can see you grow and all well. 
Alhamdulilah. If I could just share how we were 6 months ago? 
We were a mess. Yepp MESS pretty much explains all.

It was the day me & your dad crushed to our bones. Being told that things might go worse and you might not make it and that the Almighty might took you away from us. So soon, so fast. Yes we were devastated. But then we came to realize that if it's up to the Almighty. Then so be it. We are puny to IT's eyes

There were times I hold my tears, watching you sleep between wires, not able to hold you yet. Just touching your tiny toes, between wires. There were times I got so anxious at night, waiting for the doctor to bring us some good news. But at the end, it was you who recover yourself. It was your call to fight for another catch of breath. Your call to fix your little lungs and call the ventilator a quit. It was all yours

Somehow I believe that we all pass you the blood of a fighter. I just believe, even if you're just a newborn with blurry sight. Even if you haven't recognised my face yet, nor slept on my arms. I knew, and I just knew. You will stand up to yourself, you'll go through this and make us proud. Even in your earliest days, you've proven it.

So, here you are, in your 6th month. Happy and healthy like we wish you to always be. You already have huge curiosity on almost everything and we're getting more and more excited to be your host to the whole wide world

You won't even understand this note by now. But I'm sure, like I always am. I'm sure that you, my dear, will carry on being a fighter. Even if later on, your days are dark and your roads are bumpy. Just hold on to this note, and remember me saying: you too, are going to survive this.

I love you mas
"



arka, 6 months old

Wednesday, August 17, 2011

sudah merdeka?

first and foremost: happy birthday indonesia!
semoga kami-kami 
yang masih lurus hatinya, masih murni niatnya, masih banyak tenaga nya
senantiasa kuat untuk mengharumkan namamu. aminnn


lalu kepikiran tentang kata 'merdeka' yang lagi sering banget kedengeran
buat gue, artinya bebas dari sesuatu (yang biasanya ngga ngenakin)


beberapa saat lalu, waktu gue masih SMA
ya okelah... maybe not a short time ago
more like a decade ago or so. haha!!! 
merdeka artinya boleh pergi malem sama temen-temen, 
tanpa terus-terusan denger:
"kak, dimana? mau pulang jam brapa?"
atau "kak, udah jam 10 ni mama ngantuk. udah sampe mana?"
atau "masa sih jam segini macet? ini kan udah malem banget"


then i got the chance, begitu masuk kuliah
i found my way to earn my own money
i got the passport going out of the house. hassle-free!
i finally get to feel my own merdeka


tapi lalu ada 'penjajahan' bentuk lain: duit
karna earning nya ngga banyak, dan duitnya musti dibagi-bagi untuk makan, bensin, fotokopi, dll
jadi pergi-pergi nya juga ngga banyak
then i dreamed about different kind of merdeka


punya duit banyak!
jadi ngga usah bingung-bingung kalo mau beli sepatu baru
ngga usah sedih kalo musti ninggalin mobil dirumah karena ngga bisa beli bensin


Allah yang Maha Baik dengerin doa gue, dan dikabulkan
alhamdulilah gue dikasih kerjaan dengan gaji yang lumayan
gue udah merdeka!
or so i thought.


then came 'penjajahan' dengan kedok senyum manis, saying
"pacarnya mana?"
atau "cantik-cantik kok ngga punya pacar?"
atau "kamu kapan nyusul dilamar"


you might have guessed the rest
abis kawin came "kapan punya anak"
abis punya anak 1 came "kapan arka dikasih adik"
abis punya anak 2 came uang pangkal sekolah yang harga-harganya bikin mata gue menatap nanar 


artinya apa?
buat gue: merdeka yang hakiki tu mungkin kalo udah mati dan MASUK SURGA.
surga nya penting! karna kalo masuk neraka, tetep aja ending nya ngga ngenakin cyiiin


tapi bener loh
selama kita masi napas, life isn't getting easier
but i'm not giving up on that
selama manusia terus berusaha, 
masa Gusti Nu Maha Agung tega-tega amat liat umat nya kesusahan?
i don't think so


as for the beloved nation, sori dori mori deh
menurut gue yang super apatis: kita belum 'merdeka'
apalagi kalo liat suasana sekarang ini (politic wise)
duhhh suram benerrr
temen makan temen
musuh jadi temen
temen jadi musuh
yang salah jadi bener
yang bener jadi salah
riweuh banget, pabaliyeut kitu, ari ceuk sunda mah


mungkin nanti, ya
suatu hari indonesia bisa bener-bener 'merdeka'
mudah-mudahan ngga terlalu lama dari sekarang
indikasinya mungkin kalau suatu saat gue bisa siap-siapin formulir pajak dengan senyum iklas dan hati besar
dimana gue yakin 100% bahwa 'sumbangan' gue ini akan diterima oleh orang-orang yang berhak  


in the mean time, i do think i made the right choice being an enterpreneur
paling ngga bisa bantu-bantu dikit bikin lapangan pekerjaan untuk orang lain
dan mudah-mudahan (terus) terhindar dari godaan makan hak orang lain


mudah-mudahan ya, indonesia
mudah-mudahan cepet dikabulin 'merdeka' nya
i pray for you, i'll try hard for you
meskipun kalo kata pak karno
"perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."



right or wrong, it's my country
and i still love you full lah *kiss*

Saturday, August 13, 2011

setengah dukun

awalnya dari sini:
my mom laughed out loud, to the moon and back
sampe muka nya merah pas diceritain ini

i know, rite... oon banget gue malah nyeletuk B29 arggghhh
dalam hal B29 itu, gue cuma pingin keliatan ngga oon aja sih sebenernya
knowing he's a good doctor, pasti sering ketemu ibu-ibu canggih lainnya
and that intention turns out totally the opposite

sejujurnya dokter bukanlah sesuatu seseorang yang akrab sama hidup gue
makanya gue gregori gimanaaa gitu kalo ketemu dokter huhuhuk
and in 29 years living, tersering gue ke dokter adalah the last 2-3 years
dari cek up hamil bulanan, sampe bawa anak-anak imunisasi

i was raised by my mom, yang jarang banget pake obat-obatan pabrik
yang cuma ke dokter untuk imunisasi dan berjiwa setengah dukun
as when i got sick, gue cuma dibiarin istirahat, dibeliin makanan-makanan yang gue suka
ditungguin tidur, sambil dipijetin kakinya

hasilnya not bad banget...
gue lumayan jarang sakit
cuma di opname 1x seumur hidup: waktu induksi melahirkan kinan
dan alhamdulillah ngga pernah rawat inap karena sakit
the worst sickness i had was digigit kelabang di kaki, sampe infeksi dan jalan pincang selama 2 bulan
selebihnya, cuma anemia, demam, masuk anjing, flu, pilek, dan penyakit cupu lainnya
as i recall back to my childhood, gue telah tumbuh sebagai anak bu dukun

and that dukun thing, now called rational use of medicine (RUM)
soal ilmiah teknis nya googling ajadeh ya pembaca yang budiman
gue si cuma bagian cetek nya aja
betapa consideration ini mewarnai cara gue dalam mengasuh anak-anak gue
and how much i'm grateful, to have found dr waldi N spesialis anak
yang mana jiwanya dukun juga

gue ngga akan bilang metode dukun ini cocok untuk setiap orangtua & anak ya
kan cara nurturing nya beda-beda
menurut gue, hal-hal seperti ini sih dikembalikan ke nyamannya orangtua dan anak
karena untuk jalanin metode dukun ini, hatinya harus tenang (dan tega)
nah kalo hati orangtuanya udah panik sama rewel nya anak,
ngga tega ngeliat anak tergolek lemes,
sambil kepikiran setumpuk pekerjaan yang bakalan tertunda
ya sah-sah aja sih untuk segera ke DSA masing-masing

terakhir kali arka panas, gue usahakan tetap tenang & standing by beside him
biarin dia dijemur matahari pagi
gue kasih cairan terus-menerus, dan any kind of food yang dia mau
for the first 3 days, gue cuma monitor & kasih arka obat dukun (postingan menyusul)

di malam ke-2 panas nya sampai 40+ celcius dan ahirnya gue kasih parasetamol
setelah panas nya serta merta menurun, di hari ke-4 dia diare!
gue terusin kasi cairan terus menerus
dia udah ngga mau makan apa-apa
susu pun diencerin banget supaya diare nya ngga makin menjadi
arka rewel gilakkk karena perutnya mules
dan tidurnya putus-putus karena diare nya menyerang once every 5 minutes
ahirnya kita bikinin kaldu kentel untuk asupan energi nya
baru hari ke-7 kita ke dokter

panas nya udah turun, sisa lemes & diare nya aja
and guess what? ngga dikasih obat
advice nya cuma terus dikasih cairan supaya ngga dehidrasi
lemes-lemesan ini bisa berlangsung sampai kurleb 2 minggu
dan resep ultimate nya: "ibu sabar aja ya"
DUWERRR...

emang sih gue ngga tega banget liat arka sakit gitu
i think all parents do
tapi tetep aja gue milih metode setengah dukun ini, dibanding banjiran produk farmasi
maybe i was raised by this method
makanya gue ngga terlalu worry ketika anak-anak kena common cold
which can strike toddler 10 times in a year by the way, sering yah bu?!

Friday, August 12, 2011

random happiness #02

hari: jumat
jam: 4:48
kerjaan: mostly done
kondisi: lemas-lemas bergembira
lemas-lemas karena makan sahur edisi jaim
jadi udah laper sesaat setelah azan subuh
dan bergembira menyambut wiken

this is one of my happiness since i know, in about an hour
i'll be breakfasting with my family!!!
yeayyy! syenang syenang syenang

dan kegembiraan bulan yang baik bukan hanya pas glegeg es teh manis
bukan hanya pahala ibadah yang berlimpah ruah
tapi juga pas alhamdulilah kita bisa makan bareng di meja makan rumah mamah
bisa makan sembari digangguin arka yang ngga selesai-selesai nyolek semua makanan
terus bisa ngobrol ngalor ngidul sambil ngemil
subhanallah

Tuesday, August 9, 2011

different shades of rainbow

Kadang gue heran, ko dibarat sana sering banget adain riset ini itu for children's development

Setelah ternganga sama heidi murkoff (what to expect series) yang berhasil menjawab (hampir) semua pertanyaan bodoh gue tentang pregnancy & nurturing children in their early years, comes this kind of researches yang good to read banget dan relatif singkat untuk dicerna dan diaplikasikan

Then stumbled into this from TIME:
How to help childhood anxiety and depression? Tailor your parenting style. | http://ti.me/pAE6qb

This one's about tailor made parenting for each inddividual kids, on how we should have differennt approach for different child. saya kebetulan sudah beranak dua (tapi aku masih kece loh - apaan sih ti... Kebiasaan out of context deh. grrrkkk) dan sepenuhnya sadar bahwa kedua anak ini pasti berbeda dan sudah barangtentu butuh approach yang berbeda juga.

Every child has their own shade of color, just like the rainbow
hey, I like that sentence.
don't I sound so mature, perfectly sane and wise right now?
*ngupil*

arka: punya ibu-ibu

gue mengajari anak gue bahwa ngga semua benda bisa (dan boleh) dia mainkan

some stuff kaya henfon, laptop, remote tivi (or just about anything pencet-able)
biasanya gue akan bilang "jangan ya mas, ini untuk ibu-ibu"

atau yang membahayakan: stir mobil, steker, kipas angin
gue akan bilang "ini bahaya mas, cuma ibu-ibu yang boleh pegang"

i didn't know it was effective
sampai suatu pagi ketika dia ikut ke kantor
arka udah masuk mobil duluan
the nannys can't help preventing him from sitting on the driver seat
and tried to move the round thing
(walaupun stir nya dikunci, tapi tetep bahahahahahaya yah neik)

when i stepped into the car (on the driver seat), dia ngeliatin gue
then i said
"yuk mas pindah duduk disebelah situ ya. ini kursi setir untuk ibu-ibu, mamah yang disini. kan mau nyetir. nah yang itu untuk anak-anak. untuk mas aka" *nunjuk booster seat nya*

he smiled AND MOVED voluntarily!!!
lalala... ngga ada lagi deh drama rebutan sertir
mulai hari itu, dia mengerti sama konsep "ibu-ibu" yang coba gue ajarin
nari flamenco sangking senengnya

this morning after picking him up from school
arka udah ngantuk & cape kayanya
dan mulai nangis waktu kita pasangin seat belt
lulski coba untuk ngalihin perhatian dia, tapi nangis nya tambah kenceng ceng ceng
sampe keluar air mata cyin! kesel beneran berarti dia
gue stater mobil, dan coba untuk hibur dia dengan ajak ngobrol
ngga ngaruh! air mata tambah deras, isak tangis makin lepas
gue coba pakein kacamata item di muka nya, when he was a baby, he liked it so much

TAPI diantara air mata berderai-derai dan isak-isakan
dia bilang
"ngga mau tatamataaa... itu punya ibu-ibu"

ah... arka *peluk*

Saturday, August 6, 2011

random happiness #01

the other day was one of the heaviest in my working life

that morning, we supposed to present a crucial material to the client
and it was wrecked over simple silly stupid mistakes by our partner
there's nothing i could particularly do about it
so i had a very pissed off client, who tried to keep smiling when i tried to throw some water to the flame

excellence is my middle name when it comes to work
it has been a religion, as far as i'm in client servicing business
and it kills me to see the whole reputation went down
flushed to the toilet, over a silly mistake
as if i could literally kill someone when i walked out the meeting room

to worsen the day, the traffic was cccrrrraaazy
i didn't get the chance to get back to the office after the morning meeting
i went straight to the dinner meeting with a group of people
who i don't really like to hang out with
the food sucked the waiter frowned the place was really smelly and humid
my tummy acted up soon after breakfasting
it was 10 pm when i arrived home
i was literally in the cab the whole day and got a major carsickness

reviewing what i've wrote about keeping everything positive
that keeps away the series of unfortunate events
that night, i didn't hijacked any food delivery motorcycle crew
i sat down and think about how hard that day has been
about what could i've done wrong to deserve this

and came to the conclusion
ah lagi cobaan bulan puasa aja kali
i gotta be strong, no?
why should i feel so bad when i still got a home to come home to
and someone to say goodnight to
i had my night prayer to ease the mind
i kissed the sleeping babies, took long paused silent sigh and sleep

the next day, to my suprise
i got a little hint of positive vibes around me
the vibes that ran up and down my backbone
adding some extra watt to the energy

sahur meal was fun with my husband
kids were arrange-able
had great discussion with office mates
joined my boy playing in the office yard
i also went to see transformer 3 with my babygirls
then came home to a good movie, i got glued to the coutch
watched a romantic comedy, a thriller about stepfather
burst in tears in i am sam, reviewing fashion with sex and the city series
had my sahur meal and laughing hard with drew carrey

the ultimate random happiness that paid it all
took time in the morning
we were in the car on the way to work
i took both kids
arka was sitting next to me with the booster seat

arka: eh ada apa itu? ada anjing tu mamah *pointing at a sitting dog*
me: oh iya... lagi apa ya anjingnya ya, mas?
arka: lagi menum
me: apa? lagi minum?
arka: menenum (when talking to us, he always emphasize the wrongly interpreted word)
me: errr... apa ya? minum ya? anjingnya lagi minum ya?
arka: tenenum
me: termenung? (surprising how he can get such complicated word)
lulu: iya bu, termenung, itu di buku ada gambar anjing lagi diem, saya pernah bacain anjingnya lagi termenung

life always find a way to balance everything, yes?

Monday, August 1, 2011

bulan yang baik

welcoming Ramadhan!!!
cihui deh, udah 2 taun absen pol banget puasanya
gave birth to arka & 2 months pregnant with kinan
alhamdulilah tahun ini masih dikasi umur untuk ikutan puasa
bulan puasa brings a lot (i mean A LOT) of good things for me

dari umur 4 taun, pas mulai-mulai puasa
pulang sekolah sama mobil jemputan, disambut es sirop dingin untuk buka setengah hari

umur-umur SD, mulai puasa penuh
selalu selesai makan pas azan subuh karena gue lama kalo makan
dan suka rewel di blok m karena ngeliat mamang teh botol
tapi ngga boleh buka setengah hari sama mamah
mamah keji huhuhu

umur SMA, puasa ngga puasa
karena suka diajak cabut jam 11 terus dibayarin makan di KFC
terus ditawarin ngeroko sambil minum teh botol dingin pulang sekolah 
syetannn

umur awal 20
setelah zuhur bareng, sama temen-temen kantor tidur berjejer bertiga dibawah meja
ceritanya power nap gitu lohhh

umur pertengahan 20
sahur sendirian, bangun sendiri, masak sendiri, karena emang tinggal sendiri
tiap hari telfonan sama gebetan abis makan, teruuus sambil nunggu azan subuh

sampe sekarang
puasa bareng suami
dan mulai-mulai kasih tau si arka kenapa mamanya ngga mau disuapin kue siang-siang

hati gue selalu ngerasa anget-anget gimanaaa gitu kalo denger azan subuh sahut-sahutan
kalo liat toples-toples kastangel & putri salju
kalo liat orang-orang nunggu bedug dengan hidangan di depan mukanya
tapi ngga boleh dimakan dulu karena belum azan
yang paling aneh, kalo liat orang ngaduk nutrisari di meja makan
i stood by watched my late grandpa preparing himself a glass of nutrisari back then :)
and remembering the roadtrip!!!

dari gue kecil, keluarga gue seneng bener roadtrip naik mobil ke jokja
kadang sampai lebih dari 5 keluarga ikutan konvoi
kampungnya di jokja? atau ada keluarga di jokja?
NGGAK TUH mehehehehe
ada sih makan uyut buyut di purworejo
kalo kesana pun, acara nyekar cuma 1 jam, abis itu lanjut jokja
disana nya sih pretty much ngga ada acara apa-apa selain makan
di jalan banyak berenti untuk solat, jajan, makan
setelah sampe tujuan paling kita jalan-jalan dikit, terus makan
berenang rame-rame, terus makan
kan... ngga penting banget kan objective trip nya!

so, what i'm most delightful about this month is: all the goodness

beberapa tahun kebelakang, i felt like i took Ramadhan for granted
gue sempet menganggap bahwa Ramadhan ini hanya hari-hari biasa lainnya
cume bedanya, kita ngga boleh makan minum berbuat dosa dll
other than that? none
it's just another month of the year

baru keingetan lagi akhir-akhir ini
mungkin sejak gue memutuskan berkerudung ya... hmmm
bahwa waktu itu ngga akan muter mundur
bahwa umur itu cuma Allah yang tahu kapan akan diambil lagi
jadi cuma Allah yang tahu, gue bakal ketemu Ramadhan lagi atau engga tahun depan

bulan Ramadhan mustinya jadi semacam training buat diri gue
supaya bisa lebih "lurus" lagi kejalan yang benar, di 11 bulan kedepan setelah ini
terus gue mulai mikir: berapa kebaikan sih yang udah gue lakukan sampai hari ini?
setelah diitung-itung...
... ah cemen dehhh
kalo diitung pake currency surga, beli peniti aja gakan dapet gua rasa *menunduk malu*