sudah merdeka?

first and foremost: happy birthday indonesia!
semoga kami-kami 
yang masih lurus hatinya, masih murni niatnya, masih banyak tenaga nya
senantiasa kuat untuk mengharumkan namamu. aminnn


lalu kepikiran tentang kata 'merdeka' yang lagi sering banget kedengeran
buat gue, artinya bebas dari sesuatu (yang biasanya ngga ngenakin)


beberapa saat lalu, waktu gue masih SMA
ya okelah... maybe not a short time ago
more like a decade ago or so. haha!!! 
merdeka artinya boleh pergi malem sama temen-temen, 
tanpa terus-terusan denger:
"kak, dimana? mau pulang jam brapa?"
atau "kak, udah jam 10 ni mama ngantuk. udah sampe mana?"
atau "masa sih jam segini macet? ini kan udah malem banget"


then i got the chance, begitu masuk kuliah
i found my way to earn my own money
i got the passport going out of the house. hassle-free!
i finally get to feel my own merdeka


tapi lalu ada 'penjajahan' bentuk lain: duit
karna earning nya ngga banyak, dan duitnya musti dibagi-bagi untuk makan, bensin, fotokopi, dll
jadi pergi-pergi nya juga ngga banyak
then i dreamed about different kind of merdeka


punya duit banyak!
jadi ngga usah bingung-bingung kalo mau beli sepatu baru
ngga usah sedih kalo musti ninggalin mobil dirumah karena ngga bisa beli bensin


Allah yang Maha Baik dengerin doa gue, dan dikabulkan
alhamdulilah gue dikasih kerjaan dengan gaji yang lumayan
gue udah merdeka!
or so i thought.


then came 'penjajahan' dengan kedok senyum manis, saying
"pacarnya mana?"
atau "cantik-cantik kok ngga punya pacar?"
atau "kamu kapan nyusul dilamar"


you might have guessed the rest
abis kawin came "kapan punya anak"
abis punya anak 1 came "kapan arka dikasih adik"
abis punya anak 2 came uang pangkal sekolah yang harga-harganya bikin mata gue menatap nanar 


artinya apa?
buat gue: merdeka yang hakiki tu mungkin kalo udah mati dan MASUK SURGA.
surga nya penting! karna kalo masuk neraka, tetep aja ending nya ngga ngenakin cyiiin


tapi bener loh
selama kita masi napas, life isn't getting easier
but i'm not giving up on that
selama manusia terus berusaha, 
masa Gusti Nu Maha Agung tega-tega amat liat umat nya kesusahan?
i don't think so


as for the beloved nation, sori dori mori deh
menurut gue yang super apatis: kita belum 'merdeka'
apalagi kalo liat suasana sekarang ini (politic wise)
duhhh suram benerrr
temen makan temen
musuh jadi temen
temen jadi musuh
yang salah jadi bener
yang bener jadi salah
riweuh banget, pabaliyeut kitu, ari ceuk sunda mah


mungkin nanti, ya
suatu hari indonesia bisa bener-bener 'merdeka'
mudah-mudahan ngga terlalu lama dari sekarang
indikasinya mungkin kalau suatu saat gue bisa siap-siapin formulir pajak dengan senyum iklas dan hati besar
dimana gue yakin 100% bahwa 'sumbangan' gue ini akan diterima oleh orang-orang yang berhak  


in the mean time, i do think i made the right choice being an enterpreneur
paling ngga bisa bantu-bantu dikit bikin lapangan pekerjaan untuk orang lain
dan mudah-mudahan (terus) terhindar dari godaan makan hak orang lain


mudah-mudahan ya, indonesia
mudah-mudahan cepet dikabulin 'merdeka' nya
i pray for you, i'll try hard for you
meskipun kalo kata pak karno
"perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri."



right or wrong, it's my country
and i still love you full lah *kiss*

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown