Ego siapa yang nangkring di rumah barbie?

disambung yaaa...

dari perenungan ini, lalu gue belajar.
untuk ngasih motor sih engga yaaa hahaha... 
kendaraan apapun mungkin akan kita berikan untuk masing masing anak, 
dengan beribu pertimbangan. tapi pastinya sih ngga dalam 15 tahun kedepan.

terus, sebenernya ya, kalo kita mau beliin sesuatu untuk anak,
ada ego siapa disitu? kenapa ego itu bisa menang melawan justifikasi untung-ruginya?
menurut gue, tetep aja salah ngasih anak dibawah umur 17 tahun mengemudi kendaraan.
kecuali kuda kaliyah. kuda kacang itu juga, yang kecil ituloh....

di kasus motor ini, menurut gue, 100% tetep salah orangtuanya.
anaknya?
ya namanya anak... they're clean white sheet, no...
mereka itu akan terbentuk sesuai kreasi manusia dewasa yang membesarkannya.
terus kalo anaknya merongrong ortu, dan keukeuh minta sesuatu,
yang udah jelas ngga ada untungnya & banyak potensi ruginya buat mereka?
menurut gue ya tetep salah juga ortunya. 
knapa ngalah sama ambegan anak?
ngga bisa mendidik dengan baik berarti, sampe bisa ngalahin logika gitu.

circa 1987, gue pernah juga kok merongrong minta sesuatu...
gue pernah merongrong. bukan motor sih hahaha... 
waktu itu minta beliin barbie hahaha.
jadi pas SD, kebetulan temen temen gue pada tajir melintir ya hahaha,
sayang nya gue engga, not the ones who born with silver spoon in the mouth niii. 

jadi pas main kerumah salah satu temen, eh... makkk...
diana punya barbie banyak bener, ada mobilnya, kolam renangnya, 
piring piring gelas kecil, gelang kalung tas sepatunya, dan ada rumahnya.
rumah boneka setinggi pinggang gue, dan BERTINGKAT!!!!
belum lama gue nganga saking kagum... eh yaolooo...
itu rumahnya ada liftnya... hahaha, bisa ditarik pake tali gitu.
UBER COOLNESS SEJAGAT RAYAAA... 
i remember i was so amazed. aku mangappp terkagum kagum.
skarang pun aku masih amazed liat inihhh, ayo mangap barengan!!!

pic from google

begitu dijemput ibu gue, cerita nyerocos dooong langsung... full coverage.
intinya: minta beliin barbie. "satuuu aja mah... satuuu aja yang bajunya pink."
gue gak inget berapa lama gue meminta, ngerengek, merongrong,  
memancing dengan ngajak mereka liat barbie di toko mainan.

yang gue inget adalah: i never had any.
siriyusss... aku nda punya barbie at all. hahaha ksian yaaa.
waktu ngga dibeliin, yaudah gue sih pasrah aja... 
ahirnya juga lupa kok, and i didn't die craving for that doll either.
i live barbie-less and didn't lose any of my feminine side.
sure it wasn't easy... tiap kali di kelas gue pada cerita barbie seri baru,
i just stood there and listen... but then, yaudah... i let it pass.

i never really thought about how my mom felt, until today.
gue gak pernah mikir gimana caranya ibu gue neken egonya, 
antara nurutin ego pingin beliin, tapi logikanya bilang, sebaliknya.
hasn't ego been our worst enemy?
lha gimana ya... namanya ibu, pasti pingin anak nya bahagia ya...
i kinda have strong feeling, sebenernya we can afford that house.
tapi pasti diantara bapak ibu gue, ada pertimbangan untung-rugi.
dan ahirnya mereka ngga pernah beliin gue any single barbie.

i remember clearly, i was raised in this value:
"keluarga kita, ya begini." 
gue diajarin untuk berpikir, biarin aja keluarga lain keliling dunia 23,947 kali.
keluarga gue, ya begini. bukan berarti lebih baik atau lebih buruk,
this is our way of living... let's make the most of it.
mungkin itu caranya ibu gue memendam egonya, 'budek' dengerin rongrongan gue,
mungkin disitu dia melatih gue memendam ego, 
so all of us as a family have the same vision, to hold on to that particular value.
it never occurs to me, that it was probably so much harder for her than for me.
until these past years when i became a mother.

balik lagi ke 2013, i have fat chances i got those same issue as a mother.
dibuka dengan, suatu hari temen gue nanya, masukin anak ke sekolah mana?
waktu gue bilang gue masukin anak ke sekolah ini,
dia nyeletuk: nanti anak lo jadi borju loh! ngga ngeri?

oh ya... gue sadar banget kok, lingkungan sekolah anak anak yang sering gue banggakan,
menyimpan bahaya laten yang emang gue sadari banget tapi bukan komunis kok.
bahwa karna lingkungan yang cenderung homogen, dengan tingkat sosial ekonomi yang sama,
bisa bisa anak gue ketarik tarik dengan gaya hidup teijer melinteyr 
*critanya diucapkan dengan nada bule-kan baru balik liburan ke emrik-tajir gituloh*.

apakah aku gentar?
ya boong kalo bilang tak gentar... akukan bukan mister cornel simanjuntak.
cencunya aku agak deg deg serrr.
apalagi pengaruh sosial bisa bisa lebih kuat ya sekarang ini,
dalam hati deg degan kalo arka mulai minta gadget jutaan rupiah huhuhu...
not to mention peer pressure - kita yang dewasa aja suka ikutan kena.

but i had my reasons to say no to my kids.
i have some goals, some values i need us to hold on to...
i guess i need to grow thick skin, ngadepin rongrongan mereka, and say no.
well i'm not there on that particular spot - yet. 
my kids are easy on their wishes...
anak anak gue belum pernah kepingin sesuatu sekepingin ituuu, 
sampe ngga bisa dibujukin apapun.
kalopun arka pingin main ding dong & belum bisa kita akomodir, 
we talk to him, panjang lebarrr... bahwa waktunya belum tepat, 
kita coba terapkan ke mereka "when it's time - it's time."
and at the end, my goal is to put this sentence deep in their heart:
keluarga kita, ya begini.

much more to me, this is a valued workshop, took a lifetime to complete.
doakan aku ya pemirsa *mengepalkan tangan kaya konstestan takeshi castle*

Comments

mecaonic said…
mihihihi, aku pun demikian..
minta dibeliin gimbot sama bokap waktu sd, dijawabnya "aku bisa beliin kamu 2,3 atau 10, tapi aku ga mau, karna ga ada gunanya buat kamu"
ya cencunyah kemudian aku mingkem.. :))

smoga ya mbak, nanti bisa ngajarin yg sama buat anak2.. heyminnnnn!!
risti said…
ahhh, berpelukan dulu dong kita. aku ngga nyangka ada yang senasippp hahahaha. mudah mudahan anak anak kita bisa dibuat mingkem juga ya, heyminnn heymin
isyana said…
hallo risti, ini yana kakanya monik anak 34 juga inget ga? hihi... aku baru baca blognya.. setujuh! bener banget inih.. dan aku salut banget kamu ga punya barbie, dengan tau banget betapa kerasnya peer pressure sekolah muslim kita dulu yang "high end" itu... hihihi... hebat ibu kamu!
risti said…
kak yana!!! of course i remember you. ya ampun pingin berpelukan deh rasanyaaa, ada yang masih inget kejamnya peer pressure di SD ituh huhuhu
isyana said…
hahaha.. kayanya tak mudah kulupakan deh tuh memorinya.. berbekas jelas kaya tatto *lebay, makanya aku janji sali ga boleh ngalamin yang kaya gitu. mau masuk sekolah biasa biasa aja :) pas cerita ke mamaku soal tulisan kamu, dan pengalaman SD itu, si mama bilang gini, mama inget banget kamu mama beliin tas barbie palsu, dan ga mau pake ke sekolah karena takut.. hahaha. dibeliin salah, ga dibeliin salah. :P *balik peluk
keren tulisannya. Untung saya ikutin ke belakang Mba. Hihihi. Nilai yang seperti ini juga yang kami pengen tanemkan ke anak. makasih Mba Risti! :D

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown