Tentang calistung

waktu itu imesej-an sama temen baik gue, yang anaknya satu sekolah sama arka,
tentang calistung. huwowww sungguh emak emak.
intinya sih, di luar negri (waktu itu kita ngobrolin UK), anak 4 tahun udah bisa nulis nama,
terus kita berdua panixxx hahaha... panik campur galau gila gilaan.
karna di sekolah anak anak kita, di TK nol kecil ini emang ngga diwajibkan.
tapi kok tiba tiba anak anak seusia itu di tempat lain udah pada bisa ya?
waduh!

to be honest ya, gue yang kompetitip ini tentu saja ndredeggg,
tau anak lain udah bisa nulis namanya, udah bisa ini itu,
anak gua? pegang pinsil aja masi belum firm. OH BIJIMANA INIII?!
gue sempet mau ikutin kumon, paling ngga latian pegang pinsil lah.
tapi baru buka trial gratis oktober nanti, yaudah in the mean time tunggu aja.
i kept the worries to myself, sampe waktu itu dipanggil bu guru,
untuk ngobrolin tentang kebiasaan anak dirumah, personality nya dan sebagainya.
ahirnya gue curhat sama bu guru, that i was so damn worry about arka.
lha iyadooong!!!
udah mana anak agustus, belum firm pegang pinsil,
pun umur dia kurang sebulan remember?
worried abisss dia bakalan ketinggalan sama teman temannya.

i thought bu guru akan encourage gue untuk ajarin ini itu ke arka dirumah,
but no. kata bu guru, anak usia nol kecil itu baru diajarkan mengenai kesiapan belajar.
pengkondisian, kesiapan mental, kepatuhan terhadap aturan, yang kaya kaya gitu.
pelan pelan nantinya baru akan diajarkan aksara.
OOO NGONO THOOO...
laporan bu guru adalah, arka bisa menyesuaikan dengan baik terhadap lingkungan sekolah,
dari usianya yang paling muda di kelas, dia termasuk salah satu yang mudah ditangani.
dia cerdas, antusias, mudah mengerti apa yang disampaikan, sudah tahu pakem norma,
not a difficult child, relatif penurut juga sama bu gurunya.
cobakkk, dibilangin gini hati ibu mana yang ngga terbanggg hihihi.

ketika gue bilang mau masukin arka ke kumon, bu guru bilang "gak usah."
di sekolah sudah cukup kok latihan motorik halus,
ketika gue agak insist bahwa arka belum firm pegang pinsil,
bu guru janji she will keep me updated kalo arka perlu dibantu dari rumah.
oh leganyaaa...

tentang pelajaran membaca nya, dulu gue pernah consult sama seorang bu guru,
metode di sekolah ini adalah, anak akan diberi pengertian dulu mengenai kosakata,
melalui bunyi lafal, baru nanti diajarkan aksaranya.
jadi mereka dibuat ngerti dulu, maksud kata nya apa, baru diajarin cara bacanya gimana.
i don't mind with that... karna agak percuma juga bisa baca b-u bu, d-i di,
tapi gak tau budi tu artinya apaan. yaaa susah juga ya kalo gitu...
tetep kaga bisa baca koran dong ya hahaha!

progressnya adalah, ketika kita lagi ngobrol santai, si arka suka nyambungin nyambungin kata,
jadi misalnya ngomong buku, dia bilang kuku, duku, susu, gitu.
gue agak kaget, eh kok dia bisa ya cari kata yang lafalnya sama... oh ternyata emang gitu awalnya.
mudah mudahan lancar kedepannya ya masss.

terus jadi gimana sih si calistung ini?
yaaa gue sih gak mau maksain ya, gak asik juga kalo jadi trauma dan malah males.
so far gue cuma akan buka mata & keeping myself aware tentang ini,
terutama aware soal laporan bu guru tentang kemajuan arka di sekolah.

diluar sana, juga perdebatan banget kok... ni gue baru nemu artikel,
tentang calistung yang mustinya ngga diajarin ke anak TK. klik disini ya.
but then, ada SD yang mewajibkan siswanya sudah bisa calistung sebagai syarat masuk kan!
yah... yuk selamat dilema bersama sama deh ya ibuk ibuk, bapak bapak.

menurut gue sih, stay true to your parenting style.
kalo emang menerapkan metode santei kaya di pantei, yaudah. stick to it.
lihat lembaga yang membantu kita in this case, the school, gimana metode mereka.
kaga usah panas kupiiing ama anak orang lain hahaha, panas hati juga gak usahhh.
ntar malah setresss terus galau! hahaha.
bue gue personally, i don't wanna push things to arka. gue cukup percaya sama sekolahan,
anak gue gak bisa nyanyi twinkle twinkle pas 2 taun juga gapapa kok,
dari laporan sekolahnya, dia bisa keep up dengan garis ekspektasi yang ditentuin oleh sekolah.
that's enough. i'll let him be a child for now.

jadiii agaknya batal dulu masuk kumon.
duitnya bisa buat beli kerudung baru, teteuppp... hahaha

Comments

Anonymous said…
Ris, ini kegalauan hati gue banget nih. Pada dasarnya gue ini pemalas dan santai, tapi juga panikan dan kompetitip kalo denger anak lain udah bisa ini itu.
Apalagi pas baru pulang dari Indo dan keliatan kalo Kai ketinggalan jauh sama anak2 Indo. Walopun kalo dibanding anak sini kayanya sih normal2 aja. Tapi kaya elo, gue kan jadi mikir...kalo yang di sana bisa harusnya di sini bisa juga dong.
Gak usah calistung. Masalah warna dan bentuk aja Kai belum hapal. Gue tanya sama posyandu sini katanya sih normal, tp ada DSA di Indonesia yang bilang harusnya umur se Kai itu udah lancar warna dan bentuk.
Gue pun langsung faaaniiik.

Gue setuju banget yang lo bilang, stick to your parenting style. Masalahnya...gue belon tau syle gue ini sebenenrya begimana? Labil2 mulu sih.
risti said…
ayokkk fanik bersama antar benua!!! hahaha... ah gue yakin lo pasti punya parenting style ka, lo aja yang ngga sadar. cara lo ngajarin apa apa ke kai & sami tu udah bentuk style ko!
dan soal calistung ini, mendingan lo ambil salah satu barometer aja. kalo emang disana normal2, it IS normal. tenang ajahhh, kai sami kan akan head to head nya sama anak sonoh. when it's normal, tell yourself that it IS. then it's gonna be OK. ok?!
ayok berpelukan dulu hahaha

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA