Goodnight babies

jadi nih ya... semenjak si mamay (susternya kinan) dialokasikan ke tempat lain,
kinan otomatis bobo sama gue & erw,
karena asisten baru (yang dipinjemin sama mamah) lebih OK di kerjaan rumah.
alhamdulilah banget sih, si teteh mei ini rajin juga.
tapi karna spesialitas kerjaan rumah, jadi dia lebih banyak bantu back office.
bangsa nyuci setrika baju anak, beresin kamar, mainan, masak, yang gitu gitu.

awalnya gue agak 'serem' bobo sama kinan.
satu. 3x sminggu, erw harus nina boboin dia,
and i don't know if he's capable doing so.

dua. kalo dia kebangun mulu, gimana nasip mata panda gua ini?
makin gelap aja deh yang ada.

tiga. kalo tiba tiba dia kebangun terus nyariin mamay, gimanaaa?
gimana gimana gimana? orangnya udah kagak adaaa...

but none of them came true, dan hebatnya,
bukannya membandingkan ya. 
tapi ini kisah nyata yang pengen gue share. 

sleeping with kinan is wayyy better than sleeping with arka.
di usia 2 taun, arka masih kebangun 2-3 dalam durasi 7 pm to 5 am.
tiap kebangun, hanya dan hanya bisa dibuat tidur lagi dengan sebotol susu.
sedangkan kinan, nop.
susu terakhir ya pas jam 6,30 itu, sebelum tidur.
abis itu blasss... kalopun bangun, didiemin aja, nanti dia tidur sendiri.

terus kenapa ibu bapaknya sama, tapi habit tidurnya bisa beda?
both kids are sleeping separately from us, tidur sama nanny.
nah, sepertinya sih pembiasaan di awal-awal usia mereka yang berbeda.

cus nya arka, prinsipnya anak kebangun, hanya bisa dinyamankan dengan susu.
gue sendiri gak banyak cing cong waktu arka di treat gitu. newbie bokkk...
sampe suatu hari cus pulkam, terus gue mulai merasa "berat juga yeee",
dijudesin mamayeah
gue mulai coba biasain gak kasih arka susu setiap dia kebangun.
pertama tamanya, dari 2-3 kali kebangun, cuma 1x yang gue kasih susu,
pas dia kebangun lagi, gue diemin aja, cuma elus elus empok empok.
eh gapapa tuh ternyata! tidur tidur aja dianya.
gak ngamuk juga, gak dikasih susu, tidur aja tuh dianya.
waaah, abdoel moeis banget... salah asuhan inihhh judulnyaaah.

hadeuhhh... yayaya... begitu toh ternyata...
gak perlu perlu amat dikasih susu kok ternyata,
knapa gue nurut nurut ajaya sama sicus?
motherhood ini knapa gak ada training nya sih ya,
tsk.

nah, pas kinan lahir, langsung gue brief cus nya, 
which was si cus nya arka yang turun ranjang, terus ganti si mamay sampe kemaren.
kalo kinan kebangun malam, JANGAN dikasih susu.
diemin aja, empok empok paling banter.
susu cuma boleh dikasih sebelum dia tidur, pake dot.
abis itu minumin air putih sedikit, biarin dia tidur.
sekian.

hasilnya, si anak seperti lebih mandiri ya, lebih gak nyusahin gitu hahaha.
skarang kinan kalo udah ngantuk, bisa gue mpok mpok bentar,
tanyain dia mau selimutan atau engga, atur aturin bantal & bonekanya,
lampu gue atur remang remang,
terus gue bilang "kin, mama mandi dulu ya."
dia bilang "iya, tintunya (pintunya) ditutup"
gue tinggal keluar kamar, pas gue balik, dia udah meremmm.

in other hand, kinan mungkin punya comfort gesture nya sendiri,
kalo gue liat liat, kinan obviously ngempeng jempol kalo mau bobo.
that's her comfort gesture. yang sekarang udah berkurang banget,
karena suka gue pakein pait pait kuku mavala, sambil gue doktrin,
bahwa adik adik udah gak ngempeng, yang ngempeng tu bayi,
eh dianya suka malu sendiri kalo ke gap ngempeng lalala.

sedangkan arka gak tentu sih, kadang mainan rambut di ubun ubun,
kadang mainan tali guling...
sampe skarang, gue bisa cepet bikin dia tidur kalo dia capek banget,
atau kalo gue pijet pijet punggungnya selama 20 menit.

when they're awaken?
arka tu moody-an banget, super duper sangattt...
percis adek gue, pas dulu dia SD, dibangunin pagi cemberuttt.
that's why i shouldn't hate something too much,
karna anak gue gitu juga sekarang. m-ehhh...
arka gak suka kalo kebangun gak ada orang, uring uringannn!
tapi klo dia buka mata, gak lama ada yang nyamperin,
ngajak ngobrol, nahhh... enak tuh mood nya.

jadi skarang tiap pagi, meskipun mata gue masih berat banget,
kalo denger juragan kecil bersuara, langsung gue loncattt...
buka pintu kamarnya sih pelan pelan, as if i wasn't rushing to him at all,
terus gue sok asik ngajak dia ngobrol.
langsung aja, alihin perhatian dia... biasanya dia senyum senyum,
terus minta temenin turun, nonton tayo.

adiknya?
kalo kebangun ya kebangun.
jinjit jinjit buka pintu, terus turun sendiri nyari orang...
gak pake cranky, gak pake cemberut, yang ada cuma cengar cengir aja.

ya... beda yaaa... padahal ibu bapaknya sama, hahaha.
but like i posted before a long time ago,
every child has their own colors, different shades, different treatment.
seru lah pokoknya!

Comments

Anonymous said…
hoo. makasih Mba Risti. mau coba diterapkan ke anak ah. :)
Anonymous said…
gue punya masalah sama anak yang kalo tidur harus nomprokin ibunya atau nyelip di ketek. Masalah minum susu juga sih, tiap bangun harus ditawarin susu. Gimana beresin dua masalah ini ya? Cape banget deh tidur sambil ditindihin gitu
risti said…
terimakasih kembaliii daniii
risti said…
bisa separate bed? mungkin membantu soal tomprok menomprok. kalo susu, ini kayanya si beda anak beda treatment. si arka dulu gue diemin aja lama lama ngerti. gak ada susu malem malem. atau kenyangin banget pas sebelum tidur kali rik? jadi dianya gak nagih susu.

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA