kinan: her birth story

[as emailed to encourage Mrs GR, proud mother of little mr RR]

waktu kinan udah minggu minggu terakhir, gue ada feeling dia bakalan lahir via jalur lain
karena 2 minggu sebelum brojol pun, posisi dia masih melintang
baru di minggu terakhir dia turun lagi kebawah

dari awal gue udah bilang sama dokter, kita berdua trauma marisa sama lahiran normal di usia hamil 40 week ++
dan udah minta tolong dokter untuk sebisa mungkin menghindari kejadian bayi masuk NICU karna nelen ketuban yang udah jelek
di minggu 39, dokter gue fitriyadi kusuma yang sangat pro normal itu ahirnya setuju untuk induksi pada hari kamis pagi jam 9
OKEH! BERANGKATTT!

jadi kamis pagi itu gue ke rumah nyokap dulu drop in arka, beberes kantor dulu
terus berangkat ke rumah sakit untuk induksi
pertama pake yang oles di kamis jam 10an pagi. sampe beberapa kali diulang stiap 6 jam
terus infus, sampe 20 drops di hari jumat siang

mules sih... tapi dikit
dan bearable banget karena gue udah ngerasain super duper mega mules waktu arka lahir
tapi mules mules nanggung nya cuma sampe bukaan dua
dan itu posisinya udah 36 jam

erwin meriang belina, demam, diare, pusing, lemes
bukan karna ikut sakit ngeliat gue mules sih
lagian gue masih santai banget. nonton HIMYM, main games, baca buku

kayanya dia sangking stres nya nungguin kinan ngga brojol brojol
pun duduk di ruangan AC 2 harian penuh kan ngga nyaman banget
belom lagi (donderan) kasih sayang dari temen temen & keluarga
with that most famous line " udah sampe mana prosesnya?"

tiap beberapa jam kita rekam jantung bayi CTG, dan alhamdulilah sih kinan masih kuat
guenya?
segerrr bugerrr kaya sayuran dari pasar induk
maap ini foto edisi aurat ye, gak pake kerudung bow
















ibu bapak kita & keluarga besar diluar udah mulai pegel nungguinnya
nah sambil nungguin itu gue kumpulin tenaga, tidur kalo bisa, makan, ngemil, jalan jalan
karena gue tau banget kesalahan gue pas lahiran 2 taun lalu: lupa makan
makanya kali ini gue bener bener jaga asupan makanan & tenaga

kita juga udah buka kamar rawat inapnya, jadi orang orang bisa rebahan bentar disitu sementara gue nongkrings di ruang bersalin
sebenernya hati gue masih optimis bisa normal, karena gue masih fit, baby masih fit, plus dokter nya rajin bener nengokin gue
with that second most famous line "gimana bu...?"
tapi ngeliat erwin yang stres dan rombongan yang udah nungguin lama, gue juga jadi kasian
dan bimbang gundah galau

di hari jumat magrib, dokter kontrol
bukaan masih ngendon di 2
however dokter masih optimis, karena dia belum 40 minggu dan bayinya ringan bener
jadi kaya daya dorongnya belum pol, makanya bukaan ngga nambah nambah

"gimana bu... mau tunggu sampe besok pagi atau kita buka sekarang?"
oh! dalam hati gue agak girang: boleh disesar ni sekarang?
gue langsung panggil erwin, yang lagi demam di kamar
ahirnya kita putusin untuk sesar
"okei... i'll see you soon, baby kinantya"

gue disuruh puasa, sambil urus urus berkas, pamitan sama keluarga gue 
yaa, in case gue "lewat" di meja oprasi yah bok
jam 7 malem didorong dorong ke bagian operasi,  di hand over sama suster bedah nya
ngga lama dibawa masuk ke ruang operasi nya.
disini mulai ngga santei... tegang bokkk
aslikkk

disuruh duduk dengan kaki dibawah, terus diajak ngobrol ngobrol sama dokter anastesi
ada perawat cowo bediri di depan gue, pegangin bahu

"saya kok takut ya?"
"gak apa apa bu, ibu pegang tangan saya aja"

langsung gue remettt lengannya
eh ternyata suntikan nya ngga sakit... nyelekit aja and that's it
terus disuruh tiduran, dites kakinya masih berasa atau engga
tangan gue ditaro di posisi terentang, bagian dada ditutupin kain ijo
terus everyone comes in
ada dokter gue, dokter anak, dokter ini dokter itu
ruangan jadi rame

ngga tau kenapa disini gue tiba tiba sedih, tiba tiba keluar air mata aja gitu. halahhh
pas pula dokter gue ngajak ngobrol

"eh ibu kok nangis"
"sedihhh dokkk" suara udah serak tercekat kaya chelsea olivia lagi nyanyi-iya, info ngga penting ya
"gak apa apa kok, bu... ini sebentar lagi siap ya"

dokter anastesi posisinya di ubun ubun kepala gue, baikkk bangettt uhuk
jidat gue dielus elus bok sama dese
sambil gue sibuk ngedip ngedip supaya air matanya surut

dokter bilang bismilah, gue ngga ngerasain apa apa
cuma kaya dicowel cowel aja di bagian perut
malahan itu orang orang pada ngobrolin infotainment, kaya lagi kongkow sambil makan bakso aja gitu
busettt deh

ngga terlalu lama sampe dokternya bilang
"sudah siap, tu kepala nya... yuk dibantu suster"

tiba tiba si dokter anastesi yang ngelus ngelus gue tangannya maju ke daerah perut,
terus gerakannya kaya lagi ngurut bagian tengah dada gue ke arah bawah
didorong gitu bok...

tiba tiba orang orang rame
"tu dia..."

gue angkat leher, celingukan
in split second, si kinan dibawa ke bagian samping gue,
ke perlengkapan box bayi nya sama dokter anak
muka gue langsung miring ngadep dia, nonton

"itu anak gue... perempuan. alhamdulilah"

kinan diperiksa ini itu, terus dibawa ke depan muka gue

"ibu, ini anaknya. perempuan ya. lengkap sehat"

OHHH AKU SKARANG BERKACA KACA SAMBIL NULIS EMAIL

suster tanya gue mau IMD atau engga, gue jawab mau
terus dibantu posisi IMD nya
which lasts for 3 minutes, abis itu gue ngantuk

"suster, saya ngantuk"
"oh, ngantuk ya? yaudah ibu istirahat aja ya"

then i passed out
bangun bangun, ada di luar ruang operasi
udah diselimutin rapet kaya lemper. kaki ngga bisa gerak
terus ada dokter jenggotan

"habis melahirkan ya?"

gue cuma senyum lebarrr, nguap
terus tidur lagi
gue rasa itu tidur ter enak sepanjang idup gue
puasss banget rasanya

abis itu dibawa ke kamar, ada erwin yang nungguin di luar ruang operasi
rombongan udah pada bubarrr setelah liat bayinya yang berponi
emang dasar, begitu udah liat bayi, ibunya dicuekin. huh!

[the 3 day old kinantya aka kinanponi]
















semaleman gue ngga bisa tidur
gatel gatel! hahaha... ngga ngerti deh kenapa
mungkin ada reaksi sama obat nya ya
itu gatel biduran gitu, bok... gileee mana badan susah bener geraknya
banyak kabel infus di badan gue
si erwin ngorok pula, gak tega gue minta tolong dia garukin

besoknya pas ditengok suster, katanya belum boleh mandi
tapi nanti sore harus latian jalan
yaudah deh, gue nurut aja

selama di RS sih ngga terlalu kerasa sakit
pain killer nya dosis ikan paus gue rasa
tokcer benerrr
sementara pas gue lahiran normal cuma dikasi ponstan ahahakkk
puskesmas RSPI

cuma gue ternyata diare bok
hadehhh, bayangin doong...
you need to do number 2 tapi perut lo ngilu ngilu kalo gerak, kaki lo letoy kalo bediri
PR bangettt
hari sabtu siang gue maksa susternya untuk bantu gue ke WC
i gotta do some business!!!

sebenernya buat gue yang terberat itu pasca caesar pas udah dirumah
emang sih jaitan udah mengering, plester nya juga rapettt banget gak akan bocor kalo dibawa mandi
tapi kan tiap malem gue musti nyusuin si kinan ya
nahhh, susah benerrr kayanya narik badan dari posisi tidur ke posisi duduk
apalagi kalo ketawa atau batuk. hhhgggkkk ngiluuu
tapi the rest sih ngga ada masalah

makanyaaa, kamu ngga boleh tatuttt
deg degan sih pasti ada lah... gue second time around juga masih deg degan
insya allah everything will be fine and we'll get to see the baby soon

kissous :*

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA