Ignorance is (not) a bliss

not that i'm completely against it,
menurut gue sifatnya sangat tentatif.
banyak kok hal hal yang kalo terlalu dipikirin malah bikin pucing.
kaya pas awal awal punya bayi tuh,
kan sok aktif mencari informasi ya... ikut milis deh.
ada kali beberapa belas, masuk inbox wira wiri.
eh ternyata si mimut malah jadi mumet.
kebanyakan info sepertinya, terus kan info juga gak bisa 100% plek diamalkan.
ahirnya gue tutup mata tutup kuping aja,
dan hanya berpegang sama beberapa sources yang membuat gue nyaman,
i ignore the rest.
but for some other things, i simply can't do that.

jadi beberapa hari yang lalu sempet nyetir agak jauh ketengah kota,
ya maklum, kalo warga sub urban kan paling jauh mainnya ke senayan.
jadi jarang ketemu kekejian ibukota yang sesungguhnya.
sampe kemaren itu... duh lalu lintas... keji deh kamu.
gue bersyukur banget tiap hari cuma kebagian tol jorr aja,
walopun tetep 10 ribu sekali jalan. hiks.

udah gitu people's ignorance on the road bikin hati gue tambah panas.

ada yang mogok, bukannya minggir, terus dibantuin dorong mobilnya ke pinggir jalan,
malah diklaksonin.
padahal yang mogok itu sendirian dan pastinya susah ye ndorong mobil sendiri,
dan gue sih percaya banget, dia juga gak mau loh mobilnya tiba tiba mogok gitu.
mbok ya empati dikit gitulohhh...
kalo dari jauh udah keliatan ada yang mogok, kalo nggak mau bantuin,
ya tinggal ambil jalur sebelahnya,
gak usah pake ngomel klakson klakson ribut.


motor, gak usah ditanyaaa... although i'm an avid ojeg passenger,
jarang banget liat motor yang jalannya kalem, patuh peraturan, ngga ngotot rebutan jalan,
ngga pencet klakson bertubi tubi kearah mobil yang mau motong jalan,
dan ngga merasa dosa kalo motornya harus berenti & kakinya harus nyentuh tanah.

di sebuah perempatan yang udah bundettt dan posisi mobil pada ngunci,
masing masing supir maju dikit dikit supaya ada space yang agak longgar,
supaya salah satu mobil bisa lewat, dan bundet nya bisa terurai.
eh si motor dong... being a jackass,
dari kejauhan udah ngesat ngesot, salip kanan kiri,
terus hajarrr aja nangkring di tengah kebundetan.
ahirnya ya tambah bundet lah... sampe tukang ojek ikut turun tangan,
ngomel ngomelin si motor bandel itu.
ada juga yang kecelakaan, malah ditonton dan bikin jalanan macet.

udah tau jalan padat, ada sirine ambulance, bukanya pada minggir,
malah ikut ikut klakson klaksonin mobil di depannya.
do-ohhh... yang ada ambulance nya gak bisa maju juga.
gak pada kepikiran apa kalo di dalem ambulance tu ada orang sakit,
harus buru buru ditolong di rumah sakit.
duh, gue mah kalo ada sirine sirine darurat gitu, langsung minggirrr...
mobil mobil darurat itu pasti ditungguin banget di tempat tujuannya,
and someone could've lost something really valuable for them. ksian kan.
eh tapi kecuali sirine penjabat ya, itumah ngga pentinggg.
dan gue gak typo... model model ginian mah pejabat-slash-penjahat, 11-12.

terus pernah juga ya... gue juga lagi dibonceng di motor nih,
waktu itu jalanan seantero kelurahan cilandak lagi parahhh.
dimana mana macet, motor aja macet. gue udah telat sekolah waktu itu.
kaki sampe panasss, saking deketnya sama knalpot motor sebelah.
obrolan orang di angkot sampe kedengeran jelas,
sampe rasanya pingin nimbrung ngobrol juga.
biarpun betis udah pegel, tapi pikiran gue gak boleh pegel dong...
jadi gue memelihara happy thoughts by thinking about happy things,
sambil brosing, dengerin lagu di henfon.

nah di depan rs fatmawati, ada mobil, dengan sepasang telapak kaki nongol dari jendelanya.
gue setengah terkikik, mikir dala hati:
idih lucu amat, saking pegelnya kena macet, itu orang sampe selonjoran.
santey, kaya di pantey, kaki nongol nongol di jendela. hihihi...

pas motor gue bisa ndesel ndesel maju, mendekati si mobil itu,
ternyata didalemnya ada engkoh engkoh, pake baju daleman warna putih,
diselimutin sarung 2 biji.
tiduran, badannya dipangku sama 3 orang mas mas.
mobilnya penuh sampe belakang.
duhhh, gak jadi cekikikan deh gue. jadinya malah sedih.

mobilnya mau belok ke kanan, masuk rumah sakit.
moncong mobil udah belok dikit, tapi susah jalan,
karena motor motor ngga ngasih jalan,
pun di arah sebaliknya, macet juga gak gerak.
duh... gue langsung tepok bahunya supir gue. suruh dia berenti,
kasih jalan buat si mobil itu.
supir gue, knowing juragan udah telat sekolah, ahirnya mingsek mingsek mundur dikit,
yang mana langsung diklaksonin motor lain dibelakang kita.
biarinnn...
what if it's someone you're closely connected to, lying in that car.
pada nggak mikir apa? ih sebel.

as a judgemental assumption,
sepertinya orang kalo udah naik motor, mind set nya adalah harus lebih cepet sampe.
mudah mudahan sampe tujuan, bukan sampe rahmatullah, ya.
ngga peduli atribut kehidupan lainnya, orang kaya, orang ngga kaya,
orang cakep, orang ngga cakep, orang sukses, orang ngga sukses.
teteppp samaaa kalo udah nangkring diatas motor.

padahal semua orang juga punya kepentingan,
semuanya juga pengen cepet cepet sampe tempat tujuan.
tapi sayangnya jalanan kan bukan punya engkong kita masing masing.
civilized lah di jalan, ada yang belok, kasih aja jalan.
paling cuma rugi 5 detik, ngga dimintain duit juga kok.
sayangnya gue gak tau gimana caranya nyuruh orang orang untuk berbuat gini,
jadi ya paling cuma bisa dimulai dari gue sendiri aja.
mudah mudahan nantinya turun ke anak gue.

dan kalo bisa, gue pingin bagi bagi ini untuk warga jakarta,
yang saban hari mejrettt kena macrettt.



pheiiisss!
ris

Comments

danirachmat said…
Waktu naik motor dulu ga nyadar apakah kelakuan saya kayak begini juga. Tapi sungguh saya tobat Mba Risti setelah mengendarai mobil sendiri. Saya bertekad untuk patuh dan baik-baik nyetir motornya..
risti said…
nah kannn hahaha... emang biasanya pemotor yang nyetir lebih kalem loh dan, karna tau susah nya ngedaliin mobil kalo didadak suruh ngerem huhuhu. selamat yah dan, atas keinsapan nya hahaha

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Eurotrip 2016 AMS PAR