arka: a month before 3 yo

kurleb 1 bulan sebelum ulangtahunnya yang ketiga, aminnn...
here's some points worth noted about arka.

postur
emang anak gue kecil, atau malnutrisi sih?
perasaan si arka agak mini bentuknya dibanding anak lain.
emang sih belum sempet ke dokter tumbuh kembang untuk ceki ceki.
pun dokter waldi N spesialis anak ngga pernah komen sama growth chart nya.

in my defense, gue pun sampe masa masa sebelum menstruasi, MINI BENTUKNYA.
dulu pas kelas 6 SD inget banget, ada guru yang bilang: baju kamu kecil amat kaya anak TK.
sampe dulu sepupu gue bikin nama populer khusus buat gue: emilia kontetsa.
tengs yaaa... sialan... mentang mentang gue kontet seakan ngga numbuh.
baru pas menstruasi, lumayan nambah signifikan tingginya.

erw was the same, sampe dia usia puber, bentuknya kecil aja tiada gagah.
yah mudah mudahan si arka gede nya GEDE ya...
kalo katanya ikut gen orangtua, bapaknya juga sekarang melembung tuh!


semakin pinter makan!
untuk ibu ibu yang kecilnya susah makan seperti sayah,
sungguh berkah rasanya pas tau hal itu ngga nurun ke anaknya.
jadi setiap pagi arka sendiri yang minta makan & langsung ambil bantal,
menuju meja makan.
langsung duduk di kursinya, terus makan sendiri.
abis?

engga sih. hehehe...
setengah piring, abis itu bosen atau udah setengah kenyang,
biasanya dia ngeloyor ke teras belakang, main sepeda.
end up nya ya disuapin juga.

terbangga adalah 2 wiken kemarin ada family lunch di Signature Kempinski.
love that place!
ada playground nya... hohoho...
gue yang tadinya pesimis bisa makan buffet dengan nikmat,
langsung semangattt!

arka gue ambilin bihun goreng dua ceplok sendok mie nya.
dia minta duduk sendiri, terus makan sendiri,
sementara gue mondar mandir ambil makanan lain.
SO PROUD! dia makan dengan tenang,
pas piringnya udah mau kosong, gue ambilin prawn sashimi,
yang merupakan udang rebus ajadeh yaaa hahahaa...
eh dia mau! digigit2 sampe putus terus dia sibuk sendiri.
terahir terahir gue kasih kecap sushi yaa maap itu namanya apaya?
ehhh, dianya tambah semangat.

terus wiken kemaren, kita kondangan.
gue tenang dari awal, karena kalo susah tinggal kasih nasi, sop, kerupuk. beres.
eh diluar dugaan, pas gue ambil batagor, dia liat liat piring gue,
terus gigit, eh minta lagi. gue ambilin deh sesendok centong penuh batagor,
pakein kecap. ABIS makan sendiri! so proud proud proud.
abis itu lanjut makan nasi sama sayur sop (tetep), terus es krim.
alhamdulilah berkah banget dateng kondangan dapet makan gratis.

ih udah dewasa anak inihhh, udah bisa diajak pergi jauh ya nak...


sibling rivalry
yes, yes yes... gue yakin mau anak beda berapa tahun pun,
kayanya tetap akan ada rivalry ini.
nah kan ini bocils beda 20 bulan sajah ya... so there it was.
seminggu kemarin kan anak anak dipinjem neneknya,
baru ketemu gue hari kamis.
lalu hari jumat pagi, gue nemenin arka makan di meja, dia makan sendiri,
sambi baca baca surat RT, eh kinan dong nyamperin.
minta pangku, terus dia leyeh leyeh di pangkuan gue sambil ngemil keju.


2 detik setelah itu, arka langsuuung rewel.
minta saos tomat-kita kasih.
ngga mau saos tomat-maunya kecap.
ngga mau nasi-maunya ikan.
ngga mau ikan-ngga mau makan.


ahirnya kita diemin aja, eh dia nangis.
hadehhh, nangis cari perhatian bangettt... sampe ahirnya gue gendong & peluk.
ternyata ya sepertinya dia cemburu karena si kinan gelendotan sama gue.
makanya waktu gue ke bank pas break makan siang, gue ajak dia.
kita pergi berdua.
eh hepi benerrr si arka, duduk anteng di stroller, nyengirrr pas dibeliin DVD.
tapi overall, he's behaving nicely to kinan.
kalo ada sesuatu yang excited, kaya ada acara TV yang seru,
dia gandeng adiknya ke sofa, terus ajak duduk bareng.
tapi ya ada juga masanya, adiknya diajak smack down, atau sengaja disenggol sampe jatoh.


clear sentences
pertamanya partner gue yang ngomong: eh arka ngomong nya kok fluent banget ya.
waw!!! i don't even notice. alhamdulilah.
setelah diinget inget, emang udah sejak 2,5 tahun dia mulai fasih berbahasa.
expressing everything in clear and grammatically correct sentences.
dan mungkin kebiasaan denger gue menjelaskan panjang lebar ketika gue melarang,
kalo dia cerita, jadi panjang lebar juga, terus diulang ulang.


minggu lalu kita jemput erw di airport, terus ada pesawat yaaa...
mulai deh arka ngoceh ini itu anu.
tentang pesawat mainnya yang kecil, pesawat beneran yang bisa terbang.
tentang temen sekolahnya yang naik pesawat ke singapur, 
pas liat pesawat take off, nanny nya jelasin: tuh mas, pesawat lepas landas.
arka: landas? pesawatnya landas?
nanny: lepas landas mas...
mimut: iya, itu kalo pesawat mau terbang, namanya lepas landas.

nah pas bapaknya udah naik mobil, si arka lanjut cerita ke bapaknya.
erw: aka tadi liat pesawat? banyak ya?
arka: iya... banyak lagi pada palkiw. itu pesawatnya ada yang mau copot.
erw: ha? copot? apa yang copot?
arka: ituuu, pesyawatnya copot kalo mau tewbang
mimut: lepas!!! lepas landas, mas. bukan copot... lepas landas.
arka: lepas landas?
mimut: iya, lepas landas. bukan copot ya...
arka: kalo copot namanya sepatu
mimtu: iyaaa... kalo lepas aja itu sepatu, dilepas, dicopot. nah kalo pesawat namanya lepas landas. 


daytime toilet training
toilet training daytime nya alhamdulilah udah berhasil. howeeehhh...
kalo siang dia non diapers, termasuk kalo tidur siang.
diapers hanya dipake kalo mau ganti piama. alhamdulilah...
pup juga udah semakin terbiasa bilang, minta anter ke kloset,
terus nyuruh kita keluar, it's a privacy thingy hihihi...
abis itu minta dibersihkan.
tinggal nighttime nya inih yang belum 100%. 
mudah mudahan 6 bulan kedepan udah bisa ya mas. aminnn


OHHH he's a little man, will be 3 yo soon!!! cepat sekaliii gedenyaaa... babyyy *pelukkk*

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA