The carseat-less-car

jadi emang dari arka bayikkk, mobil kita selalu ada carseat nya.
alasannya sederhana: satu. biar yang nyetir ngga grogi hahaha.
dua. waktu baru kawin dulu, pernah nganterin temen yang nebeng,
dia bawa anak, like 3 yo gitu. mobil gue kan MPV yang emang gede ya,
guess what, he jumped up and down the back row seat, like a trampolin!
akika syokkk, se syok syok nya.
mungkin dia gembira, karna naik mobil yang luas banget hampir kaya bus,
makanya loncat loncatan, but still, aku nda pernah nemuin perilaku ini, aku siyokkk!
that day i swore, my kid will learn how to behave in a moving vehicle.
plusss erw pun sungguh freak kalo tentang kebersihan dan kerapihan mobil.
so here i am, kalo kata puspi: the carseat-zilla.

kita cuma punya 1 carseat, dipake arka pas lahir, sampe pas dia 20 bulan.
pas kinan lahir, carseat nya buat kinan, arka dibeliin booster seat.
all is good, until a couple weeks ago, karena ada perubahan permobilan,
udah beberapa minggu ini kita pinjem mobil si mamah,
karena cuma akan pinjem sementara, carseat & booster nya ditaro aja di rumah.
ksian juga mamah kalo mau pake mobil, mau bawa barang,
tapi space barang nya jadi kecil karena kemakan carseat.
jadi aliasnya, beberapa minggu ini kita kemana mana ngga pake carseat satupun.
dalam hati, aku si carseat-zilla berteriyak: OH NO!!!

tapi ahirnya gue pikir: inilah saatnya membuktikan,
bahwa ajaran carseat gue dari anak anak keciiil, terbukti ampuh.
terus kenyataannya reality bites ngga?
ummm... well, bites a little hahaha.
yahhh, pada ahirnya kalo bawa toddler dua biji,
kadang kadang sans nanny, ya emang ada aja kejadian pengelus dada.

jadi formasinya, kalo gue nyetir, dan mbakmi ikut (aka berangkat sekolah),
arka kinan duduk di depan.
nah kebetulan si mobil yang lagi kita pake ini, guedeee luar biasa.
berasa jadi supir travel cipagant* loh... asli gede banget.
godaannya adalah: anak anak tanpa carseat being regular kid,
pinginnya pindah pindah row. depan-tengah-belakang-tengah-depan lagi.
dan seterusnyah. pening yah *pijet jidat sendiri*

di awal awal kita naik mobil ini, anak anak masih asik aja pindah pindah row,
ngga ada yang mau duduk diem. ahirnya kena semprottt ibu mimut,
dalam satu trip, sekali dua kali tiga kali sampe sepuluh kali diingetin, gue masih sabar.
anak anak masi ketawa ketiwi, pindah pindah loncat sana sini ganti gantian.
kira kira di trip ke limabelas, i lost it. ini harus ditindak inihhh...
masalahnya bukan apa apa, bahayanya itu lohhh. serem kaaan kalo kenapa kenapa.
ahirnya gue minggirin mobil ke bahu jalan, gue pake nada ketus,
suruh mereka duduk di depan, mereka nurut, nada mamah udah ga enak soalnya.
setelah mereka duduk jejeran, gue turun, jalan ke pintu mobil penumpang.
gue buka pintu mobil. keluarin telunjuk sakti, ngomong ke mereka.
aturan di mobil adalah duduk, diam. kalo mau pindah pindah, silakan turun.
siapa yang mau turun?
dua duanya bengong dulu... sampe ahirnya tangan mereka gue tarik keluar mobil.
baruuu, pada nangisss. ampun ampun, insap bilang mau duduk.
berbelas belas trip kemudian lancar jaya. semuanya duduk manis, di tempat masing masing.

sampe kinan, taunya milih berdiri di jok, daripada duduk.
hhh... whyyy, kin? whyyy...
udah gitu, ni anak tengil banget, kalo gue kasitau, dia suka bales gini:
"mamah nakal, kina ngga mau sama mamah."

idiii, dasar si ketek kecuttt, nyebelin banget.
ahirnya gue minta tolong arka, untuk ajak adiknya duduk,
kadang kadang berhasil, kadang kadang engga.
sampe suatu hari gue rem mendadak gara gara angkot depan berenti mendadak,
kinan jatuh, jidatnya kena setir. NANGISSS...
horeee... kena juga ahirnya ya nakkk. ahirnya tau yaaa kalo bediri itu bahaya.
abis kejadian itu, gue cuma tinggal bilang "kin, kalo bediri bahaya, bisa jatoh kaya waktu itu."
and she sits. there, good girl.

terus, udah tentram bahagya dong acara nyetirnya?
oh tidak hahaha... ya susah yaaa, membuat anak 4 tahun & 2.5 tahun duduk diem di mobil.
mbakmi cukup membantu sih, keeping all stuff di ditempatnya supaya semua barang aman,
but still. the best nanny to do this will be me. the mother. hahaha.
dan gue rasa hasil ajaran carseat-zilla nya cukup berhasil.
esensi gue ber carseat bukan cuma keselamatan ajasi sebenernya, there's more to it.
terutama gimana anak bisa ngerti sebab akibat, how to be responsible to their action,
and mostly cara appreciate aturan, diawali dengan aturan ibu mimut. tadaaa!

makanya gue gak pernah segitu ngamuknya ketika mereka ngga mau duduk,
i tend to wait and see, if they lose their balance, terus terhuyung huyung.
agak sadis sih ya... that's probably one of the core to my parenting style,
untuk hal-hal yang efeknya bisa langsung diliat dan terasa physically,
mendingan gue diem aja daripada terlalu banyak blablabla, ngga akan didengerin juga,
tapi kalo mereka udah ngerasain... most likely sih keinget terusss.

alhamdulilah skarang kinan juga udah ngerti, bediri bediri artinya bisa jatuh & bahaya.
untuk arka of course it was a lot easier.
godaan terbaru buat arka adalah jailin adiknya, rebutan barang, atau kuwel kuwel adiknya,
padahal adiknya ngga mau, terus berantem. hadehhh...

kalo ditanya, what's the most difficult thing on driving with 2 toddlers without any carseats,
menurut gue, ketika macet.
yesss... udah deh, bubar jalannn. pada bosen dimobil.
biasanya arka gue ajak cerita cerita duluan, preventing him from moving his ass.
kalo udah gitu, kinan biasanya ikut ikutan ngobrol,
kadang kita main injit injit semut juga pas mobilnya berenti total.

the second threat, adalah ketika mereka rebutan. nah... udah deh,
kadang kadang pada saling ngadu ke gue, padahal gue gak liat what exacly happend.
but when it happen, biasanya gue cuma minggirin mobil ke pinggir, injem rem,
kalo mobil udah melambat, terus mamah udah keluarin telunjuk,
nah... pada berenti deh rebutannya. aha!

i don't know if this is the correct way, on how to train kids to sit still in a moving vehicle,
but my gut feel says this is perfect for us.
yet however, i wish our carseat-ed car will be with us very soon, aminnn.

Comments

mecaonic said…
aku suka kalo ibu mimut dan ibu puspi uda posting2 ttg parenting..

and definitely.. bookmarked!! :D

risti said…
aaa, so honored *tersipu sipu maluuuwww* thanks for reading :*
Kiky Amel said…
Salam kenal ya mbak mimuut. Aku suka cara kamu posting. Kayak mumbling, tapi tiba-tiba, Triiiing, ada pesan :D

Lanjutkaan :D

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA