arka and kinan: 2,5+ yo and 1 yo

arka
1.
on the cranky mode.
abis sakit 3 hari kemarin, manjanya kumattt.
dugaan gue sih, karena dia bosen di kamar terus,
tapi kesel karena kalo main mungkin pusing keliyeng keliyeng.
jadi ahirnya gampang banget ngamuk, ngerengek. blahhh...
adiknya selalu pingin kepo atau mau ikutan main selalu dimarahin,
disuruh jauh jauh... uhuuu...
trik nya, gue diemin aja.
jadi kalo dia mulai ngerengek over simple stuff, kita diemin.
tanya baik baik "mas mau apa?"
kalo ngomongnya masih ngerengek, ulang lagi pertanyaannya.
sampe dia jawab dengan nada baik baik.
works like a charm. dududu...
hari ini (seminggu setelah dia sakit) udah berkurang banyak banget cranky nya.

2.
on breaking my heart.
sepertinya the first heart ever broken by any man is his mothers.
rasanya cukup memilukan hati, ketika dia bangun tidur,
liat gue ada di sebelahnya... terus dia langsung ngerengek manggil suster nya.
darrr...
gue sih sok cool diluar, tapi didalem hati. aduh makkk...
KAYA PUTUS CINTA. sedih banget.
jadi wiken ini dedicated kusus untuk arka.
dalam 2 hari, kita 2 kali pergi bertigaan doang.
and it was so effective. dia jadi nempel lagi sama gue.
yahhh walopun gue tau, gak akan ketuker, mana ibunya-mana susternya.
tapi tetep ajaaa, kemesraan ini janganlah cepat berlalu dong ahhh.
plus, mister hendradi doing really good handling him,
yang bikin dia tambah lengket kongkow sama bapak ibunya.

3.
on patience.
malem minggu kemarin, kita makan di ngalam lotte mal.
gue udah ngarep lokasi nya jauh dari funworld.
EHHH, ternyata lokasinya PAS diseberang funworld.
do-ohhh... arka yang terlanjur liat mainan berlampu nyala nyala,
langsung lepas pegangan tangan gue... dia pingin main.
gue bilangin aja "mamah makan dulu ya mas, abis makan... kita main"
dengan berat hati, dia bilang iya.
ahirnya nungguin gue makan, dia ikutan makan nasi juga,
sambil berkali kali nanya "mamah udah kenyang? mamah udah yuk makannya."
when we finally finished eating, i made sure he knows how much i appreciate it.
jadi gue jongkok depan muka dia, terus bilang.
"mama seneng sekali deh, mas aka pinter mau sabar nungguin mama makan ya. i love you, nak."
yang disambut dengan pelengosan dia lari lari ke funworld.

kinan
1.
on walking!
di usia setaun kurang 2 bulan.
awalnya 2-3 langkah aja.
terus cepet banget, tau tau udah bisa 5-6 langkah.
eh umur 1 taun kurang 3 minggu udah lancar.
pake acara jongkok bediri juga, kalo mau ngambil sesuatu.
venue pertama kali jalan lancar adalah plaza senayan, dibawah jam.
mungkin liat banyak anak lain pada jalan,
terus dia jalan jalan sendiri, cuek gitu menjauh dari kita.
kita yang ngeliat langsung pada kaget... kok dia bisa jalan jauh!

2.
on her first word.
hers was "AKA." referring to the older brother.
emang kayanya akan jadi fans berat mas arka...
karena setiap arka main sesuatu, pasti dia ikutan nimbrung,
sambil mas nya suka dielus elus punggungnya.
her second obvious word was "mama"
which is so mainstream. hahaha
and the other one is "tuhhh" sambil nunjuk ke atas.
soalnya pancingannya "cicak mana?"

3.
on self recognize.
kalo si bayi ini lagi mood,
gue suka nanya "kinan mana?"
terus dia nanti kepuk kepuk perutnya gitu.
hihihi... gemes bener...
abis kepuk kepuk perutnya, biasanya kepukin arka,
sambil ngomong "ka... aka... ka."
*cubitttt pipinya*

4.
on punishment.
gue merasa jauhhh lebih susah menghukum kinan,
daripada menghukum arka dulu pas dia 1 tahun.
mungkin pas arka, gue rada tega karena gue harus membesarkan seorang laki laki.
nah pas kinan nih sekarang, pas mau marah,
ngga ngerti kenapa, hampir selalu ngga jadi.
udah keburu gemes duluan liat matanya dia yang sebesar baskom. ngahhh...
keadaan ini diperburuk dengan dia yang kayanya udah ngeh kalo dalam hidup ini,
ada sesi DIMARAHIN MAMA. which she dislikes.
jadi kalo dia berbuat sesuatu yang worth punished,
gue gendong ke tangga. where we can be alone.
terus gue pangku, muka hadap hadapan.
nah abis itu biasanya dia langsung meronta ronta minta turun dari pangkuan gue.
kalo bisa ngomong sih kayanya bilang: ngga mau dimarahin mamaaa!
terpaksa gue kencengin dikit supaya dia tahu, ini lagi sesi serius.
kesusahan ini ditambah sama dia mulai nangis & molet molet,
yang mana matanya jadi tambah besar + berair. haishhh, lucukkk bangettt...
sampe ahirnya gue pancing pancing supaya dia mau liat mata gue,
then i convey the message, within 2 seconds. and i release her.
gue udah 40% menyerah sebenernya... i have no other idea gimana lagi caranya.
anyone? advice?

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown