kinan: "kina ngga mau syekola, mau sama mama ajaaa"

the title is taken from this post:

arka: "aka ngga mau syekola"


separation anxiety is back in townnn!
tapi ngga mau sekolah nya ditambah sama gerung gerungan nona poni:
"kina mau sama mama aja"
terus air matanya ngembeng... hadehhh...

seinget gue, separation anxiety nya arka ngga separah ini.
entah karna (1) he's a boy, lebih cuek. atau
(2) emang jarang banget gue manja manjain, atau
(3) waktu dia 2.5 taun, gue lagi fokus ke baby kinan.

tapi inilah jurnal tentang anak kedua, yang anaknya manis banget,
tapi tantrumnya ngelebihin sepuluh babon ngamuk.
i kid you not.
kemarin masa masa abis lebaran, gue pikir okelahhh separation anxiety.
biasanya kan sama gue terus, nempel.
skarang gue harus kerja, sekolah, ini, itu gue pikir dianya bakalan lancar aja.
yaaa, namanya juga harapan, kadang tidak sesuai kenyataan.
yang ada adalah, on some good days, kinan mau diasuh sama mbakmi,
on not so good days, dia ngegandol di kaki gue nangis nangis pilu.

beberapa minggu yang lalu, gue sempet mikir: what's wrong with us?
antara kaget, karena arka ngga ngalamin kegegeran kaya gini,
sama pusing, ini gimana ngatasinnya?! udah agak lupitaaa.
terus agak kesel juga, karena gue suka samain kemampuan kinan sama arka.
which is unfair, karna arka udah 4 taun. he's so easy to manage.
beda sama si nona cilik ini...
tapi ya gitudeh, punya 2 anak aja suka lupa, kalo yang satu masih bayi,
jadi treatment nya harus beda.
gimana orang jaman dulu sih ya, punya anak 10-11 gitu... uhuuu!

looking back on this blog,
beberapa hal yang gue inget waktu arka kena separation anxiety adalah:
be cruel. hahaha.
maksudnya, kalo emang harus berpisah, kuatkan hati, tinggalin anak sama orang terpercaya.
and that's it. gausah dipikir pikir nanti dia gimana gimana.

satu-dua-tiga kali ngelakuin gini lama lama orang rumah jadi terbiasa.
walopun kru asisten ku new comer, alhamdulilah pada kooperatif banget.
begitu gue udah harus pergi, gue pamitin kinan and just walk out the door.
mereka langsung sibuk keluarin segala mainan, alihin perhatiannya si poni,
and that's it.
gue jaga mood gue, supaya ngga kepikiran, fokus supaya urusan cepet selesai,
terus cepet pulang lagi ketemu dia.

the last time was yesterday, gue harus study grup, jalan jam 2.
ya gitu deh... drama dulu 45 menit.
ahirnya gue pamit, gue sun pipinya yang berurai air mata... terus gue pergi.
pas gue cek sore sore, anaknya baik baik aja, lagi main.
terus malem tidur sama erw, saking udah ngantuknya baru ditaro di bantal langsung merem.
SEE!

the other day she refused going to school. haduuu...
hari pertama mogog gue biarin dia diambil bu guru, sambil nangis nangis.
hari kedua, i learnt my lesson. gue ajak dia main dulu, main ini, main itu,
sambil main, gue duduk di belakang dia, dan dia terus liat liat ke belakang,
pas dia udah asik sendiri sama bu guru, gue mindik mindik.
and it's fine sampe siang. AHA!

or some time last week, kinan ngamuk gak bolehin gue ngantor,
pinginnya sih gue ikutan ngamuk juga, apalagi kalo inget kerjaan segunung.
bahhh.
tapi gue zikir aja, abis tenang, gue peluk, gue ajak main bentar,
terus gue tawarin nonton teletabis, dia mau. kita nonton sambil peluk pelukan.
terus dia mainan masak masakan pake air, asik sendiri,
gue tinggal. TADAAA!

then i come to a conslusion: nothing is wrong, really.
dia cuma lagi fase aja, AMINNN...
fase ngga mau pisah sama mamah, fase ngga mau sekolah, makan diemut.
yaudah... dihadapin ajahhh.
paling siapkan comfort food lebih banyak, terutama menjelang PMS...

kalo erw, solusinya adalah...
silakan, kalo ada yang mau angkat kinan jadi anak,
4 taun aja cukup. kita ambil pas dia 6 taun lah gitu...
pas printil printil bayi menjelang toddler nya udah beres.
bapak gemblung!

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA