to not 'dress-like-a-wife'

tempo hari sekitar jam 8 malem waktu break kelas,
temen gue nanya: kalo udah nikah perlu nggak si jaga penampilan sehari hari?
jawaban gue: tergantung pasangannya. hahaha... sungguh normatif jawabannya.
kalo belio oke oke sajah dengan tampilan yang selalu daster bolong bolong & rambut uwel uwel,
ya ngga apa apa.

then looking to our marriage life, 
gue sendiri sebenernya lumayan pemerhati penampilan.
dalam arti, i gave a damn about how i look in public.
i browse about the latest trend, i like fashion watching.
i figure out colors that work on me, what cutting works for my body shape.
not necessarily following the trend, i need good sources to mix and match things.
jadi gak gampang bosen sama isi lemari.

sehari hari, gak tiba tiba pake flats baru keluaran LV juga sih. 
nguimpiii *diselepet serbet sama timbul srimulat*
i find the urge to fit in to the occasion, the weather and the practicality.
terutama dengan rencana: akan bawa anak anak atau engga.
with kids, high heels and layer-y outfit is a no not.
kaki bisa gemfor pake hak tinggi sambil gendong-kejar-suapin anak.
and layer-y outfit gampang bikin sumuk ketika gue musti gendong-kejar-suapin mereka.

berhubung kerjaan gue gak require pakai baju formal setiap hari,
maka kostum kantor pada hari hari non meeting adalah sama dengan kostum weekend.
kalo dulu, pas wiken masih ada tu baju seksoy seksoy ala mamah muda.
and now that i put the hijab on, kostumnya kurang lebih sama.

i found it delightful to dress up for erw. 
he's always easy to be pleased when it comes to appearance.
gue ngga inget dia pernah komplen liat pilihan pakaian gue.
in the other hand, i keep fashion effortless for myself.
kalo liat pergeseran gaya di lemari, sekarang semuanya very easy-to-use & care.
ngga ada lagi blus dengan ornamen unik, ngga ada lagi baju dengan bahan satin,
yang fancy fancy gitu diganti sama piles of cardigans, loose outer, decent t shirts, simple blouses.
semua yang dijamin aman kalo dicuci non laundry/ dry cleaning.

and my husband? he's a monolithic style. 
seragam dia diluar jam kerja adalah kaos batman dan celana cargo.
udah lumayan sekarang kaosnya warna warni & celana nya berbeda warna.
kalo dirumah? seragam gue ya kaos oblong sama celana piama.
paling banter daster batik.
meanwhile for erw, hanya dan hanya kaos oblong putih dan celana pendek katun.
that's it. 

lucu juga si temen gue yang single itu nanya begitu.
dan setelah dipikir pikir, bener juga bahwa setelah kawin, derajat gue bersolek agak menurun.
kalo ada yang namanya dress to impress, kejadian banget pas dulu gue single, on my 25s.
kalo mau pergi ke ruang publik, tampilll deh, yang polll... 
skalian nyari jodoh ceuuu. uhukkk...

kalo sekarang, jauhhh lebih fungsional.
mottonya: yang penting di tempat tujuan jangan sampe keribetan sendiri.
ngga usah terlalu kinclong gak apa apa.
yang penting gak malu maluin kalo jalan disamping suami & anak anak.
dan kalo liat liat ke ranah yang lebih luas, kayanya emang bener ya.
once a mother or a wife, perempuan suka merasa udah laku.
makanya derajat kecentilannya menurun.

dulu pernah liat ada razia fashion di acara oprah.
beberapa perempuan yang terjerat adalah ibu rumah tangga.
and they're famous for the mommy jeans.
dulu pas nonton kan gue masih single dan kece.
jadi gue ngakak ngakak aja, pas liat si ibu ibu itu dipaksa buang jeans nya.
terus digantiins ama boot legged jeans.
dikasih baju yang sesuai bentuk tubuh, rambut dipotong sama orang salon, didandanin.
and they looked pretty!
suaminya suka ada yang sampe terharu gitu di bangku penonton.

dalam hati gue mikir, oh ksian amat perempuan ini...
mungkin dia ni sibuk banget sampe ngga ada waktu ngurusin dirinya sendiri.
personal grooming has carried away with her pre-pregnancy body.
kayanya abis beranak, many house chores, badan jadi gendud, 
terus yaudah... nyerah aja.
sambil lambai lambai bendera bertuliskan: lha pan aye udah laku, sebodo amattt.

deeper in my heart, gue cuma...
ah sayang banget kalo cuma gara gara ngga ada waktu, jadi bluwek gitu.
kesian dong suaminya, udah cape cape kerja, 
dirumah disambut sama yang kurang sedep dipandang mata.
dalam hati gue berniat, wahhh...
mudah mudahan pas gue nikah nanti, bisa selalu jaga penampilan.
nggausah yang terlalu terlalu, muka yang mulus, kulit halus, rambut teratur aja.

kenyataan?
yahhh... so far i managed manicure-pedicure session once every 2 months max.
going to the skin doctor to get the facial treatment,
waxing, hair cutting, nail polishing, ditched any of ripped clothes out the drawer.
rasanya cukup ya... dan mister erw juga tiada komplen...
well, actually. he doesnt say anything.
karena tiap mau kencan & gue dandan agak pol, gue nanya: aku cantik ngga?
dia jawab: cantik.
tapi ketika kita mau nge gym pagi pagi & gue belum mandi, over the same question,
dia jawab: cantik.
BIGIMANEEE...

well anyway, ketika kemarin browsing huffpost
which title i stole for this post...
gue langsung inget sama tayangan mommy jeans di oprah.
and how miranda twisted out that thought immediately.

busananya sih sederhana:
blouse, pants and shoes.
tapi ini miranda, sheer blouse with presumably no bra
perfectly fitted pants and nude pumps. she pulls it. good work mir sok ikrib.
ini penampakannya. yang iri... ngacuuung!

bentji aku padamu jeung. cakep bener situuu! huh.

ya meskipun suami kita bukan orlando, dan ndak mungkin kita nyaingin victoria secret's angel.
however, men are visually driven being katanyah...
i guess it's worth it to please the husband's eyes by caring a little about ourselves.
becul ibuk ibuk yang budiman???  
diposting setelah nyambel terasi buat makan siang.

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown