2 toddlers with 2 arms

following up my statement about children and arms,
"nambah anak ngga menambah jumlah lengan kita"

well even if it does, i can't imagine my reaction when meeting my paternal grandmother.
she has 11 kids. i must've freaked out like hell.
BUT, brain is an amazing thing,
it allows us to re organize everything so we can utilize both hands to the max.
berikut catatan mikro mini, on ibu mimut's adventure in handling her 2 toddlers,
with her 2 hands.

on sleeping.
wait until they are TIRED. seriously...
anak anak gue jolted in joy kalo sekamar sama orangtuanya di malam hari,
akibat dari kecil udah pisah tidur mungkin.
PLUS dua printil ini tidur dalam satu kamar yang sama. yaudah deh...
wouldn't be a problem kalo salah satu udah tidur duluan,
and the the other one snuggled in.
masalahnya kemaren tuh, dua duanya mau sama mamah,
jadi manalah ijk bisa nidurin mereka satu satu.

minta tolong bapaknya ikutan ngasuh, gak beres juga.
suatu hari gue minta tolong erw, nidurin kinan.
tapi mungkin karna gemes, anaknya diuwel uwel terus,
ahirnya anaknya marah... terus balik lagi nyariin mamah.
arka yang udah lemes sambil mata merem melek 5 watt,
duduk lagi, bediri lagi, ketuwilan lagi sama adiknya.
pfffttt...

ahirnya ya kita biarin mereka capek.
ketika udah abis sebotol susu tapi belum ada tanda tanda lemes,
kita bawa lagi ke lantai bawah, bacain buku,
setelin baby tv yang isinya gambar pattern gerak gerak pelan,
yang malah bikin gue ngantuk.
kalo mereka udah goler goler di bantal, nah ajak keatas,
mpok mpok dikit, usap usap punggung, cium, nyanyi, and we're done.
apalagi kinan, kalo udah ngantuk banget ga peduli posisi,
kepala baru nyentuh kasur aja badannya udah lemes.
jadi suka ketiduran sambil ngampleh di pinggir kasur,
kepala di kasur, badan di lantai.
eh you DO understand ngampleh rite?

on eating
sebenernya hampir sama dengan tidur, let them starve!
sounds so wrong ya, kok anak dibiarin laper, hehehe...
tapi intinya sih, badan manusia kan ada alarm alarm nya,
kalo ada yang ngga nyaman pasti "bunyi", and so does the little human.
kalo mereka laper, pasti minta makan.

growing up as a child who despise any meal time,
of course nyuapin anak makan is not my favorite bonding time.
mehhh, apalagi pola ngasih makan anak anak emang udah rada salah.
dari dulu ngga "dipaksa" makan duduk di meja,
jadi keseringan ya disuapin sama susters.
tapi setelah beberapa sesi makan diluar, as in di restoran, bukan di kebon semata,
yang mengharuskan mereka manis duduk di high chair,
ternyata bisa kok anak anak makan tanpa disuapin.
jadi step nya gini:

satu:
siapin 2 kursi makan.
berhubung cuma punya 1 high chair, kalo dirumah ngga ada yang pake,
itu biang rebutan!
biarin aja mereka duduk di kursi makan, ganjel sama bantal,
kasih sendok garpu, siapin makanan didepan idung masing masing.

dua:
sediain 2 botol minum, jangan pake gelas standar.
buat gue, ini PENTING IN CAPITALS!
i hate water spills, even if it's water, gak lengket-ngga bernoda,
tetep aja ribet ngelapinnya kalo tumpah.
belum lagi kinan belum lancar minum dari gelas standar,
duhhh, bajunya basah terooos, dan anaknya suka keselek.
jadi gue sediain 2 botol minum pake sedotan, isinya cuma setengah botol,
dan diumpetin dulu. supaya apa?
supaya mereka makan dulu, baru minum.
kalo engga, itu air sebotol dijamin abis duluan deh... perut jadi udah penuh duluan.

tiga:
let them eat, when they're full or half full, mereka akan mlumpat dari kursinya.
this is the crucial time, when i'll say: "udah makannya? kalo masih laper ngga ada susu ya."
on arka, karena sudah lebih mengerti, gue udah terapkan: no meal - no nothing else.
kalo makannya ga abis, ya ngga boleh minum susu,
ngga boleh kue, ngga boleh apapun. that's that.
lebih gampang diatur, karena dia tau no milk means no milk, and he hates that.
makanya dia mau duduk manis sampe piringnya kosong.

kadang susters tu suka merasa punya kewajiban masukin sepiring penuh ke perut anak,
nggak salah sih... mubazir ya kalo kebuang.
tapi akibatnya, venue makan jadi pindah pindah, dari meja-tempat main-rak buku,
kadang makan bisa sampe sejam 45 menit,
that makes me unhappy. apalagi si makanannya udah ngga karuan bentuknya.
makanya batas makan 30 menit itu cukup,
kalo mereka masih half full, nanti disambung lagi setelah sejam-dua jam.
TAPIII, jangan dikasih susu atau cemilan ditengah tengah.
jadinya sama aja boong yes.

nah di sesi ini, yang lazim terjadi adalah ibu mimut mondar mandir meja makan,
ke dapur, ke belakang cek gorengan di atas kompor, ke meja makan lagi.
mengakomodir anaknya yang lagi makan, sambil goreng makanan untuk diri sendiri.
si arka, suatu pagi, lagi duduk tiba tiba cengingisan bilang ke gue,
"mba mba, aka minta sendok mba."
HEH, gile maknya dikata mba mba restoran,
titisan malin kundang siyah maneh!!! teu sopan ku indung... euleuuuhhh euleuh.

on eating out
step pertama kedua ketiga tetep sama.
2 high chairs,
2 water bottled,
30 minutes time,

kita selalu usahain pilih makanan yang gampang dimamah sama mereka,
my current fave is finger foods and noodles.
anak anak gue gampang banget makan kalo mie,
dan udah kinan bisa ditinggal, bisa ngabisin sepiring finger foods dengan gampang.
tambahan untuk makan diluar adalah timing.
usahakan sekali duduk di restoran pas mereka laparrr hahaha...
DAN, usahakan sekali untuk makan bareng untuk menghemat waktu.

once upon a busy afternoon, gue bawa anak anak ke mall just the 3 of us.
mau bayar gajian kantor doang sebenernya, sama makan.
pas antri di bank anak anak udah gelisah, they're hungry. horehhh.
kita ke fish &c*, pesen fish platter aja.
anak anak duduk di kanan-kiri gue, makanan dateng,
siap laksanakan step 1-2-3.
sambil gue juga makan.

guess what? they're happy!!!
makannya pada banyak, selain emang udah pada laper,
arka liat gue makan, ikutan semangat makan.
kinan makan sendiri finger foods nya dan porsi yang gue kasih diabisin.
it was my glorious moment loh. my first time eating out with the kids.
pat on my own back.

abis makan gue jongkok jongkok di kolong kursi kinan,
karena banyak tumpahan makanan yang harus gue comotin pake tisu untuk dibuang.
i want them to be civilized at public, macem bule gituloh.
kalo bawa anak makan di tempat umum, kayanya bekas bekas makanannya gak pernah parah,
dan emang kita terbiasa meninggalkan tempat makan se-rapi mungkin,
walopun ngga sampe dicuci sendiri sih ya bok...

on strolling 
ketika jalan jalan sama 2 anak kecil,
tadinya gue bingung, bawa stoller atau engga.
kalo bawa 2 stroller ya ndak mungkin kan ya... stroller gua pan kaga tandem.
kalo bawa cuma 1 pasti ahirnya malah rebutan duduk,
terus end up salah satu minta gendong. lhaaa... ya ndak applicable juga.

paling pas so far, with a 3 yo and a 1.5 yo,
adalah jalan biasa. just make sure that we won't go so far, ksian juga kalo pada gemfor.
tadinya gue pikir tangan kanan dan kiri gue masing masing harus menggandeng 1 tangan kecil.
tapi engga juga ternyata.
i told arka: "mas, adiknya digandeng, dijagain ya." dan dia mengerti.
kalo adiknya mulai wira wiri berenti di etalase toko, dia tarik tangannya, jalan ke arah gue.
niatnya sih gue pingin encouraging arka to be a responsible older sibling.
so far it works, hamdalahhh.

kalo adiknya mulai gratilan, suka diomelin sama arka:
"deknan, jangan main itu. mau ikut aka ngga? mau kan? ayo nurut aka, jangan main itu."
AKKK! the exact same line that i use. gileee, bisa hafal loh dia.
guess i can fully utilize the little supervisor from now on.

on the road
how's driving a car dengan 1 batita dan 1 balita,
berbekal ijasah carseat certified, it was a pleasure ride.
walaupun sempet gentar pas mau berangkat,
takutnya mereka minta macem macem pas gue lagi nyetir.
but it didnt happen, they were as sweet as honey.
duduk manis di tempat masing maaing, bersebelahan.
sebelum gue nyalain mesin, tawarin dulu susu ke anak anak,
jelasin kalo pas mamah nyetir, ngga bisa ambilin susu so they have to wait.
yaudah deh, sip banget. ngga ada yang minta susu, ngga ada yang nangis.
driving a car that day was so therapeutic for me,
setelah berhari hari ngendon dirumah bertigaan doang.

other things
playdate! is an amazing event. hahaha...
waktu itu kita hadir di playdate ceria sama sahabat sahabat gue,
tempat main nya juga gak terlalu gede jadi semuanya bisa diawasin,
sambil gue duduk dan ngobrol ngibril, lumayan banget.
ibu mimut bisa istirahat rehat, berasa segeran abis ketemuan.
pas banget juga salah satu peserta playdate udah rada gedean,
jadi udah bisa pegangin kinan hihihi, thank you kakak ciz.

nah, semua micro mini notes ini do-able with only two hands,
kalo ada pak suami, silakan gunakan 2 tambahan tangan belio.
kalo ditambah nenek kakeknya anak anak, silakan gunakan 6 tangan yang ada.
or even 10 hands if you're really lucky to have all the grandparents around.
ibuknya ongkang kaki ajah, ngeteh cantik hahaha...



Comments

danirachmat said…
Aih tipsnya applicable banget Mbak. Ini anak saya baru 4 bulan. Mau wandering back di blog inih ah kapan-kapan buat cari tips-tips dari bayinya.
Salam kenal dulu, ya :)

Saya baru punya 1 anak usia 1 tahunan aja rasanya masih pengen teriak "helep, helep!!!" dari sekian jumlah tangan, tapi sayangnya anak ini lebih sering "beres"-nya kalo saya sendiri yang meng-handle. Itu kali yah, seni 'mengoptimalkan tangan' dalam mengasuh seorang toddler :)

Thanks for the insights :)
risti hends said…
aih alhamdululilah, senangnya bisa membantu ya, silakan monggo monggo. tapi maap kategorisasinya masih harus dirapiin nih. biasanya aku tag under family-children-anak-arkananta-kinantya. selamat membaca :))
risti hends said…
hai mba diar, salam kenaaal :)
wahhh, 1 taun lagi seneng2nya gratak tuh ya hihihi.
iyaaa,aku juga berasa kayanya pas handle anak2 sendirian kok semuanya lebih beres. rumah lebih rapi, kamar mandi ngga pernah bau, rak buku lebih rapi hahaha... kayanya gara2 perfeksionis kaliya.

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown