that little "crack!"

that litte cracking noise in your mind,
that mini heart attack.
tau gak?

kalo jaman SMA, lagi ngeroko ngeroko di kantin,
taunya muncul pak guru entah darimana, dia mau beli teh botol.
crack!
rasanya DEG DEG DEG SERRR...
langsung ngumpet di balik kerat, nyamar jadi botol kalo perlu.

pas nyadar lagi nyetir tapi belum pake seatbelt,
terus ada polisi di pinggir jalan,
dia angkat tangannya kaya mau nyetopin mobil kita.
crack!
padahal dia mau garuk garuk kepala sambil benerin topi.

pas anak lagi main sepeda, tiba tiba rodanya copot satu,
crack!
sepedanya jadi tengleng miring miring, anaknya nangis,
gue nya kaget langsung lari lari nyamperin dia.

atau lagi mainan hape di kelas,
tiba tiba dosen berenti ngomong, matanya muter muter memandangi seisi kelas,
crack!
ngeri amattt kalo dia liat papan nama gue,
nyebut nama gue terus nanya sesuatu, secara gue gak perhatiin sama sekali daritadi.

rasanya kalo udah kejadian, tengkuk berasa dingin,
darah rasanya panasss naik turun dari dada ke leher.
parahhh...
sepanjang gue idup, si kehidupan ini kadang suka njelei sama gue,
suka kasih kejutan kejutan kecil yang kurang lucu gitu.

baruuu kemarin di kelas organization dynamic,
bahas stress management.
eh gileee... kejutannya kok lucu ya.
one main important thing about stress management is: control yourself.
kata pak dosen, denyut manusia itu ada 3:
jantung,
otak,
napas.

nah yang bisa dikendalikan adalah napas.
kemarin sih sambil ketawa ketiwi,
gue sempet mikir. kalo crack! nya pas lagi joging,
ngatur napasnya jadi sambil ngos ngosan dong ya?
hihihi...

pelajaran ini secara sombong emang sering gue lakukan.
diajarin sama mamahku...

dan yahhh namanya kerja di ahensi yah neikkk.
udah ikrib sama deadline dan pressure.
udah gitu, gue kan bagian business ya.
jadi pressure dari klien, udah jelas musti gue handling.
pressure dari tim lain juga jelas jelas musti gue sikapi.


nah kata pak dosen lagi,
dia personally suka zikir pas lagi stres.
IH SI BAPAK, KEYENNN!!! mirip mamah akuh...
lalu kehidupan yang lucu ini langsung membombardir teori yang ada pada contoh nyata.

pas kerjaan gue nih, lagi kalut semrawut kalang kabut.
jadi kita ada sebuah projek printing,
printing partner janjiin delivery by kamis untuk 5 buku.
EH by selasa, dia laporan mesinnya rusak dan dia gak bisa compensate atau kasih solusi.
crack!

sebenernya bukan pertama kali gue ngalamin ginian.

but this is one is actually beyond my reach.
lha mana lah gue tau kalo si mesin pake rusak segala.

sementara klien is acting like a client.
"oke, tapi tolong usahain banget ya mba bisa tetep dianter dua buku hari ini."
which gets to my ears as:
"yaudah i'm sorry to hear that. tapi gue gak mau tau yah bow."

okeh... kebetulan dari selasa kemarin,
gue langsung back up plan, minta tim print-in digital aja dulu.
2 buku aja. toh kamis nya, today, everything will be ready.
but today, it's not here.
crack!

to join in to the bandwagon of the unfortunate events,
2 buku itu ternyata gak cukup, karena klien, minta 5 buku lagi hari jumat,
untuk rapat direksinya dia.
sedangkan printing partner, setelah dipaksa dengan halus,
baru bisa sanggupin kirim semuanya by monday.
crack!

yaudah. tarik napas yang dalam, gue berangkat lagi ke printing,
bawa 2 buku yang udah jadi, dan akan print lagi 5 buku.
disana, mesin indigo nya buat printing digital lagi maintenance,
jadi 5 buku yang baru dipesen ini baru bisa jadi jumat siang.
ehgileluuu... padahal besok rapat direksi itu siang.
dan bukunya masih harus mengalami beberapa proses finishing lagi setelah di print.
CRACK! huge time.

gue duduk.
tarik napas, zikir, tarik napas lagi.
yaudah deh, gue place order aja duludeh.

sambil dibantu sama mba mba yang kayanya baru lulus SMA,
yang kayanya takut bener gue telen, karena muka gue udah kaya kraken,
gue buka buka 2 buku yang udah jadi.
astaga dragonnn... halamannya ada yang salah jilid,
dan salahnya tu pas daftar isi, which everyone would notice.
CCRRAACCKK!!
udah gilakkk... ini mah udah gilakkk...

setengah mau ngobrak ngabrik toko printing,
setengah mau nangis,
gue bilang sama supervisor nya bahwa mereka salah jilid.
terus mereka kasih solusi X-Y-Z,
yang semuanya gak bisa gue terima,
karena either bukunya jadi jelek, tapi bisa selesia hari ini,
atau nungguin mesin indigo nya beres, tapi selesai besok.

again, gue tarik napas, buang,
tarik lagi, buang lagi.
sambil bediri di counter dengan tatapan siap melumat manusia.
eh tiba tiba ada bapak bapak, sepertinya yang punya.
dia nanya, apa masalahnya,
terus gue cerita blablabla... the deadline is today.
dia: oh, jam berapa?
gue: like... right now...
dia: oke. mesinnya sudah bisa dipakai kok. 15 menit lagi jadi ya bu.

this is today's FIRST good news.
i was so mentally abused, cuma bisa senyum,
sambil tatapan mata gue pelan pelan berubah lembut kayak bidadari.
so i got off the store with 2 perfectly binded books,
tinggal selesaikan finishing cutting sticker dan beberapa kerjaan minor lain,
then the 2 books are ready to be delivered to the client.

so moral of the story:
1.
this is yet again, is another pre excitement syndrome for me.
besok mau cuti ke bandung, sama anak anak,
mau makan mie, mau ke taman lalu lintas.
and yes, the syndrom strikes.
stres yang satu, tiba tiba melebar jadi domino efek just like before, and before.

2.
inhaling and exhaling is actually working.
not to mention zikir, it speeds up the calming process.
quicly, find your happy though or things to revive your mind.
hari ini gue terbantu dengan makan siang pake udang bakar :))

3.
setiap sutris, langsung tarik napas, tenang,
terus langsung pikirin solusinya.
i know i'm not that good at being patience.
makanya cobaan hidupnya, langsung bertubi tubi gini ye.

oh well, hebring lah hari ini.
pantesan gue cepet tua.
umur masi 19, muka udah kaya 31 ginih *ngaca*




Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown