The tale of toilet training

mengaku sebagai ibuk ibuk agak rabid,
cencunya untuk khalifa arkananta sangkara alias my first born,
semuwanya serba prepared, disertai riset sana sini, supaya prosesnya cesss pleng.
salah satunya tentang toilet training ini.

sejujurnya, gue si gak terlalu worried di usia berapa arka bisa mandiri buang air.
tapi dompet gue worried - musti beli diapers sampe kapan hahaha... gak deing.
really. i wasn't worried at all.
ah ntar juga bisa sendiri lah...

mulai tertohok waktu arka masuk kelompok bermain, buguru tanya:
arka sudah mulai dilatih pipis sendiri kan, bu?

krikkk... terpaksa manggut manis aja.
kenyataannya, udah sih... dikit... dikiiit banget hahaha.
gue cuma beliin anak anak dudukan toilet yang kecil gitu,
supaya ngga pada nyeblos.
sempet gue beliin buku tentang toilet training & associate the character with him.
dan gue gak telaten nyuruh dia pipis tiap sejam.
nanny nya waktu itu apalagi. bahhh...
dan si nanny itu waktu itu kalo ngepel kurang bersih.
jadi rumah gue tercium aroma aroma pipis gitu. ewh, sebel.
ahirnya: udahlah, pakein diapers lagi aja.

sulit bagi gue untuk memaksakan toilet training ini ke arka,
gue gak pengen pengalaman harus pipis-padahal gak mau pipis,
dirasain sama dia.
kalopun gue ngebujuk dia pipis, paling gue cuma ngajak: mas, pipis yuk.
kalo dia gak mau, gue cuma bilang: okei, nanti kalo mau pipis ke toilet ya.

terus sekarang? anaknyah udah 3,5 taun?
bisa bisa ajatuh. lalala...
i don't really know how he did it, actually.
gue cuma sering ngobrolin tentang diapers sama arka.
bahwa yang pake diapers tu anak bayi, sama adik adik.
kalo kakak kakak yang mau TK, engga.
pake kolor, terus kalo mau pipis, mau pupi, bilang & jalan ke toilet.
udah cuma omdo doang gue. hahaha...
sama dikit dikit trigger dia, dengan lepas diapers kalo siang.
tapi begitu magrib, pasang lagi.

school is helping a lot too,
mungkin dia liat anak lain ngga pake diapers & suka pipis rame rame ke toilet,
he's encouraged to do so. maybe ya, i don't know.
all i know is, tiba tiba dia ngajak ke toilet, buka celana sendiri,
terus pipis. and i was amazed. lhaaa, dia bisa pipis sendiri hihihi.

yes, to me, this little man, is incredible, seperti yang pernah gue bilang.
when he's ready, he's ready.
ketika dia mulai ngga nyaman dengan celana yang basah, he'll go.
atau ngga nyaman dengan diaper yang nggembol diantara kakinya waktu tidur malem,
dia akan minta lepas diaper sendiri sebelum tidur malem.

so today, alhamdulilah 3,5 taun aja gue beliin dia diaper.
siang siang udah lepas total, malem juga, udah 2 minggu ini lepas,
and the mattres is still dry.
cuma kadang kadang aja dia suka lupa, jadi ngopol dikit di celana.
but when he did, he was so embarrassed, because he knows he's not suppose to wet his pants.
i had to tell him that it's OK to forget once in a while.

ah my funny little man.

gambar dari mbah google

Comments

gw masih berusaha nih toilet training Aghnan. Ntah kenapa blom ngerasa gak nyaman aja, dan ketika ngompol cengengesan aja gituuuhh.. T.T Mungkin emang blom siap juga ya Ris. *panjanginsumbusabar*
risti said…
*pijetin anggi* sabarrr sabar. menurut gue, intinya don't push it!!! he's a human too, pasti di satu titik ada ngga nyamannya kok. atau bisa di'pancing' dengan diapers are for babies. ngaruh banget di arka, plus gue menggadang gadang momen dia akan masuk TK. once he's ready, he's ready nggi. cumungudddhhh! *pijetin lagi*

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA