soccer wisdom

selamat ya spanyol, juara bertahan piala eropah.
waloupun akik ndak ngerti bebolaan, intinya mau ngiring bingah aja.
translation: ngikut bahagya.


a couple of months ago, pas barca atau spanyol juara apaaa gitu...
si erw tiba tiba ngomongin bolaboli.
idih, so not us... gue agak bingung kenapa tiba tiba ngobrolin ini.
ternyata dia cerita, kalo di spanyol sanah, ada akademi bola yang keren.
lulusannya jadi pemain pemain barca atau pemain spanyol juga.


lha kenapa keren? apalah bedanya sama sekolah bola pelita jaya?
ternyata ya, kata si erw, disana anak didiknya ngga cuma diajarin maen bola.
jadi sekolahnya ya kaya sekolah biasa aja gitu, belajar pake kertas & buku.
tapi mungkin jam olahraga nya jadi banyak ya... ya secara sekolah bola gituloh.


terus kita ngebahas, harusnya sekolah atlet tuh ya kayak gini ini.
muridnya gak cuma dibekelin supaya jago main olahraganya,
tapi otaknya diisi juga sama ilmu ilmu reguler,
jadi pas udah ngga jadi atlet, gak usah jual jual medali demi menyambung hidup.
sedih!
paling ngga kalo ada ilmunya kan dia bisa buka usaha gitu,
atau bikin sekolah karambol... ya intinya supaya bisa meneruskan kejayaan lah.

kata si erw juga, murid disana mentalnya dididik dengan keras.
jadi attitude nya tuh kebentuk, mereka ngga cuma jago main bola,
tapi punya budi pekerti dan moral yang luhur.

sepintas menurut gue,
kayanya udah dipersiapkan menghadapi hingar bingar dunia disaat anak ini kelak jadi bintang.
supaya si bocah ini ngga kaget macem OKB pas pada saatnya nanti dia sukses.
and true! siapa cobak yang nggak ngiler dapet Ballon d'or.
cewe cewe pada nemfel kaya peranko padahal doi gak mungkin pake BB harum sari.
duit jadi gak berseri, jadi perhatian semua mata di dunia,
ahhh... hebring lah pokona.


and if one says godaan hidup adalah harta tahta dan wanita, 
maka pemain bola sukses adalah contoh orang yang kayanya sering kena godaan.
nah terus moral of the story nya apa?
sekolahin arka disana?
aminnn, kalo dia mau sih silakan aja.


but in the mean time, i'm giving it a try, 
copying the educational system from La Masia di pinggir kota barcelona, 
to a remote area called bintaro, pinggir kota jakarta,
mental education is the mother of all education.
percumahhh, kalo pinter tapi gak humble,
kaya tapi gak peka, cakep tapi semena mena.
masih mending kalo iye beneran pinter-kaya-cakep, 
nah kalo NGGAK pinter-kaya-cakep tapi kelakuan kayak jin tomang gitu,
idih, ya allah amit amit jangan sampe... astagfirullah.
eh btw jin tomang itu jahat gaksi? kok sering disebut sebut sebagai antagonis.
oke... abaikan.

nah, jadi balik ke spanyol itu tadi ya,
kenapa dia juara muluk... menurut gue juga,
dalam hal ini sistem regenerasi nya jalan disana.
tetua tetuanya yang pada jago bola juga obviously, nyadar.
mereka gak mungkin selamanya berjaya.
everything alive has expiry date loh.
first and foremost adalah hidup. sooner or later kita pasti metot yah cyin...
makanya mereka prepare banget banget, pol polan mendidik manusia cikal bakal.
supaya nantinya mereka pun bisa sesukses si tetua ini.
nggak pada mikirin dirinya sendiri, 
tapi mikirin gimana kelangsungan sukses itu kalau mereka udah ngga ada.

jadi sepertinya kalo mau ninggalin yang baik baik untuk dunia yang baik ini,
gotta get our feet on the starting line, as soon as possible.
personaly, gue sih kepingin regenerasi dalam hidup gue jalannya lancar,
pas gue musti slow down, ya gue akan slow down,
biarin yang muda muda maju.
when i should let my kids go, i'll be like marlin letting nemo go at the end of the movie.
berlaku lah jargon standar: anak musti bisa lebih daripada orangtuanya dong.
yah namanya juga doa orangtua yah...
mudah mudahan gue pun bisa ninggalin yang baik baik buat dunia yang baik ini.


Comments

Popular posts from this blog

Ibu dan anak

pregnancy's best buys

Down time and the meltdown