Agak gempor bikin paspor

sebenernya udah lama paspor gue abis masa tayang.
tapi kepikiran, ngga ada rencana pergi kemana mana,
selain ke bandung. yang ngga perlu paspor.
plus duit buat calo yang seharga 1 pasang nine west,
makin lah membuat gue malas ngurus paspor.

udah gitu, akte kelahiran sempet ilang.
abis akte nya ketemu, eh gantian ijasah universitas ilang.
abis ijasah ketemu, KTP abis masa tayang.
bahhh... bagaikan dihambat oleh semesta.
udah gitu juga, imigrasi jakarta selatan kan sempet pindah tuh,
di TB simatupang, yang kerjaannya bikin area situ macettt,
karena banyak yang dropping off dan bingung cari parkir.
ihhh tambah males dehhh...

yang membuat gue ahirnya tergopoh gopoh ngurusin adalah:
diajak erwin pergi berdua.
selain ke bandung! ahhh, manis banget sih kamu *peluk*
rencana perginya tengah januari ini. pas ultah doi...
ya berarti paspor gua musti siap paling ngga tanggal 10 dong,
biar ngga dag dig dug.

eh, dikasih tau sama beberapa temen gue yang manis.
dan blogwalking juga... sekarang bikin paspor ngga usah pake calo.
bisa lewat internet! tinggal dateng, bla bla bla. seminggu jadi.
o wawww, sebagai ibu ibu amatir yang selama ini paspornya selalu diurusin mamah,
udah deh ngga ada alesan lagi.

dan ternyata emang ngga terlalu susah.
jadi waktu hari hari terahir ngantor, gue sibuk scan-in dokumen dokumen.
hampir semuanya gue scan:
akte kelahiran. ijazah terakhir. surat nikah. KTP, kartu keluarga. paspor lama.
terus bikin surat keterangan dari kantor bahwa bener ijk adalah pegawai situ.

buka deh imigrasi.go.id
pilih: layanan permohonan paspor online
klik lagi: pra permohonan personal
isi isi data deh...
terus scan dokumen yang dibutuhkan, jangan lupa fotocopy juga.
pilih kantor imigrasi mana yang paling convenient kita didatengin untuk proses selanjutnya.
pilih juga hari apa kita mau dateng kesitu.

gue pilih tanggal 26 desember 2011.
YANG MANA CUTI BERSAMA. gleggg...
walopun gue ngga yakin mereka cuti bersama atau engga,
sayangnya ngga ada tempat untuk konfirmasi juga.
email ngga dibales yeahhh what do you expect, ti?
telfon ngga diangkat... huh. syebal #1.
yaudah deh, cari aman.
ahirnya proses ulang seluruh step diatas dan pilih tanggal 30 desember 2011.
ada semacam konfirmasi pendaftaran yang harus di print dan dibawa bareng fotocopy-an.

on the date, jam 5:45 pagi gue berangkat.
sampe buncit jam 6:45. alhamdulilah dapet parkir pas depan pintu.
UDAH NGANTRI ULAR NAGA PANJANGNYA.
gleggg. padahal katanya kantor buka jam 8.
okehhh, gak apa apa. semangat, ti.

ternyata ambil nomor antrian kaya di bank CIM* gitu.
dibantu petugas juga, keperluan kita apa disitu.
karena gue udah daftar online, gue langsung beli map kuning dan formulir di koperasi.
terus diisi isi data lagi. lalu menunggu.
jam 8 kurang, pak ahmad, petugas imigrasi, pegang mic
bukan mau nyanyiii!
memberikan pengarahan tentang prosedur, dan jewangan supaya kita sarapan dulu,
dan hati hati sama barang bawaan.

okeh... nunggu deh gue sampe dipanggil ke counter.
disitu serahin dokumen copy, terus disuruh tunggu kuitansi.
abis itu, gue harus bayar dan bisa foto hari itu juga.

EH TAPIII... it was the last working day of 2011.
jam kerja cuma sampe jam 12 aja ternyata.
pas lagi nunggu dipanggil lagi untuk ambil kuitansi, pak ahmad pegang mic lagi.
sori... tetep bukan mau nyanyi...
"maaf bapak ibu, untuk loket pembayaran sudah ditutup"
asemmm. syebal #2.
akupun pulang dengan tangan hampa.

dan kembali tanggal 2 januari 2012.
same time, 6:45 gue udah stenbeyyy di antrian ular naga.
same time juga, pak ahmad pegang mic,
Ngajak kita gandengan tangan sambil yanyi kemesraan.
Ya engga lahhh, yakaleee... Gue boong hahaha
Dia seperti biasa, memberi wejangan.

setelah ambil nomer. gue nunggu dipanggil ke kasir.
yaaa, lumayan juga sih nunggunya, sampe udah donlot donlot macem mace games.
abis bayar 255,000 saja, disuruh tunggu (lagi) untuk foto dan wawancara.

ngga terlalu lama lah, nomer antrian gue dipanggil, masuk ke ruangan foto.
cekrik, tempel sidik jari,
terus nunggu bentar menghadap pewawancara.
gue pikir bakal ditanyain berapa akar pangkat tiga dari 4,913.
ternyata cuma ditanya, ada rencana kemana bikin paspor.
terus cek data data, tanda tangan.
and i'm done!
paspor nya bisa diambil tanggal 6 januari 2012.

pretty good job, i must say.
antrian dibikin lumayan sistematis jadi counternya melayani servis yang homogen.
kasir ya kasir, dokumen ya dokumen, foto ya foto.
sayang banget ngga ada skema penjelasan alur pembuatan paspor ini.
jadi kalo baru pertama kesini, agak ilang kompas gitu...
ini antri apa ya? terus gimana ya? saya musti kemana dulu ya?
walopun musti bawa cadangan stok sabar, karena musti nunggu,
sampe rada gemporrr sambil mati gaya.
tapi aku hepi, karena gak perlu bayar calo donggg.

okehhh. siap pergi ke paris, manis!!!
disclaimer: ini hoax. asli hoax...
yet mudah mudahan erwin baca, istrinya pingin diajak ke yurop

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown