Introducing how to finish what you started

a little too heady for a 5 yo? not for me hahaha, ambisiyeusss buk?
no... i mean gini, gue tetep berpedoman pada: the earlier the better,
konsep apapun pingin gue kenalin dari awal ke anak anak, supaya ngga kagettt.
episod kali ini tentang taking responsibilities and finished what you've started,
biar apa? yaaa... biar tanggung jawab ajasih nantinya. aminnn.

awalnya bulan lalu, gue merasa udah saatnya anak anak punya kegiatan rutin yang baru,
GBHN nya adalah, sampe mereka SMP, it will be compulsory to them, to take any 3 of these:
music, sport, math drill, english, and 1 random thingy,
gue diskusikan pilihan pilihan ini ke mereka, dengan sedikit 'pengarahan' hahaha,
ahirnya Ar sepakat: kita belajar renang yuk!
and since gue males ngajarin, daripada ngga konsisten & malah salah salah,
kita oursource ajadeh ya, ke guru renang.

sebelum mulai daftar, gue jelaskan prosedur kegiatan ini,
bahwa kita akan renang tiap minggu selama satu jam, teruuus aja sampe dia lancar renang.
renang di kolam ini, terus peralatannya kita lengkapin, and we're there at the pool.
hepi bangettt... sampe pertemuan ke-3. which is hari ini.
mogoxxx mamennn!!! hahaha, si 5 yo ini bangun tidur rungsinggg.

pas gue jemput pulang sekolah, gue udah bilang, hari ini acaranya renang,
makanya abis makan, silakan main sebentar, terus istirahat ya, supaya nanti seger renangnya.
at around 1ish pm, Ar lagi asik mainan lego, gue suru tidur dooong, nah dia agak kesel.
makanya pas bangun tidur berlanjut lagi keselnya. hadehhh, anak ibu mimut emang,
kalo kesel suka bersambung hahaha.

ketika gue ajak pergi ke kolam, dia nangisss, marah marah, katanya "bosen renang."
nah ini... penyakit banget kan! gue kaget loh!!!
tapi kan udah latian pasang muka cool, jadi yaudah gue sok cool aja.

satu.
gue gak percaya gitu aja, dia bosen. lha baru 2 kali pertemuan kok!
lagian kemarin kita sempet renang rame rame, dia hepi banget udah bisa meluncur & nyelem.
so i thought: gak mungkin bosen lah anak ini.

dua.
i asked about his feeling, apa yang dia mau, apa yang dia rasa... he can't explain.
yaiyalah hahaha, gue aja dewasa gini kadang kadang suka rungsing gak jelas ya,
terus nyalahin PMS hihihi.
ahirnya dia bilang: "Ar mau nonton tivi, Ar mau main lego."
bener kan firasat gue, dia mau punya kegiatannya sendiri dan ngga mau comply sama jadwal.

tiga.
kita kompromikan dengan berbagai cara, dari lembut, stengah keras, keras, keras banget,
intinya gue sampaikan bahwa: you have committed to take swimming lesson, you can't just bail, man.
yakan... enak amat idup lo kalo gitu?
gue juga mauk dong: males ah kerja, mau baringbaring di rumput aja, i feel free! hihihi.
value ini yang coba gue ajarin tadi sore. you. can't. just. bail. out.
you just can't.

empat.
setelah ribut ribut nangis nangis, dia setuju untuk ikut ke kolam renang, tapi tetep gamau renang.
di TKP, gue dropin Kin supaya nyebur duluan, terus gue duduk di mobil sama Ar.
i talked in my angelic voice, calming him down, bilang bahwa berenang itu banyak manfaatnya,
it's a good activity and he should continue doing it.
sama gue tambahin embel embel masuk SD, kalo jadi kaka SD, nanti ada les ini itu,
"bahasa inggris, math drill, musik, kalo skarang udah mogok, yaudah gak usah SD ajadeh."

hahaha, aku ekstrimmm. yaabis sebel!!! hahaha, selama gue ngomong, anaknya neplok di dada,
diem aja. for half an hour yaaa, gilakkk haus juga ini ibu mimut!!!
ahir kata, gue bilang mau turun dari mobil, mau liat kinan renang.

lima.
tiba tiba dia bilang: Ar juga mau renang, tapi mau makan dulu ya.
HAH!!! jadi daritadi rusuh rusuh gitu, karna laper cep? hadehhh...
gue cuma bisa "M-ehhh", terus kita beli spageti di kafetaria kolam renang,
dia makan banyak banget, sambil dadah dadah sama Kin yang lagi latian di kolam.
abis makan: Ar mau renang ya.
LHAAA, tar dulu nak, itu perut baru diisi makanan, mehhh...
ahirnya kita nunggu 15 menit, terus dia renang dengan gembira. hamdalahhh.

agak gagal si doktrinasi "do finish what you've started" nya, tapi anyway,
pas abis renang sambil ketawa ketawa, gue ingetin lagi supaya dia ngga lagi mogok kaya gini,
and that he should commit to whatever promise he's made. mudah mudahan kamu ngerti ya nak.

Comments

lovelyristin said…
hahaha... motivasi bisa berawal dari perut ya hihihi :p
danirachmat.com said…
Ish setuju banget soal ini. Saya nyontek *lagi* yaaa..
isyana said…
ahhh... risti, aku juga lagi pingin ajarin sali komitmen. maunya sih ngelesin dia berenang atau nari ballet atau nari bali (ibunya masih labil). dulu soalnya aku sama monik cuman berhasil patuh sama renang soalnya di les-in tempat atlit di ragunan sama nyokap. itu pun karena sogokan boleh beli ciki abis les. masalahnya gimana cara bangunin bocah pagi pagi weekend kalo tiap pagi dia udah bangun pagi terus... kalo sore dia keburu males. aku nyimak pergolakan Ar disini dulu deh.. *nyimak

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown