new comer 101
karena lulski, si suster mungil baik hati mau resign
jadi deh nyonya cari penggantinya
agak merepotkan sebenernya, gonta ganti personil gini
selain ada khawatir: takut ngga cocok, takut ngga klop sama anaknya, takut ngga jujur
yang paling agak malesin buat gue adalah: males musti ngajarin ulang tatacara dirumah
but, fear not ibu ibu manis yang budiman!
ini gue sharing aja, yapan ini blog gua yakkk...
here's new comer 101
jadi ngga usah bingung kalo ada new comer, langsung aja pegangpecut list ini
1. asal muwasal
ini penting penting engga sih
gue ngga SARA juga dalam memilih staff
tapi good to know banget latar belakang mereka
orangtuanya masih ada atau engga
berapa tanggungan yang jadi beban dia di kampung nya
ini juga jadi cara gue untuk tau: buat apa sih kamu kerja?
dari pengalaman, younger staff lebih gampang teralih perhatiannya saat kerja
karena mereka ngga ada tanggungan
uang gaji 100% dipake untuk beli bedak, legging, nyatok rambut, nonton inbox, main ke blok m etcetera
kerja nya males malesan karena biasanya belum pernah kerja sebelumnya
jadi image kota besar di kepala mereka adalah sama yang sering tampil di TV
keren, senang, enak, bergelimang materi
dari pengalaman juga, yang kaya gini gini nih, umurnya cuma sejagung aja
karena pada ahirnya mereka males untuk catch up sama kerjaan yang jadi job desk nya
dan kita sebagai employer jadi esmoni karna kerjaan ngga kelar kelar
lain dengan mereka yang ada tanggungan
biasanya nih, biasanya loh ya... ngga selalu
mereka ini kerjanya jauh lebih niat
apa apa yang kita bebankan ke dia, dilakuin dengan baik
kalopun ada yang ganjel, biasanya ngga major
dan solve-able banget
2. your job description
karena aku neat freak, jadi ada semacam to do list di rumah gue
kalo buat pengasuh anak anak, ngga terlalu banyak printilan yang periodic
karena basically para pengasuh stenbey 24/7
jadi to do nya juga disesuaikan dengan kegiatan sehari hari anak aja
paling notes nya adalah tentang kebiasaan-kebiasaan yang udah gue terapkan untuk anak anak
kaya misalnya:
kalo mas arka lari lari, biarin aja. diperhatikan, dan diingatkan untuk hati hati
kalo kinan nangis di carseat, biarin dulu 5 menit. karena dia sudah mau 6 bulan, saatnya belajar duduk di carseat
nah, on the housekeeping
aku bagaikan ratukeji titi teliti
kerjaan kerjaan rumah dibagi berdasarkan lokasi dan di kros sama timeline
gila kan gue?!?! hahahaha
lokasi tu diurut dari garasi
lalu teras
ruang tivi
ruang makan
dapur depan
dapur belakang, dan lain lain lain
lalu lantai dua, dan lain lain lain
terus timeline itu dibagi dari
daily
once every two weeks
once every month
special occasion
nah kalo butuh contohnya, leave a message aja kaliye
kepanjangan disini
gak ada yang butuh juga gitu loh ti... uhuk huk huk
3. dos and donts
ini penting sungguh sangat
pertama yang selalu gue tekankan adalah:
jujur.
kalo ada apa apa bilang sama saya, kalo anak kejedot, mainan rusak, piring pecah.
bilang. ngga usah takut
kalo bukan milik kamu, ya jangan diambil
jangan membuat suasana kerja jadi ngga enak diantara para staff lain
bawel abis gue... uhuk
kerja gotong royong dengan staf lain
fokus sama kerjaan. specifically as in tidak mainan henfon saat kerja
kalau kerjaan sudah beres, silakan me time
main henfon, jalan jalan, nonton tv, tidur. si.lah.kannn
wake up time is 5 am. tanpa kompromi
kenapa? karena keluarga gue bangun jam segitu
tapi anak anak kan teler waktu magrib, so i guess it's fair enough for them
sleeping time is bebas
kalaupun doski begadang, tetep aja bangun mah jam 5
untuk pengasuh, gue suka kasih waktu mereka untuk napping juga ketika anak anak tidur
soal minor minor lain sih biasanya gue lumayan toleran
kalo beberapa kerjaan dia ngga sesuai sama yang gue mau
gue pasti kasi pengarahan
tsaileee... macam P4 gituyeee
dan gue toleransi 3 bulan lah untuk mereka adapt juga sama cara cara keluarga gue
jadi selama new comer nya emang niat kerja, hayuk lah mari saya bina
dan biasanya keliatan kok kalo dia nya emang ngga niat kerja
then it's time to let go
okeh ibu ibu bapa bapa, selamat jadi pengarah yah
jadi deh nyonya cari penggantinya
agak merepotkan sebenernya, gonta ganti personil gini
selain ada khawatir: takut ngga cocok, takut ngga klop sama anaknya, takut ngga jujur
yang paling agak malesin buat gue adalah: males musti ngajarin ulang tatacara dirumah
but, fear not ibu ibu manis yang budiman!
ini gue sharing aja, yapan ini blog gua yakkk...
here's new comer 101
jadi ngga usah bingung kalo ada new comer, langsung aja pegang
1. asal muwasal
ini penting penting engga sih
gue ngga SARA juga dalam memilih staff
tapi good to know banget latar belakang mereka
orangtuanya masih ada atau engga
berapa tanggungan yang jadi beban dia di kampung nya
ini juga jadi cara gue untuk tau: buat apa sih kamu kerja?
dari pengalaman, younger staff lebih gampang teralih perhatiannya saat kerja
karena mereka ngga ada tanggungan
uang gaji 100% dipake untuk beli bedak, legging, nyatok rambut, nonton inbox, main ke blok m etcetera
kerja nya males malesan karena biasanya belum pernah kerja sebelumnya
jadi image kota besar di kepala mereka adalah sama yang sering tampil di TV
keren, senang, enak, bergelimang materi
dari pengalaman juga, yang kaya gini gini nih, umurnya cuma sejagung aja
karena pada ahirnya mereka males untuk catch up sama kerjaan yang jadi job desk nya
dan kita sebagai employer jadi esmoni karna kerjaan ngga kelar kelar
lain dengan mereka yang ada tanggungan
biasanya nih, biasanya loh ya... ngga selalu
mereka ini kerjanya jauh lebih niat
apa apa yang kita bebankan ke dia, dilakuin dengan baik
kalopun ada yang ganjel, biasanya ngga major
dan solve-able banget
2. your job description
karena aku neat freak, jadi ada semacam to do list di rumah gue
kalo buat pengasuh anak anak, ngga terlalu banyak printilan yang periodic
karena basically para pengasuh stenbey 24/7
jadi to do nya juga disesuaikan dengan kegiatan sehari hari anak aja
paling notes nya adalah tentang kebiasaan-kebiasaan yang udah gue terapkan untuk anak anak
kaya misalnya:
kalo mas arka lari lari, biarin aja. diperhatikan, dan diingatkan untuk hati hati
kalo kinan nangis di carseat, biarin dulu 5 menit. karena dia sudah mau 6 bulan, saatnya belajar duduk di carseat
nah, on the housekeeping
aku bagaikan ratu
kerjaan kerjaan rumah dibagi berdasarkan lokasi dan di kros sama timeline
gila kan gue?!?! hahahaha
lokasi tu diurut dari garasi
lalu teras
ruang tivi
ruang makan
dapur depan
dapur belakang, dan lain lain lain
lalu lantai dua, dan lain lain lain
terus timeline itu dibagi dari
daily
once every two weeks
once every month
special occasion
nah kalo butuh contohnya, leave a message aja kaliye
kepanjangan disini
gak ada yang butuh juga gitu loh ti... uhuk huk huk
3. dos and donts
ini penting sungguh sangat
pertama yang selalu gue tekankan adalah:
jujur.
kalo ada apa apa bilang sama saya, kalo anak kejedot, mainan rusak, piring pecah.
bilang. ngga usah takut
kalo bukan milik kamu, ya jangan diambil
jangan membuat suasana kerja jadi ngga enak diantara para staff lain
bawel abis gue... uhuk
kerja gotong royong dengan staf lain
fokus sama kerjaan. specifically as in tidak mainan henfon saat kerja
kalau kerjaan sudah beres, silakan me time
main henfon, jalan jalan, nonton tv, tidur. si.lah.kannn
wake up time is 5 am. tanpa kompromi
kenapa? karena keluarga gue bangun jam segitu
tapi anak anak kan teler waktu magrib, so i guess it's fair enough for them
sleeping time is bebas
kalaupun doski begadang, tetep aja bangun mah jam 5
untuk pengasuh, gue suka kasih waktu mereka untuk napping juga ketika anak anak tidur
soal minor minor lain sih biasanya gue lumayan toleran
kalo beberapa kerjaan dia ngga sesuai sama yang gue mau
gue pasti kasi pengarahan
tsaileee... macam P4 gituyeee
dan gue toleransi 3 bulan lah untuk mereka adapt juga sama cara cara keluarga gue
jadi selama new comer nya emang niat kerja, hayuk lah mari saya bina
dan biasanya keliatan kok kalo dia nya emang ngga niat kerja
then it's time to let go
okeh ibu ibu bapa bapa, selamat jadi pengarah yah
Comments
Boleh diemail ke manapipina@gmail ya.....
Tx a lot....