Ibu yang selalu kanan

Mothers are always right hahaha... yamaappp judulnya ngaco hahaha...
sutris ni cyin, nyampah timeee, senin nya luar biasaaa padattt, ngga keluar kantor padahal. paperworks this paperworks that. and it's the end of the day for me 8pm... mehhh... 
storytelling time!

this one's about mothers, who are always rite. sebuah frase yang ingin sekali gue bilang kelak,
ke anak anak gue, setelah mereka semuanya insaf, sadar bahwa gue selalu benar hahaha.
but for now, masih jatah gue bilang ke ibu gue, si mamah. bahwa "mamah, kamu kanan."
udah 5 taun belakangan ini sih aku merasa begicu iye, sejak punya mas Ar hahaha...
baru berasaaa, kenapa surga disebutnya ada di telapak kaki ibu, karna ya gitudeh.
perzuwangannya itulohhh, tiada sebanding apa apa dibanding apa yang aku kasih ke dirinya,
kasih ivu memang sevanzang zamannn sodariii, camkannn, camkan.

tersering ber "iyaya, mamah memang benar" adalah pasti soal mendidik anak,
gue udah punya bayangan, kira kira ingin anak anak yang gimana, dan udah punya grandplan,
gue suka membandingkan sama grandplan nya ibu gue jaman dulu, waktu besarin gue,
gimana strateginya dia, supaya gue jadi orang yang seperti sekarang ini, what to do what to do nya,
pokonya grandplan dari a to z, gimana dulu dia bayangin ingin anaknya kelak seperti apa...
which is...
...
...
...

ngga ada loh ternyata! hahaha sungguh ajaib memang ibu gue hahaha,
tapi beneran... suatu ketika gue tanya: dulu mamah pingin anaknya kaya apa?
ngga tau tuh, ya jalanin aja pokoknya. selangkah didepan, yaudah jalanin.

HAH! kok canggih amat ya?
udah gitu, jaman dulu kan ngga ada sarana macem sekarang,
banyak info, banyak narasumber, banyak temen untuk belajar & berbagi,
she doesn't have that. at. all.
ngga kebanyakan mikir strategi, ngga kebanyakan mbandingin ibu cina & ibu perancis,
ngga pake bingung sana sini tentang milestone anaknya, ngga ada. nggak. ada.
everything is just her. only her.
dia cuma punya insting luarrr biasa tajem sama orang orang kecintaanya,
sehingga Allah in a way selalu nunjukkin ke ibu gue, kalo ada salah satu dari kita yang melenceng.

contoh ter kaget adalah circa 1999, gue cabut sekolah ke monas rame rame nih, ada 20 an orang kali.
sore sore gue pulang dong ke rumah... si mamah nanya: dari mana?
gue jawab: dari sekolah.
dia bilang: dari sekolah, atau dari monas?

DUWENGGG, lhaaa, kok dia bisa tau si? padahal tujuan cabut sekolah tu bukan cuma monas doang,
knapa dia nebaknya monas? terus gue keder, langsung gue donder... kok bisa tau? cuma nebak ya?
dia cuma diemmm hahaha, sambil senyum senyum.
diemmm, sampe sepuluh taun kemudian, ternyata hari itu, dia pas lagi jalan jalan darmawanita,
KE MONAS. makanya liat gerombolan anak anak SMA turun dari mobil,
yang salah satunya adalah gue. DUWARRR...

jadi intinya, doi mbesarin gue & nenox tu kaya ibu macan mbesarin anak macan aja, pake insting.
GILAK YAAA!!! betapa Allah sayang sekali sama ibu gue...
lalu diam diam di pojok hati, gue merasa maluk. dan worried.
bisa ngga ya gue jadi ibu hebat setengah hebatnya ibu gue?
bisa ngga ya gue mbesarin anak anak gue jadi setengah hebatnya gue sekarang?
and mostly, bisa ngga ya gue punya mata hati yang begitu tajam seperti ibu gue?
karna berarti gue telah tumbuh besar dalam lingkup doa beliau yang teramat khusyuk,
still is sih sebenernya sampe sekarang...
kemarin aja pas lulus ujian kompre, si mamah bilang dia sama bapak gue lagi pada ngaji,
oh...
i wish both of you life healthy, happy, long enough to fill us with your prayers.
lhaaa, mata ngembenggg... bentar ambil tisu dulu.
...
...
...
yah gitudeh, cerita ibu aku yang selalu benar... nenek nenek kecintaannya ibu mimut hihihi.

lanjut cerita ngaco nya ya... kejadian ter gres adalah kemarin, di mol.
jadi gue bilang, pingin beli lipstik merah, tapi yang bagus. like the IT red lipstick gitu,
ibu gue bilang, udah beli aja lipstik XXX awet banget bagus, dulu mama pake itu.
iya sih, gue tau lipstik dia yang kotaknya kotak itu lhaaa, kotaknya kotak hahaha, kata yang aneh.
lipstik itu emang IT lipstiknya dia banget jaman dulu, tapi kemahalan banget ah,
gue bilang ke si mamah, mau beli lipstik ABC aja, yang aga lebih murah.

eh dia: udahlah, ngapain beli beli murah, nanti malah dibuang, dibuat mainan Kince, beli XXX aja.
gue: waduh, gimana ya? bayarin ya?
dia: iyalah sini, dibayarin... pake credit card kan? padahal ahir bulan gue juga yang nutup. mewww...
gue: yaudah dicoba dulu deh *menuju counter, coba cobi*
dia: tuh kan bagus, itu pasti warnanya awet banget. udah pasti.
mba mba counter: iya mba, ni ibunya juga tau.
gue dalam hati: iyasi bagus... duile, si mbak counter dapet angin bener dari mamah.

coba cobi beberapa warna, pertahanan langsung luntur,
emang dasarnya gue gampangan & mudah tergoda juga sih anaknya hahaha...
ahirnya gue beli tu lipen sarannya doi, pas abis beli sesek napas hahaha, biasa mebelin kan kak...
terus hari ini dicoba. IH GILAK!!! mejik bangettt, probably the best lipstick i have,
bedanya jauh banget sama lipstik gue yang biasanya...
jadi emang bener, even dalam urusan cupu kaya gini aja mothers are always right.
Postingan bikin kangen mamah ya! I'll go and hug her after this.

picts from google

Comments

danirachmat.com said…
Saya anak emak dan baca ini jadi kangen jugak sama Ibuk.
Semoga sehat selalu ya Mba semua anggota keluarganya..
beneran, Mba...
makin berumur, makin malu deh dulu suka ngelawan mamah...
ternyata semua yang mamah bilang itu BENER kabbehh!!!
hehehehe...

salam buat mamanya mba...
risti said…
Hatur nuhun salamnya buat mamahku ya kakkk :))

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown