Arkong and kinpon: 3+ yo and 1,5+ yo

suka lupa kalo mencatat hal hal kecil tentang manusia manusia kecil,
bisa jadi sangat menyenangkan hati seorang ibu,
jadi aku si ibu rabid mau nyeneng-nyenengin hati dulu.
HIDUP RABID! HOHOHO...

arka
1.
on manner
suatu pagi pagi waktu berangkat sekolah,
arka mulai ricuh dari sejak mobil keluar komplek.
awalnya karena adiknya pingin setel CD di mobil,
tapi nggak boleh sama dia. ih resek abisss...
ahirnya CD ngga gue nyalain, pun ketika arka minta nyalain CD,
ngga gue kabulin.
gue harus ajarin anak gue tentang konsistensi.
maksudnya sih, biar ngga tumbuh jadi orang mencla mencle,
yang pencet sen ke kanan taunya beloknya ke kiri - resek kan yaaa...
dan mulai kenalin ke dia bahwa apapun keputusan dia, selalu ada konsekuensinya.

tadi gak bolehin CD nyala, yaudah, jadinya sepi.
eh ngambegnyahhh sampe parkiran sekolah.
biasa deh, minta ini itu anu serba salah, dan lain lain.
cranky campur remfong kayak ibu ibu pejabat yang sasakannya kempes.
sebelum turun mobil, gue tanya kenapa nggamau sekolah,
dia ga jawab.
gue probe lagi, dia bilang pernah didorong sama anak perempuan temen sekelasnya.
i guess itu mungkin kedorong gak sengaja kaliya?! positive thinking aja,
sepertinya anak anak sekelasnya dia dibesarkan dengan manner yang baik.
though gue juga gaktau, si arka ni cuma asal ngomong atau beneran pernah kejadian

ahirnya gue cuma bilang:
yaudah dimaafin ya. mas ngga boleh pukul anak perempuan.
terus mas ngga suka kan kalo didorong?
makanya mas ngga boleh dorong dorong kalo lagi main, ya.
kalau mau apa apa bilang yang baik, jangan berebut.

sebenernya agak pusing juga gue, udah bilang ke bu guru sih,
preventive aja, jangan sampe dia merasa ngga nyaman karena kejadian itu.
yang jelas, gue gak pengen anak gue tumbuh jadi pendendam,
kan bukan nyi pelet yeee, gak usah dendam dendam dehhh bok.
oh such a long way to go!
mudah mudahan i'm standing on the right starting ground.

2.
on reverse psychology
nah ada lagi nih,
namanya anak ya, kan every so often maunya dia beda sama maunya kita.
contohnya kita maunya dia mandi, dia maunya mainan truk,
nah arka udah pinter banget ngeles ni soal ginian.
yang alesan minum air putih dulu lah, ini lah, itu lah...
ahirnya ya nggak mandi mandi.

sampe gue sekali waktu coba cara baru:
yaudahdeh,
kalo ngga mau mandi, ngga usah mandi, sampe besok ngga usah mandi,
biar bau ketek aja ngga ada yang mau nemenin.
ngga usah mandi ya mas.

EH! dianya:
aaah, aka mau mandiii...

ketika gue:
udah lah gak usah, biarin aja bau.

dia makin:
aaa aaa aaa aka mau mandi, mamaaah!!!

aneh yaaa hahaha... yah begitulah.
intinya sih ya nomer 1 itu diatas,
ketika kita bentrok, gue jelasin kenapa gue mau dia melakukan hal itu,
reasoning aja... gue yakin dia juga udah bisa mikir.
tapi ya reasoning nya yang sederhana aja.
ngga mandi, ya bau ketek, ngga ada yang mau deket deket.
he already knew, bahwa bau tak sedap itu ngga bikin ngga nyaman.

kalo erw, btw, reasoningnya bisa panjanggg, ngga karu karuan.
masalah mandi aja bisa ditarik tarik ke pembahasan masalah pori pori ketutup,
terus diakhiri dengan penyakit kulit akut.
bokkk, ya anak 3 taun udah keburu melengosss diterangin hal hal gituan, hahaha.

kinan
1.
on speaking in short sentences
miss pon developed words into short sentences,
jadi kalo gue pulang anter erw, dia udah bangun,
dia nanya: papah, mana?
gue jawab: ke kantor kin. eh kalo dikantor ngapain ya?
dia jawab: keja.
iiihihihi, anak bayik lahir kemaren sore udah bisa gitu ya.

terus karena kita suka panggil dia "kin, kin, kin",
gue suka iseng panggil dia "sodikin" hahaha...
kalo dulu digituin dia diem aja, tapi sekarang bisa protes hahaha.
kalo di sodikin-in,
dia akan bilang: kinyan... kinyan.
maksudnya namanya kinan, bukan sodikin.
maap yah nak, abis kamu lucu banget siiihhh!!!

2.
on being daddy's little girl
like most of little girls in the world,
he quickly shown how lovely she is when becoming daddy's little girl.
jadi anteng, manis, peluk pelukan berdua, udah mana mukanya mirippp, hihihi.

3.
on being thick
gue mulai liat biang dan bakat cuek bebek,
sebenernya bukan ignorant sih, buktinya setiap kakaknya bangun tidur,
dia pasti elus elus kepalanya & peluk. huhuhu, unyuuu...
i guess it was more to being thick aja.

jadi misalnya arka ngomel karna mobil mobilannya diberantakin,
si kinan cuma akan melengos, sambil celingukan, focusing on something else,
as if she didn't do anything that upsets her brother.
atau, sambil arka ngomel, kinan hanya akan ninggalin mas nya.
hahaha... lucu banget kalo liat mereka mainan bareng.
honestly i have no clue about why she's behaving that way,
mudah mudahan akan semakin jelas kalo dia semakin gede.

4.
on what's right and what's not
ini anak, udah mulai tau saat saat she's in trouble,
jadi kalo sekiranya suara ibu mimut udah mulai tegas & mukanya kenceng,
she knows that she's in trouble.
i hope that she can start to sense what's right and what's not.

jadi pernah ya, dia mainan deket jendela,
terus kepalanya sengaja dimasukin diantara teralis.
walaupun udah diingetin bahwa kepalanya bisa sakit kejepit teralis,
ya ndak didenger ya... yaudahhh, gue biarin aja.
this is a part of the agreement between me & erw,
to let our kids learn about consequences.

nah ngga lama kemudah, baru pas kejadian beneran,
kedua kupingnya kejepit, dia teriak.
i was like "AHAAA! kena juga ahirnya."
dia langsung lari cari si mamay her nanny, tapi gue larang mamay untuk deketin dia,
mommy is doing an intervention. JENG JENG JEEENG...
si kinan, sensing that i'm going to be mad at her karena ngga nurut dibilangin,
langsunggg tambah nyungseppp kearah mamay.

tapi lalu gue gendong, sambil dianya udah nangis nangis duluan,
in the most desperate tone one could ever hear... huhuhu.
kalo ngga kuat iman, gak akan bisa deh bertindak tegas sama anak ini.
gue bawa ke tempat sepi, gue ajak bicara.
of course she was acting ignorant... hhh, bayikkk, sok bangettt.

jadi kita duduk hadap-hadapan, gue berusaha ambil perhatian dia,
by saying: kin, mamah mau ngomong, kin.
like about 5 times.
while saying so, matanya dia muter muter, kepala nolah noleh kanan kiri,
malah nunjuk nunjuk foto,
sebutin ada siapa aja di foto like we always do, "tu capa... Mama. Tu capa... Aka.",

hadohhh...
kalo ngga kuat iman, gue pasti langsung peluk pelukan, lupa sama misi.

then i said: sayang, liat mamah kin, mama mau ngomong.
like about 10 times,
sampe tangan gue ahirnya tangkep muka dia, and i finally caught her eyes.

baru gue bisa sampaikan keberatan gue tentang dia mainan teralis.
gue: "kin jangan mainan teralis ya, kan sakit kan kepalanya kejepit"
dia: "epit... kinyan epit." sambil pegang pegang kepala.
gue: "iya, makanya jangan ya sayang. main yang lain aja. ngerti?"
dia: "ngeti."

it lasted only for 2 minutes dan waktu pendek itu gue pake untuk ceramah.
diakhiri dengan,
gue: "mamah tu sayang sama kinan, kan kasian kalo kepalanya sakit. blablabla."
abis itu, dia LANGSUNGGG peluk gue, huhuhu...
yaudah kali ini ibu mimut udah boleh lonyot, as mission was accomplished a little bit.
jadinya kita peluk pelukan deh hihihi.

Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown