Hypno hippo

kemarin denger radio, there's this lady who's apparently a certified hypnotherapist.
i like her points about: what you're going to become is programmed in your mind.
which is so true!
dari kecil banget, kebetulan bapak ibu gue penganut hypno hypnoan ini.
berhubung jaman 80an belum ada teori teori an gini, maka kita sebut aja KW nya.
hyppo hyppo an.
badak cyin? eym...
tuwak amat situ cyin, idupnya di awal taun 80an? 
eym... ssshhh! udah diem ah, mau cerita nih. 

jadi.
di jaman hyppo itu, i was taught that, if i really want something, picture it.
picture it well, work hard towards it, and pray.
udah... sounds like an A-B-C ya pah *papah manggut manggut*
tapi papah boong... susah loh ternyata!
the very first time, seinget gue, 
waktu SD, karena gue masuk kelas yang anaknya pinter pinter semua,
gue gak pernah juara kelas. idih, kayaknya masuk 10 besar aja udah hebat banget. 
so there was my goal: gue pingin jadi juara kelas.
papah meng-hyppo kan aku.

terus kesampean ngga?
baru juara kelasnya pas SMP. hahaha... 3 years later.
itupun karena disekelasin sama anak anak yang kurang seneng belajar bukan begok ya...
sehingga gue 6 kali berturut turut rengking 1.
but however, mission accomplished.
jadi juara kelas itu, karena usaha gue? atau karena keadaan?
now that i'm an adult with conscious mind jiyehhh...
i think it was both.

so my adult mind came over these notes:
untuk achieve apapun itu, punya tujuan adalah penting.
ya kalo engga aku seperti teh nike ardilla & nelayan yang kehilangan arah dong.
berusaha adalah wajib, because the only thing falls from the sky is rain. and bird poo.
berdoa adalah harus.
Allah is simply loaded with love. and like a best friend, 
dia sangat sayang sama kita & ngga akan biarin kita kenapa kenapa if something bad ever happen.

terahir, that picture in your mind.
whatever you're dreaming of, picture it, and picture it well.
gue, waktu SD pingin juara kelas,
waktu SMP pingin punya mobil supaya ngga usah naik angkot & terjebak tawuran,
waktu SMA pingin jadi abnon soalnya kayanya gampang dapet cowo. padahal boro boro,
waktu kuliah pingin kerja pake high heels. padahal ternyata pegel bener,
waktu udah kerja pingin punya usaha sendiridan sekarang pingin lulus MBA.
semuanya dateng dari dalem kepala gue.

i picture it. dengan kekuatan bulan izin Allah, dikabulin.
and for all the achievements, i thanked papah & mamah for hyppo-ing me.
although they have no idea about penemu teori hypno,
atau rhonda byrne penulis the secret.
on early 80s, they've done a hyppo and embedded that mechanism in my head.
standing ovation dulu. 

terus terus, udah berhasil meng hyppo-kan apa?
mmmh, untuk arka, gue udah coba beberapa kali sesi "mas makan nya pinter, makan nya cepet",
petunjuknya udah gue jalanin juga, sambil elus elus, suara rendah, keadaan tenang,
but it doesnt work atau gue kurang usaha?
anaknya akan makan dengan cepat kalau laper,
dan makan dengan dikemut kalo abis ngemil biskuit setengah toples.
bahhh. gagal.

setelah beberapa sesi sesi yang cuma berbuah tangan kesemutan karena ketindihan bocah tidur,
gue analyze, apa yang salah.
ternyata picture nya berubah rubah di kepala gue.
pas gue praktekin si hypno ini, dengan sugesti positif,
di kepala gue berlarian sejuta ribu gambar lain tentang harapan gue kepada arka.
dari yang simpel simpel kayak poop di kloset, sampe yang ribet kayak lulus sarjana.
terus kebayang perjalanan idup dia yang seumur jagung ini,
sungguh... ngga bisa gue membendung gambar gambar indah tentang anak ini.
ngalirrr kaya bengawan solo.
makanya ngga konsen lagi sama doktrin "mas makan nya pinter".

mesin printernya jadi bingung, disuruh print image yang mana.
kompas di dalam hati ikut bingung, ini arahnya kemana.
Allah juga bingung mau ngabulin yang mana.
not that The Almighty is literally "bingung" kayak galau manusia gitu ya...

sampai hari ini, gue yakin, hal hal kaya ini yang suka bikin impian  kandas.
kadang kadang gue terlalu banyak request, terus cluttered sendiri.
ribet, riweuh, rumit.
picture yang tadinya simpel ditempelin banyak banget modifikasi,
sampe ahirnya beda jauh sama yang awal.
kalo udah banyak spek, banyak pertimbangan, banyak masukan,
kitanya jadi goyah ngga fokus.

ter gres terahir gue ber hypno adalah waktu ujian akuntansi managerial kemarin.
entah pelajaran yang terlalu advance buat gue,
entah gue udah ngeri duluan & demotivated,
yang jelas 24 jam sebelum ujian, i still had no idea what this is about.
parahhh...
untung temen kampusnya baik baik & manis manis banget.
gue beberapa kali diajarin sama beberapa orang,
dan baru agak cerah sekitar 3 jam sebelum waktu ujian.

di awal, i had a picture that i succeeded studying for exam dan lancar jaya kerjain ujiannya.
terus picture nya terganggu, karena gue teralih dengan picture lain.
gue pingin cepet selesai ujian, terus pijet cantik, terus santai & tidur.
terus berkembang lagi, gue pingin cepet cepet wiken, pingin main sama anak anak.
see what i mean?
i totally got distracted & lost my focus on the exam.

setelah ngumpulin kertas ujian, gue pingin nangis aja rasanya.
sebenernya sih gak susah, apa yang ditanyain sebenernya udah kita bahas rame rame.
but i lost my focus, that i was not sure about what i wrote on the paper.
i had another pictures piling up, nutupin picture gue yang sukses ngerjain ujian.
not that i want it less badly, not that i didn't try to study, i did.
tapi gue gak fokus. 
jadi...
yah...
begitulah nasip managerial accountingku...

and of course, like any advices in the world,
it's always easier to speak or write.
kalo ajaaa ada doc brown yang bisa bawa gue ke 24 jam sebelum waktu ujian,
i shall convince myself to stay focus on the exam and not the addictive meja pijet!

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown