A year after the starting line

gak keitung yaaa sumpah serapah gue disini, di path, dimana mana,
about how school is being mean to me hahaha.
kalo orang waras, dengerin berpuluh keluh, pasti bilang
"yaudah lah, berenti aja."

true.
sebenernya gue juga penganut aliran realistis, kalo udah ga mampu, yaudah.
quit.
but not this time.
emang ya, berattt banget... gak boong deh, kalo jalanin satu satu sih gapapa.
misalnya, kerjaan berat, tapi kuliah enteng, anak anak anteng.
atau kerjaan enteng, kuliah anteng, anak anak batpil.
yaudah lah, gapapa.
tapi kalo combo ini yang gue rada kejengkang,
but then again, gue kan gak ada kuasa untuk ngatur ngatur timing ya.
boro boro timing kapan anak batpil atau engga,
timing temen temen se tim gue pun gak bisa gue atur 100%.
jadi emang bergantung sama kesadaran pribadi aja tuh, kalo nyeleseiin tugas.
well, so far it was an ok
ok nya kecil hahaha...
But my team is improving a lot sih, part of the learning process lah.
Belajar sabar hohoho

manfaatnya sih besar ya ikutan sekolah lagi ini...
kalo diterangin macem macem sama klien, gue lebih cepet nangkep,
kalo ada projek gue bisa lebih banyak kontribusi ke tim.
menyenangkan banget bisa tau lebih banyak hal, i always love that feeling.
dan pekerjaan gue kan lintas industri, ya.
hari ini klien FMCG kecap, besok minuman ringan untuk segmen menengah bawah,
besoknya kelapa sawit, terus institusi pendidikan.
this is where it gets more and more interesting, gue bisa langsung aplikasikan ilmu ke pekerjaan.
love it.

udah gitu, banyak deadline dan kepepet-ness yang terjadi,
membuat gue sering banget introspeksi diri... hasilnya ada 4:
1.
i'm a neat freak menjurus ke OCD.
gue baru tau, gue gelikkk kalo liat power point gak rapi. ih, super ewh.
selama ini kan kalo bikin power point untuk kerjaan kantor udah ada template nya,
terus kerjainnya barengan sama anak kreatif, jadi mereka yang atur atur.
gue tinggal isi isi... tapi kalo tugas kelompok kan bebas ya template nya.

ternyata gue gemesss liat kotak yang ukurannya beda beda, font yang beda beda,
warna yang gak harmoni. hahaha, aneh abisss... gue juga baru tau
jadi gue mendingan spend my leisure time re-doing the presentation. biar rapi!
mungkin karena kerja di bidang brand, gue jadi sadar penampilan banget ya...
a good presentation is a plus loh btw. apalagi kalo bawain presentasinya menarik juga.
yang dengerin jadi hepi, ilmu meresap dengan sempurna, diskusi jadi lancar menyenangkan.

oya, and i just knew, that arka showed a glance of the same behavior too!
jadi wiken kemaren arka & kinan gue kasih quilt bayi bekas mereka,
untuk main kemping-kempingan, jadi ceritanya mereka tidur tidur di quilt itu.
terus arka gelarin punya adiknya, eh gambarnya terbalik...
he noticed, and went "eh, terbalik niii gambarnya. harusnya gini."
sambil dibener-benerin... gue yang nonton berdua ama si papah, liat-liatan.
"omaigat papah! ini kok kelakuannya kaya aku banget!!!"
si papah ketawa ketawa...

2.
gue tetep gak suka ditunjuk dan ditanya sama guru.
dulu guru kimia, pernah nunjuk gue, suruh maju selesein soal.
gue gak bisa. ngga ngertiii... terus gue cengar cengir aja di depan papan.
si ibunya cuma bisa geleng geleng sipatu geleng. bwek!

nah ada lagi nih, pak dosen post-grad.
dosennya emang suka nanya-nanya-nunjuk cyin!
just last friday, kita kan presentasi, ebusettt... tegang bin spaneng yes.
pas kita abis presentasi, salah satu tim gue ditanya individual.
gue tegang gilak. eh pak dosen bilang "yang lain santai aja, santai, santai."
rasanya pingin mbalikin meja, terus bilang "disuru santai? EXCUSE ME??? tegang gilak gue"
but of course it only happens in my mind hahaha.
tapi at the end, he gave us a compliment for our presentation. TOS DULU GENG?!
PLAKKK!!!

3.
i like listening to stories, in full circle.
menurut gue, post-grad harusnya tu lebih detail ke kehidupan nyata,
jadi gak boleh teori semuanya.
teori tu bisa dibaca sendiri di buku, sambil dasteran, minum es coca cola.
yang gue butuhin tu lebih ke pengalaman, cerita cerita si dosen,
terus problem-problem yang nyata dan solusinya. gitu yang asoi.
dosen dosennya juga gak cuma ceritain kasus kasus national companies kok.
banyak juga cerita tentang perusahaan di seluruh dunia.
jadi kita bisa belajar, kalo ngadepin situasi kaya gitu, kira kira gimana solusinya.
karena akiks ambil post-grad nya disini,
jadi banyak juga masukan tentang how indonesian companies and leaders are behaving.
itu jadi insight juga buat gue ngadepin klien...
kan yang gini kan lebih berbobot tuhhh, daripada cuma hafalan teori aja.

kalo emang lagi jatahnya teori, gue lebih suka dosen yang jelasinnya dari A sampe Z.
penjelasannya panjang dan muter gapapa,
tapi make a full circle so that i undestand the whole thing.
bukan apa-apa ya, pan gue juga bayar sekolahnya full bow, A sampe Z,
benefitnya harus kumflit dooong hahaha...
dan gue demand harus dapet teori juga lengkap dong, sampe ringkasan asal muasalnya.

dosen riset gue, the best.
jadi dia jelasin statistik riset kuantitatif ya... tapi diterangin dulu logikanya,
chi square tuh artinya gini gini gini, gunanya gitu gitu, cara bacanya gina gitu,
baru deh, diajarin cara pencet pencet software nya.
jadi ilmunya nyampe ke gue dalam lingkaran yang utuh... TOP ABIS,
gue yang fobia angka sampe tertarik untuk coba coba pencet & latian analisa,
bela belain pinjem laptop kantor lohhh untuk install spss. bravo.
recommended banget si bapak kumis ini.
meskipun kalo hari rabu celana dia warnanya itu terus. aku mahasiswi resek tukang gosip hihihi...
oh well, maybe he's like batman, punya beratus ratus kostum yang modelnya sama.
si bapak pasti punya beratus ratus celana dengan warna & model yang sama.
gapapa pak... i tetep like!

4.
i hate kepepet-ness,
membuat segalanya lebih tegang is not my kind of fun hahaha.
i work better when i have enough time to do my 'homework',
i always need proper research, proper discussion, baru gue hepi.
menurut gue, kalo semuanya direncanakan dari jauh, dan semuanya komit,
hasil kerjanya pasti lebih bagus deh. PLUS, seluruh tim jadi ngerti tentang materinya.

yeah...
so i stumbled upon remember last year's post
jadi, kurang lebih bulan maret taun lalu, kita pertama kali kuliah perdana.
today, one year later, i'm still here, walopun agak enekkk hahaha,
terutama erw... hahaha, enekkk denger istrinya ngeluh kurang tidur.
temen temen seangkatan gue tu seneng banget saling menyemangati & tularin positivism.
so helpful! honoring my besties tempat aku berkeluh kesah.
and the entire class of angkatan 24, nih lagu hold on,
dari mbak mbak wilson phillips.

hold on ya guys, this end of year, we'll get this done.
peyuuuk!



Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA