Ar: introducing study time

kalau kamu mu mulai puyeng yeng, karena pe er er,
jangan disimpan!
yoshhh, jeritan hati ibu ibu perdana anaknya masuk SD hahahaha.
entah ibuknya parno an, kurikulum yang susah banget, atau anaknya kesantai-an,
atau kumbinasi ya ibuk ibuk, menjadikan pala tambah puyengs kadang kadang.

my son has an issue seperti yang udah pernah diceritain, ketika masuk SD,
umurnya kurang 21 hari. believe it or not, ada pengaruhnya juga sebenernya,
which i rarely admit to anyone but my inner circle.
anak ini masi gede banget jiwa mainnya cing!
walopunnn, walopun ya, alhamdulilah, dari TK B, guru guru udah liat dia bisa catch up,
dan cepet ngerti sama materi ajar.
pun di SD ini pas kemaren rapot semester-an, guru nya malah gak tau kalo umurnya dia kurang,
karena ngga ada incapability yang mencolok banget ternyata. alhamdulilahhh. rada tenang.

tapi kalo ibu model ambi jarang tenang sis hahaha, jangan syedih.
let me tell you a thing or two about introducing study time.
valid the most untuk ibu perdana yang punya anak SD hahaha.

the happily study mind set
my goal, is to actually create some sort of happily-studying environment,
pinginnya sihhh, anak tu gausah disuruh suruh lah kalo belajar, mustinya bisa sadar sendiri,
bahwa "iyasih, gue musti belajar ya"
entah ya, kalo nanti nanti pas remaja pada males bener liat buku pelajaran, yaudah deh.
asal tanggung jawab aja, klo nilai jelek ya monggo...

but for now, my 6 yo, gue & erw coba create suasana belajar yang enak untuk anak anak,
dan biasain kita semua bareng bareng duduk disitu, baca cerita kek, main lego kek,
paling ngga dia terbiasa untuk punya happy time duduk disitu.

the focus
lha ini hahaha, anak laki laki gue modelnya motorik kasar banget,
lari sana lari sini, loncat sana loncat sini.
awalnya gue juga agak bingung, ni gimana ya cara bikin dia fokus kalo belajar dirumah?
hadehhh... *keringetan*
terus kita coba coba beberapa cara, termasuk cara pemaksaan supaya dia fokus.
ternyata yang paling ngaruh untuk bikin dia fokus adalah pake pemanasan.
jadi ketika hampir waktunya belajar, kita sounding dulu. 15 menit lagi kerjain PR ya.
lanjut ke 10 menit, 5 menit, beres beres mainan, keluarkan buku. OK hayuk.

di awal awal, semangat nya tinggi terus all the way homework time,
tapi lama lama, pas pelajaran mulai susah & require kita untuk jelasin dulu,
he becomes impatient. terus fokus nya berantakannn bangettt *lap keringet*
dia pingin cepet cepet selesai & main, tapi PR nya belum selesai dong, orang masih dijelasin sih.
nah udah deh... huru hara.

jadi yang in charge untuk math is obviously bapak erw, yang s1 nya jurusan matikmatika,
terus s2 nya discreet mathematic whatever it is hahaha.
he becomes impatient ngajarin anaknya, dan-anehnya-sebaliknya pun sama!!!
ar becomes impatient juga, karna ko lama amattt ini belajar nyaaahhh, akukan pingin mainnn!!!
*inhale**exhale*
ahirnya solusinya ya pemanasan itu.

selain 15 menit sebelumnya di inform bahwa homework time is coming up,
dalam hal ngajarin dia, juga sama. setel mood dia supaya lagi enak & siap belajar.
PALING SUSAHNYA: setel mood kita sendiri cyinnn! hahaha.
selalu yaaa, sebenernya parenting itu bukan untuk anaknya, tapi mostly untuk orangtuanya.
susah nomor 2 buat diri kita sendiri, sebenernya untuk peliharan positivity.
this is the key, menurut gue.
daripada bilang: ini salah!
coba bilang: mmm, kamu yakin itu jawaban nya? coba itung lagi deh.

nah, kalo udah pulang kantor, udah lodoh, ketemu beginian, agak syulit ya cyinnn!
but yeah, i think 6 bulan punya anak SD ini, this is the best we can go on with.
more to come ya pemirsa! bare with me.
walopun dalam hati, boleh gaksi kamu kecil gemesin aja kaya gini, mas?

kiss and kisses!
ris

Comments

Unknown said…
Huwooooo. Adududuh ngebayangin nantinya gimana udah keringetan duluan. Hehehe... 😅
yuni astutik said…
Haha boleh gak sih kamu kecil aja dan gemesin terus kaya gini wkwkwwk...

Popular posts from this blog

A decade from today

The hardest days of 2012

The bitter-sweet finish line