the pause button

how i survive...
raising two kids
building my own business
and homemaking

dedicated to ibu ibu bekerja yang beranak
dan beranak yang bekerja
atau bekerja tapi tidak beranak
ah ya... dan seterusnya ya pembaca yang budiman

kadang kadang gue tu suka percaya ngga percaya
bahwa gue lumayan berhasil melakukan multitasking secanggih itu sehari hari
mungkin karena gue insist bahwa gue harus mengusahakan hidup yang balanced

mungkin juga karena waktu kecil gue melototin cover femina
gambar almh tuti indra malaon bertangan banyak kaya dewa siwa
masing masing pegang anak, buku, panci, dan lain lain
yang nancep banget di kepala gue yang kecil itu
adalah bahwa begitulah seharusnya perempuan
sadeeesss! Bukanya baca donal bebek aje
*toyor pala sendiri*


and then, at the end mungkin bawaan high achiever digabung control freak-ish
dan perfeksionis gilakkk

pernah liat ngga di parkiran mal, 
mobil yang bolak balik maju mundur benerin parkir?
it's probably my car. mihihihi
bukan karna ngga jago parkir mundur loh...
sekali dapet kok biasanya
tapi gue suka bolak balik maju mundur supaya jarak pintu kanan dan kiri sama
perfect. balanced. adil
jadi the supir nor the penumpang ngga ada yang kesusahan pas keluar mobil
balanced, kan?

SEHINGGA gue lebih seneng put my both hands dirty on the job

the three big chunks of my life covers some shiny stuff,
seperti dandan keren untuk meeting sama GM dari international hotel

some proudness on self-achievement,
seperti berhasil menggaji pegawai tiap tanggal 25

some regular soccer mommy thingy,
seperti anterin arka sekolah dan haha hihi sama ibu ibu manis yang nungguin anaknya
atau bacain kinan buku cerita

some fun self-sufficiency,
seperti berhasil masak ayam bacem resep mertua

and some not-so-fun housework
seperti ngosek WC bekas pupi anak yang mbleber mbleber
dan pasang racun tikus diseputar rumah

dan karna gue adalah manusiya biyasa
pastidooong ada down moment nya
pasti sedih kalo lagi berantem sama klien
pasti tegang kalo duit project belum cair dari klien
pasti capekkk karna kinan rewel, arka ngga mau makan
pasti kesel kalo tumisan angus
pasti mau murrrkaaa kalo pulang kerumah dan lantai ngeres kotor karna belum dipel

for me, it's time to push the pause button

manusia tu bukan mesin
eh even mesin aja ada moment turun mesin loh
we deserve a break

what i did was simple
i put everything behind, make sure everything will be well-handled
lalu pergi me-time
ngga sering juga sih sebenernya... 1-2 times a month
durasinya juga bisa 20 menit aja

like going out to movie with erwin
meni pedi sambil kunyah burger biar ngirit waktu makan siang
go out to lunch with friends
duduk di kursi pijet ambil power nap

no it doesn't sound selfish
karena perempuan itu tugasnya banyakkk loh jeung

misalnya, nomer 1
jadi ibu tugasnya memberi ketenangan
liat aja anak kucing, pasti seneng kalo ngusel ngusel ibu kucing
i'd like to be that kind of creature yang keteknya selalu anget untuk ditempelin anak anaknya

nomer 2
jadi dermaga tempat berlabuh bagi si kapal... suaminya maksudnya
kalo si papi lagi suntuk di kantor, ya masa si mami cemberutin juga dirumah?
yang ada si mami pijetin, sok sok manis tenangin hati si papi
walopun si papi reaksinya datar banget
yang ini curhattt

belom lagi tugas tugas sosial di dunia kerja, dunia ini, dunia itu, nomer 3-4-5 sampe nomer 67,236,982,364

jadi ngga apa apa banget untuk push the pause button
but when you do, please be focus!
intinya gini, jangan sampe udah ninggal ninggalin kerjaan
titip titipin anak kemana mana
terus pergi
tapi pas balik ngga hepi juga
ya percuminnn manisss

the pause button is meant to refresh
kalo ngga refresh abis pencet button, agak bahaya yaaa
bisa bisa pikiran tambah pusing, hati tambah kalut
paling bahaya and when that happen to a mother
ohhh, dijamin itu bocah langsung pada ikutan rungsing
kalut, kompak ikutan sama maknya
kalo udah gini, nanny 911 juga angkat tangan nyerah gua rasa
eh lagian, suka ada kan nanny 911 yang malah nasehatin ortunya, 
instead of taking care of the children... there's my point

nah kalo nanny yang hebring terlihat dapat mengendalikan segala situasi
itu sebenernya karna hatinya juga tenang
kalo boleh jujur, pas kita tanya gimana caranya mereka bisa flawlessly handling anak
mereka pasti pingin bilang:

ya ini juga saya tahan tahanin, saya kan kerja bu.
ya menurut ebooo??? emang enak disuru begadang tiap hari???
ngejar ngejarin dia lari sampe pinggang pegel
gantiin pupi anak orang, cuciin bajunya... me-hhh
saya mah kalo boleh milih juga maunya di kampung aja, nontonin cinta pitri

makanya gue suka iseng kasih libur dadakan sama pengasuh anak gue
kadang kadang kita tinggal mereka dirumah supaya bisa sekedar nonton tv
atau rumpian sambil selonjor

all i know is, a family needs gazillion positivism
it does!
dan sampe hari ini sih gue percaya, kunciannya ada di ibu
walopun banyak banget tuntutan
apalagi jaman sekarang... pusiiing... pusiiing!!!

tapi percaya deh walupun aku bukan rudy, tapi kamu harus tetep percaya aku ya
any balance that life will bring, for your family, your kids, your work
starts from you. your heart. and your soul

Comments

Anonymous said…
Thanks for sharing ti.. I just start become a mom... -nw-

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA