He was only 15

gue ngga suka nonton berita,
berita beneran aja kurang suka, apalagi berita yang lain,
berita artis ini-siapa-sih-kurang-terkenal-deh lagi krimbat misalnya.
barf!

gue gak terlalu ambil pusing sama berita, cukup denger dan tau aja udah cukup.
gausah mencermati, apalagi merunut berita ke narasumber. nop.
sumber berita lokal buat gue adalah twitter hahaha... pemalasss...
twitter dan kepo in orang orang ngobrol dimana mana.

tadi  pagi lagi di rumah sakit, cek rutin telinga sambil periksain batuk tak berujung ini.
ada berita pemakaman Alawy, anak SMA 6 yang meninggal dunia,
terbacok saat tawuran melawan SMA 70.
waktu baca berita ini di twitter kemarin, as usual, gue prihatin.
percis presiden hihihi...

but this morning, my heart froze.
ayahanda menangis, berdiri di dalam liang lahat, menerima jenazah anak remajanya.
ibunda tersedu, memegangi pigura foto ananda.
ngga terhitung berapa banyak rekan yang ikut mengantar.
setelah nisan terpancang, ayahanda berlutut menangis.
on the hospital's waiting bench, i cried.

waktu gue SMA, of course SMA gue suka sok sok an ikut tawuran.
although gue perempaun dan ngga mungkin ikutan,
although gue cuma ambil bagian pada episode deg degan,
nungguin anak anak balik di basecamp,
i could feel the fear in the air when it happen.
i remember how negative the breeze were.
and 15 years from that day, i found it as a stupid act.
anak SMA kalo berantem karna apasih?
rebutan cewek? rebutan tempat nongkrong? rebutan angkot?
ga sengaja keserempet motor? apaan sih?

terus kalo udah gini, di luaran sana mulai deh main salah salahan.
di mata gue, semuanya salah.
sistem udah pasti salah,
karena kejadian tawuran antar SMA ini udah dari jaman nenek gue perawan kayaknya.
tapi daripada tunjuk tunjukan siapa yang salah,
gue si lebih baik mencari solusi: jadi gimana dong 15 taun kedepan?
my son. my daughter. my children.

yang sekarang kepikiran, gue mungkin akan bilang:
something like:
nak, kamu mau keluar negri? sekolah...
atau nanti bisnis internasional, atau liburan!
kalo mau, mamah cuma minta satu.
jangan ikut tawuran, kalo liat orang tawuran, kamu langsung ngumpet.
kenapa?
kalo tawuran, pasti ada yang ditangkep polisi,
ngga peduli kamu ikutan atau engga, ketangkep ya ketangkep. harga mati.
kalo kamu yang ditangkep, akan di black list, ngga akan bisa bikin paspor.
simpelnya gitu.

kedua, sebisa mungkin sepertinya kegiatan anak anak akan gue support.
entah kegiatan apa nantinya,
yang penting isi waktu mereka, bukan dengan nongkrong ceria sepulang sekolah.

the second method seems to be harder in reality.
lagian emang dulu gue pulang sekolah langsung pulang?
ehe ehe ehe... ya enggalahhh... pacaran dulu hahaha...
atau nongkrong sama temen temen sampe sore.
i know it doesn't seem fair to ask my children to do so.
i didn't do it, kenapa mereka harus? yakan???
dan emang gue paling gak suka nyuruh sesuatu yang ngga gue lakukan sendiri.
kalo gue nyuruh, sebisa mungkin gue melakukan hal itu, jadi gak omdo gituloh.

but then i feel like i need to inform them the map of the life they're heading to.
something like:

nak, dulu ya, di taun 2007 yeahhh, pencitraan gelakkk...
pas mamah masih SMA, hobinya nongkrong, terus mamah suka bolos.
pas mau lulus, bingung mau masuk kuliah dimana. karena mamah jarang belajar.
untung Allah masih sayang sama mamah, konsen belajar dikiiit aja,
mamah bisa masuk universitas negeri.
terus dapet kerja padahal belum lulus kuliah S1, terus bisa bikin usaha sendiri.

jaman kamu nanti, nak.
ngga bisa cuma asik asik nongkrong aja, terus becanda, terus ikutan tawuran,
ngga bisa juga kayanya cuma lulus S1.
tahun 2012 aja banyak lulusan S1 yang ahirnya jadi supir pribadi.
ya supir juga pekerjaan yang mulia sih, halal kok.

tapi kamu mau jadi supir? engga?
kamu maunya jadi bos ya?
nah kalo bos... paling ngga harus S2 kayanya, nak.
kalo mau jadi bos diluar negri, ya bagusnya sekolah dulu di luar negri dulu
masih inget kan kalo mau keluar negri syaratnya apa?
paspor.
yes, kalo tawuran kan bisa gak dapet paspor kan.
mudah mudahan kamu ngerti ya sayang,
keputusan itu adanya di tangan kamu.

another thing is, on a brawl, someone might get hurt.
mending kalo cuma benjol kena timpuk,
kalo berdarah, or even worse you lost your life?
i don't know if i can cope with that.

jadi nak, inget kata mamah:
i love you so much, and you gotta love yourself too.
love your life, preserve it, go vote the right decision.
wejangan yang panjanggg ala mamah mamah, tapi intinya gitu.

one more thing, nak.
normally, parents are buried by their children.
today, nak... a father had to bury his beloved son.
and he was only 15.

sedih...

Comments

Arman said…
sedih banget ya...
heran emang ama anak2 yang tawuran. dan emang kayak yang lu bilang, biasa emang anak2 yang tawuran itu karena suka nongkrong2 gak ada kerjaan. bukannya pulang rumah. ya gak tau ya apa rumah mereka suasananya gak kondusif makanya mereka gak suka di rumah apa gimana...

gua masih inget dulu kalo pas sekolah. pulang sekolah mah gua sangat suka cita lho pulang ke rumah. tapi gua liat temen2 gua banyak yang bilangnya males pulang. lebih suka nongkrong depan sekolah. gua sih gak abis pikir lho. setelah sekolah berjam2, kok masih betah sih di sono. kalo gua sih udah gak tahan pengen pulang trus tidur! huahahaha
risti hends said…
hah!! baru sekali ini gue tau ada orang males nongkrong karna gak tahan ngantuk. hahaha... tapi bagus loh itu, tandanya everything you need, is there on your home ya kan? mudah2an ntar anak gue juga gitu deh. masalahnya jaman skarang, gak ikut tawuran aja bisa jadi korban loh. seremmm. emang paling bagus kl langsung pulang

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown