arka: his birth story

[as emailed to Mrs SG, the proud mother of little miss FA]
dear S,

ini crita dirikuuuu melahirkan si arkaboi hihihi. maap yaa kalo kepanjangan wkwkwkwk

hypnobirthing intinya sih, menurut gue: kekuatan sugesti diri sendiri
bener banget mirip buku the secret!!
dimana bumil harus bisa men-sugestikan diri sendiri bahwa "everything's gonna be alright" lancar jaya, sehat sempurna (amin)
bahwa sakit yg dirasa ini hanya sementara aja, akan hilang begitu bayi lahir and so on and so forth

dari pengalaman pribadi, metode ini sangat useful buat gua
klo dipikir2, melahirkan ya memang sakit (apalagi mules nya, haduhhh tobat gueee!!!)
tapi hey, dari jaman siti hawa juga semua perempuan melahirkan dengan cara ini YATOHHH
apalagi dulu dia cuma 
 dibawah pohon dipadang pasir, berduaan aja sama adam yang mana ngga ngerti juga caranya ngelahirin
nah, so we need be sure that we CAN DO THIS too. semangattt!!!
yg penting, pas di hari H: rileks.

di hypnobirthing ini diajarin ko, cara2 rileks nya.
klo lo pernah ikut yoga malah lebih gampang lagi.
soalnya caranya sama persis kaya pas kita mulai/selesai yoga,
hanya saja pada yoga, di kombinasi sama napas panjang2 (seperti yg diajarkan saat senam hamil, untuk bekel mengejan)

sering2 latian relaksasi aja... supaya pikiran kita bisa langsung disetel untuk rileks & kita bisa lebih santai waktu kontraksi pembukaan
kalo gue dulu suka latihan rileks setelah sholat, atau sebelum tidur, setelah bangun tidur, saat mau berangkat kerja
pokoknya dimana posisi sedang enak langsung deh gue praktek latihan rileks: badan dilemaskan, pikiran dialihkan ke hal2 yang happy, tarik nafas panjang2 teratur...
terus begitu minimal 15 menit (klo lebih lama biasanya gue malah ngantuk hehehe)

kalo anak pertama katanya sih lebih lama & sulit, karna blm ada jalur kelahiran. tapi jangan sedih!!! you're not the first one, insya allah bisa!!! *ala M150 hihiihi
gue sendiri alhamdulilah dari bukaan 1: setelah magrib, terus naik teratur sampe brojol jam setengah 12

jadi pas hari jumat itu, jam 4 pagi gue udh ngerasa kontraksi teratur.
secara makin hamil tua, tidur makin susah yaaa... jadi makin gampang kebangun & ngerasain every of his move ahuahu
udah gitu gue lngsung ke RSPI. soalnya ktanya kan musti ke rumahsakit kalo either: (1) ada flek darah (2) ketuban pecah (3) kontraksi rutin
sebenernya sih gue baru yang paling cupu, nomer (3) tapi emang gue nya udah feeling bakalan lahiran soon, ahirnya kita berangkat deh

disana langsung diobservasi pake alat perekam gitu selama setengah jam.
hasilnya: DISURUH PULANG LAGI. wakwawww... hahahahhaa, gue ktawa ketiwi sendiri deh sama suami gua. malu deeeh sama bidan2
yaudah deh, kita pulang... leyeh2an, makan siang, tidur2an... sambil kontraksi nya terus2an tambah berasa
seharian gue ngobrol sama arka to be: we're a great tim ya sayang, ayo nak, semangat, yang pinter yaaa cari jalan nya. ibu tunggu kamu disini, ayah juga, semua pingin ketemu kamu

pas bangun tidur sore, gue udah ngerasa makin sering banget kontraksi nya, gue pake jam terus utk hitung berapa menit, pas udah sampe 5 menit sekali, kita mau ke RSPI lagi.
niatnya sih cuma iseng2 cek lagi aja, sambil ketawa2 "palingan disuruh pulang lagi hahahaha"
kita santai2, solat dulu *just in case gue meninggal, at least gue udah solat huhuhu*
kita langsung berangkat RSPI
taunya pas sampe sana, emang belum ada flek darah, tapi udah bukaan 1. lalala...
gue ngga boleh pulang & disuruh tunggu.
dalam hati "this is it!!!"

2 jam pertama gue masih santai sumantai, suami gue nemenin, sambil ngobrol2 terus planning-in lah
nnti ingetin gue jangan teriak, ingetin gue zikir, sms-in orang2, dll dll...
sepanjang 2 jam itu, ada 2 calon ibu yg juga masuk ke ruangan itu. dan dua2nya end up nangis2 minta sesar karena nggakuat sakitnya
daaaaaan... ada satu calon ibu... doi teriak2 bok... yaelah, *dalam hati* GUE JUGA JIPER INIIIHHHHHH, EMANG LO DOANG?!!!


tapi gue tahanin aja
gila efek psikologis nya bener2 bikin drop loh. asli!!! gue langsung bertekad (selain udah diingetin sama dokter: jangan teriak karena bisa ngabisin energi)
GUE NGGA AKAN TERIAK2! AMIN.

anyway, keadaan mulai ngga santai pas masuk setengah 10.
bokap nyokap gue dateng, nemenin, jadi ada 3 orang yg nemenin gue...
nahhhh disitulah *JENG JENG JEEENG*
rasanya pingin sembah sujud sama nyokap!!! minta maaf, minta ampuuun!!! *jadi terharu nih gue, berkaca2*
ya allah.. gini toh rasa sakitnya.. ya allah ampunilah gue yg sering banget bandel sama nyokap

anyway, dari situ gue mulai berasa lemes, karena BELUM MAKAN *BODOH BODOH BODOH
jadi nyokap langsung paksain gue makan, minum susu, walopun gue udah nolak2 karena ngga kepingin yaaa... boro deh kepikiran
terus gue sempet ke wc, pipis, yang dimana udah ada flek darah *kaya mens, asli kaya mens dengan 100x lipat mules hehehe*


gue agak2 parno liat darah, ditambah masi lemes krn energi dari makanan belum dicerna.
yang ada gue kaya orang mabok di wc. setenga tidur, setengah nahan sakit, ngga jelas!!!!
suami gue panik, panggil2 bidan. terus bidannya goyang2in badan gue: ibu ngantuk? apa lemes? apa mabok?
yaelah... komedi banget... tapi asli kondisi gue lemes gitu!!! ahuahauhu
terus gue dipapah ke bed lagi, lanjutin bukaan

lanjut deh, tiap mulesnya dateng, gue zikir sama suami gue, sama nyokap
klo mulesnya pergi, gue paksa makan/ngemil/minum susu, anything yg bisa masuk perut gue
gue selalu tarik napas panjang2, coba untuk rileks dan ngga teriak hahahahahhaha
bokap gue pijet2in kaki gue yg dingin & tegang sambil ingetin untuk let loose-in badan gue. untuk lemesin otot2, nikmatin aja gelombang mules nya

jujur, ada 1 saat gue bisik ke nyokap gue ngga kuat: minta sesar juga hahahahaha cemen suremennnnn
tapi nyokap kuatin gue, kamu bisa, lilaahi ta'ala... insya allah kuat. OH I LOVE YOU MOM!!!!

jam 11 diperiksa bidan, bukaan udah lengkap!!! dan ketuban gue pecah
HOREEE... tenaga gue makin kuat karena energi makanan udh dicerna
gue jadi semangat banget knowing i'll see him soon
gue didorong ke ruang bersalin terus disiapin untuk the IT thing hahahhaha
nah, pas disitu ada rasa pengen ngeden banget *i've read it so i know bahwa harus ditahan*
dan dokternya belum dateng WAKWAWWWWWW sialan... tapi ngga lama sih
kira2 5 kali gue nahan pengedenan itu lah... dokter dateng langsung siap2 dll

terus gue disiapin ke posisi, nyokap & erwin stand by
ditanya bidan: ibu pernah senam hamil? udah diajarin ngeden?
gue: eer... senam nya pernah 1x, terus belum diajarin ngeden
bidan: yahh, ibu..
gue: *waduhhh?!?!?!?!?!? mampus gue*
bidan: yaudah.. jadi gini ya bu.. bla bla bla bla
for a second gue amat lemot karena harus segera mencerna omongan dia & ngga boleh salah praktek nya!!! huhuhu tegang

ahirnya gue diajarin cara nyangkutin tangan di lutut dll, dokter stand by, perineum dirobek (asli ngga kerasa kalah sama mulesnyahh!!!!)
dan disuru ngeden pas mules nya dateng
ngeden pertama, salah posisi *bodoh* bahu gue jadi ngga enak gitu rasanya huhuhu
ngeden kedua: nafasnya kurang panjang, mules nya ilang
ngeden ketiga: baby langsung brojol, dia nangis

huhu, i was like: "udah nih?!"
arka diselimutin terus ditaro di dada gue niatnya IMD
gue masih : "udahan? beneran? is this my son?" aneh-seneng-lucu-terharu gitu lah rasanya
tpi nggatau kenapa, kayanya kedinginan ngga lama, kata bidan nafasnya kok terengah2
ahirnya dibawa observasi, setengah jam kemudian, dimasukin NICU oh well that's a different story yes

tapi gue? PENGEN SENYUM EAR TO EAR hihihihi... alhamdulilah seneng banget
pas udah sampe kamar untuk istirahat & ditinggalin orang2, gue ngga berenti bilang alhamdulilah
besok pagi nya, gue udah bisa mandi, sore nya bisa jalan2 & ikut kelas belajar merawat bayi *walopun nyeri2 dikit
on the 6th day udah bisa pake clana jins hahahahha

aaanyway, all the best ya sher, apalagi klo elo orangnya santai, insya allah no big deal lah
mudah2an elo lebih lancar jaya lagi yaaa prosesnya
one thing for sure: hamil itu ngangenin!!! hihihihi

cheers,
--
risti 




[the 5 minutes old arkananta]

Comments

Nita said…
menitik.. menitikk...! aku menuntut email dan doa yang sama!

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA