ngacuuung!

siapa yang asistennya nggak baliiik?
ngacuuung! hahahaha...
please be aware that this is a tertawa dalam derita kinda laugh.

yak, alhamdulilah badan belum rontok,
tapi hati udah sering melenyos karena sering snap out sama anaknya.
bentuknya bentak, atau colek kuping sambil ngomel,
abis itu nyesel... karna anaknya mendadak manis selama setengah jam,
sebelum berulah yang lain lagi.
kadang kadang gue lagi cuci piring, pada nggandol di kaki,
gue lagi makan, minta pangku, terus peluk,
atau abis digantiin baju, terus pegang muka gue & diciumin.

hhh... hati mana yang nggak nyesel abis ngomel ngomelin manusia kecil ini,
dan hati ibu mana sih yang gak lemes digituin?

susternya kinan sih balik, kabarnya. aminnn.
janji mau bawa sodaranya untuk jagain arka juga.
udah deal or no deal kemarin, soal gaji, transport dan lain lain.
tapi baru pada datengnya sabtu siang besok.
hhhrrrkkk... rada keki juga kenapa dia libur hampir 3 minggu gini?
tapi kata erw, masih harus disyukuri dia mau balik lagi.
oh, my javanese husband, there's always something to be blessed about.
yaaa... always easier to talk than to actually do, ya hunn.
sementara gue udah radaan gempor tiap pagi ngadepin segabruk kerjaan kantor,
DAN anak dan rumah sekaligus.

jadi, jam berapapun gue tidur,
bangun pasti jam 5 kurang, erw has been so thoughtful,
gue gak harus anterin dia, jadi cuma pesenin taksi aja.
begitu anak anak bangun, langsung masak sarapan,
kipasin dulu, make sure it doesn't burn their tongue,
abis itu biarin mereka makan sendiri sampe pada mencelat dari kursinya masing masing,
baru gue suapin sisa makanan mereka.

abis itu, rebus air untuk mereka mandi,
mandiin dengan penuh huru hara,
kalo ngga arka ngga mau selesai mandi, kinan mogok sikat gigi,
atau both of them rebutan gayung. pfffttt...
pakein mereka baju,
kalo ngga arka insist pilih pilih baju sendiri semaunya,
which means ngacak ngacak lemari,
oh anak ini titisan ibu mimut-he's so much like me.
kinan ngabur ke luar kamar telenji, dan rebutan minyak telon sama gue.

abis itu, gue rapiin semua bekas mandi,
termasuk meja makan bekas nasi jatoh, air tumpah,
or any other messy-ness you could ever imagine,
turunin keranjang cucian dan masukin ke mesin,
for our housekeeper to do the ironing later.
i go upstairs with the two, take a quick shower.
diakhiri dengan adegan anak anak berantakin laci ransum sabun,
atau keadaan jadi sepi, dimana dua printil ini pada nongkrong didalam lemari gue,
duduk diatas tumpukan baju & kerudung yang udah pada berantakan abis.

oke. udah siap pergi?
belom cyinnn hahahaha... tertawa dalam derita.
siap siapin botol susu, kotak susu,
makan siang, piring plastik sendok garpu,
air minum di termos, sama botol minum.

masuk masukin anak anak ke mobil,
strap them on the car seats,
masukin barang barang dan laptop,
starter dan manasin mobil,
and off we go to the office.

di kantor?
ya gue kerja biasa ya...
untung ada mamah, jadi lumayan bisa titip.
the other day, there was no one, so i had to take them to the bank.
yang berlanjut dengan acara makan siang dan kekeretaan dulu.
sambil kerja gue nengokin mereka tiap ada break,
sore kasih makan anak anak, mandiin,
nunggu erw dateng dari kantor,
baru kita pulang sama sama.

dirumah, gantiin anak anak piama,
terus ngikutin rusuhnya mereka di kamar,
sampe pada capek dan tidur sendiri.
besoknya?
sama gitu lagi, terus sampe sabtu besok.

capek?
udah pasti...
kesel?
ngga usah ditanya.
ahirnya gimana?
ya diem aja... dinikmatin.
toh pas liatin mereka tidur, aneh banget capeknya rada ilangan.

there were also random thoughts, that i set the bar too high.
by nature, gue si virgo sejati ngarepin semua kerjaan cepet rapi, bersih, selesai.
apa apa maunya sempurna, so i can leave the house in relieve.
i spent 3 days doing that and it's so stressful.
pingin anak anak gini gitu gini gitu, but it doesnt happen,
malah mereka nya makin tengil jail dan makin bertingkah aneh aneh.

one time, in a very depressing tone,
i said to arka: mas jangan blablablabla, plis dong mas.
the young man replied: nggak plis dong mamah...
ishhh... ngocol abisss... ini anak siyapaaa???!!!

tadi malem, setelah capek banget di kantor,
dan kerjaan belum selesai jugak sampe sekarang.
gue menghibur diri belanja makanan di hero emerald,
terus gue putusin untuk rubah cara pandang gue.

my kids are not behaving badly, actually.
mereka ngga saling menyakiti, banting barang, atau pukul,
atau berkata kasar, atau meraung raung tanpa sebab.
nothing.
kalo gak diturutin maunya, nangis nangis palsu ala drama...
tapi kalo didiemin, lama lama diem sendiri terus perhatiannya teralih.
mereka cuma seneng gratak aja, terus acting out,
they're doing the things i specifically forbid them to do.
and that snaps me out most of the time.

hari ini gue coba cara lain,
untuk ngga terlalu mikirin dan untuk lebih banyak nyuruh mereka pake becanda.

jadi tadi pagi,
kinan bangun duluan, gue ajak kebawah sambil mulai masak.
nggak lama arka turun sendiri, cengar cengir.
good boy, biasanya bangun tidur lebayyy kalo gak ada siapa siapa di kamar.
masakin sarapan salmon & corn omelette with cream,
pake kentang-wortel-buncis-jagung, sauted with  salt pepper and butter.
while i sat on with them, having my peanut butter sandwich and honey lemon tea.
kinan abis 1 telur sendiri, arka loves the salmon.
kentang & sayurnya pada ngga abis tuntas, but i let them.
i dismissed them from the table.
pas gue makan sisa makanan mereka, ternyata emang ngenyangin banget.
abis pada makan gue rapiin bekas bekas di lantai,
the floor wasn't too bad this morning.
artinya lebih banyak makanan yang jatuh ke lambung dibanding ke lantai.
i bathe them, dengan becanda becanda,
let arka bathe himself, dengan guyur guyur air sendiri.
get them brush their teeth, let kinan hold her own brush,
bawa mereka keatas, biarin main berdua, baru gue mandi.
pas mau berangkat arka agak ngantuk pingin susu, tapi gue diemin aja.
pas pintu mobil dibuka, dia diem, naik mobil, minta setelin lagu benyamin.

aha!
sepertinya intinya adalah: dibawa santai.
fyi so hard for a neat freak like me!
jadi kalo anaknya doing the opposite of what we asked, stay calm.
persuade sekali-dua kali lagi, kalo masih gak mau juga dan malah dianya marah,
kita diem aja dulu. kasih dia jeda... alihkan dulu perhatian dia.
abis itu bisa persuade lagi aku ibu keukeuh... biariiin!

mudah mudahan hari ini lancar jaya, sisa besok.
and saturday, erw is in the house so i got extra hands.
bismilahhh.

this is a worth posted photo, of them being all nice and sweet,
makan kue coklat berdua sementara mimut nyuci piring.
can you stay like this more often, kids? plis dehhh...



bisous!

Comments

Popular posts from this blog

Random happiness #44

Eurotrip 2016 AMS

Eurotrip 2016 ZRH WIEN FRA